Cara Menghadapi Serangan Tomcat dan Pengobatannya



Cara Menghadapi Serangan Tomcat dan Pengobatannya – Serangga kecil yang bernama Tomcat sedang menjadi pembicaraan saat ini, pasalnya jumlah pasien yang menderita akibat kontak dengan serangga cukup banyak, terutama di kota Surabaya. Di perkirakan wabah serangga Tomcat akan terus meluas akibat angin kencang yang melanda sejumlah daerah di Indonesia, termasuk pulau Jawa.


Berikut Cara Menghadapi Serangan Tomcat berdasarkan keterangan dari Dirjen P2PL Prof dr Tjandra Yoga Aditama

1.    Jika ada menemukan serangga ini, jangan dipencet, agar racun tidak mengenai kulit. Masukkan ke dalam plastik dengan hati-hati, terus buang ke tempat yang aman.
2.      Hindari terkena kumbang ini pada kulit terbuka.
3.      Usahakan pintu tertutup dan bila ada jendela diberi kasa nyamuk untuk mencegah kumbang ini masuk.
4.      Tidur menggunakan kelambu jika memang di daerah anda sedang banyak masalah ini.
5.   Bila serangga banyak sekali, maka dapat juga lampu diberi jaring pelindung untuk mencegah kumbang jatuh ke manusia.
6.      Jangan menggosok kulit dan atau mata bila kumbang ini terkena kulit kita.
7.      Bila kumbang ini berada di kulit kita, singkirkan dengan hati-hati, dengan meniup ataumengunakan kertas untuk mengambil kumbang dengan hati-hati.
8.      Segera beri air mengalir dan sabun pada kulit yang bersentuhan dengan serangga ini.
9.   Bersihkan lingkungan rumah, terutama tanaman yang tidak terawat yang ada di sekitar rumah yang bisa menjadi tempat kumbang Paederus.
10.  Lakukan inspeksi ke dinding dan langit-langit dekat lampu sebelum tidur. Bila menemui, segera dimatikan dengan menyemprotkan racun serangga atau ramuan organik berikut ini:

Komposisi bahan yang perlu disediakan adalah campuran 1 kilogram daun mimba, 1 kilogram lengkuas, dan 1 kilogram serai. Bahan-bahan itu kemudian digiling dan dimasukkan ke dalam 5 liter air, setelah itu dibiarkan selama dua hari. Cairan itu bisa digunakan untuk menyemprot tomcat

Obat Untuk Kulit yang Terserang Tomcat

Orang yang terkena cairan dari tubuh Tomcat biasanya akan mengalami gatal gatal dan jika tidak di tangani dengan baik, lukanya akan seperti penyakit herpes. Pakar serangga dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), hari Sutrisno, mengatakan, "Jika kena serangga ini, maka kita harus cuci dengan air sabun agar menetralisir racun."

Pengobatan tambahan bisa dilakukan. Pilihannya adalah dengan memakai salep Hydrocortisone 1 persen, salep Betametasone dan antibiotik Neomycin Sulfat 3 kali sehari, atau dengan salep Acyclovir 5 persen.

Untuk herbal, bisa menggunakan Miyak Herba Jawi.

Serangga Tomcat atau Paederus sebenarnya adalah kumbang yang menguntungkan bagi pertanian. Jenis kumbang ini adalah predator alami bagi hama seperti wereng.