Esemka Tidak Lulus, Nih Dia Hasil Lengkapnya

Esemka Tidak Lulus, Nih Dia Hasil Lengkapnya – Hasil yang di dapat mobil Esemka ketika melakukan uji emisi ternyata tidak sebanding dengan euforianya. Berdasarkan Surat Keputusan AJ.402/17/6/DJPD/2012 dari Dirjen Perhubungan Darat, Esemka dinyatakan belum lulus uji emisi dan diharapkan akan kembali untuk melakukan pengujian ulang.

Kegagalan ini merupakan yang kedua kalinya untuk mobil Esemka. Esemka pertama kali melakukan uji emisi di 2010 lalu. Tanggal 3 Agustus 2010 lalu, Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Kementerian Perhubungan Darat Sudirman Lambali meminta Esemka untuk melakukan uji emisi kembali.

Kemudian tanggal 27 Februari 2012, mobil Esemka kembali harus menerima pil pahit, setelah hasil emisi gas buangnya tidak sesuai standart.

"Dirjen Perhubungan Darat sudah menerima hasil uji emisi. Dan hasilnya belum memenuhi standar Kementerian Lingkungan Hidup, ternyata masih belum memenuhi abang batas emisi gas buang," kata Kapuskom Publik Kementerian Perhubungan Bambang S Ervan.



Sementara pihak SMKN 2 Solo selaku pengembang Esemka Rajawali mengaku siap melakukan perbaikan hingga sesuai standar emisi yang diinginkan pemerintah.

"Saya tidak masalah, dari sisi SMK tidak ada masalah. Tapi tidak tahu di Pak Walikota dan Wakilnya. Upaya untuk menggolkan Esemka itu maju terus. Kita akan lakukan untuk perbaikan. Jika secara teknis harus ada yang diperbaiki, ya kita lakukan sesuai ketentuan," kata Kordinator Pembelajaran Industri Kreatif di SMKN 2 Surakarta, Dwi Budhi Martono.

Berikut Hasil Uji Emisi Mobil Esemka

Standart                       Esemka
CO                  5 g/km                          11,63 g/km (Melebihi limit)
HC+NOX        0,7 g/km                       2,69 g/km  (Melebihi limit)
Candle Lifgt      12.000 CD                   10.900 CD - Kanan (Kurang)
                                                            6.700 CD - Kiri