10 Jenis Makanan yang Bagus Dikonsumsi Saat Stres Berat



10 Jenis Makanan yang Bagus Dikonsumsi Saat Stres Berat – Setiap orang pasti mengalami stress, baik itu karena beban pekerjaan yang berat, beban hidup atau tekanan dari beberapa pihak. Sebenarnya ada banyak cara untuk mengatasi depresi dari obat, aktifitas tertentu sampai makanan.


Berikut 5 Jenis Makanan yang Bagus Dikonsumsi Saat Stres Berat

1.      Minyak Ikan
Berdasarkan penelitian tahun 2002 yang ditampilkan dalam Archives of General Psychiatry menunjukkan bahwa orang yang depresi seringkali kekurangan asam lemak yang dikenal sebagai EPA.

Minyak ikan kaya akan asam lemak omega-3 yang dapat meningkatkan EPA dalam tubuh. Omega-3 juga terakndung dalam biji kenari, biji rami dan ikan salmon atau tuna.

2.      Beras Merah
Beras merah mengandung vitamin B1, vitamin B3 dan asam folat. Beras merah merupakan jenis makanan yang dapat melepaskan glukosa ke dalam aliran darah secara bertahap, sehingga dapat mengendalikan perubahan mood.

Beras merah mengandung banyak mineral yang dibutuhkan oleh tubuh, juga berserat tinggi yang dapat memperlancar sistim pencernaan dan menurunkan kolesterol.

3.      Ragi
Ragi mengandung vitamin B1, B2, B3, 16 asam amino dan 14 mineral. Asam amino penting bagi sistem saraf, yang membuat ragi dapat mengatasi depresi. Ragi dapat dicampurkan ke dalam jus yang dikonsumsi sehari-hari.

4.      Oatmeal
Oatmeal mengandung asam folat, asam pantotenat dan vitamin B6 dan B1 yang dapat membantu menurunkan kolesterol, melancarkan saluran pencernaan dan mengendalikan mood.

5.      Kubis
Kubis banyak mengandung vitamin C dan asam folat. Mengonsumsi kubis dapat mencegah stres, infeksi dan penyakit jantung, serta banyak jenis kanker, menurut American Association for Cancer Research.

6.      Jeruk
Sebuah penelitian di Jerman dalam bidang Psychopharmacology menemukan, bahwa vitamin C membantu mengurangi stres serta mengembalikan tekanan darah dan kortisol ke tingkat normal. Vitamin C juga terkenal dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

7.      Ubi
Ubi jalar mampu mengurangi stres karena dapat memenuhi kandungan karbohidrat dan gula yang dibutuhkan tubuh ketika Anda sedang stres. Ubi kaya akan betakaroten dan vitamin lainnya, serta serat yang membantu tubuh Anda memproses karbohidrat dengan lambat.

8.      Aprikot kering
Aprikot kaya akan magnesium yang mampu menghilangkan stres dan merelaksasi otot secara alami.

9.      Almond, pistachio & kenari
Almond mengandung vitamin B dan E yang membantu meningkatkan sistem kekebalan Anda, sedangkan walnut dan pistachio membantu menurunkan tekanan darah.

10.  Kalkun
Kalkun mengandung asam amino yang disebut L-tryptophan. Asam amino ini memicu pelepasan serotonin, zat kimia pada otak yang membuat tubuh merasa baik. L-Tryptophan memiliki efek menenangkan.