Hal yang Menarik dan Mengecewakan pada iPad Baru


Hal yang Menarik dan Mengecewakan pada iPadBaru – Apple telah memperkenalkan produk terbarunya, yaitu The New Ipad. Iya, berbeda dengan produk iPad sebelumnya, iPad baru ini tanpa sebuah nama, hanya New iPad atau iPad Baru.

Hal ini tentu saja membuat orang orang khususnya para pecinta gadget bingung sekaligus kecewa. "Ayolah Apple, berikanlah nama," tulis seseorang. "Apakah ini adalah iPad anonim?" tulis yang lain.

"Jadi inilah 'New iPad'. Apakah generasi iPad selanjutnya akan diberi nama sebagai 'New New iPad?," tanya penulis teknologi New York Times, Nick Bilton. Ia menilai keputusan Apple ini membingungkan.

Apa alasan Apple ?

Apple sejauh ini belum menjelaskannya secara gamblang. Menurut Phil Schiller, Senior Vice President of Worldwide Marketing Apple, nama itu dipilih karena "Apple tidak ingin menjadi mudah diprediksi,".

Ada juga yang berpendapat kalau management yang di pimpin Tim Cook, CEO Apple baru pengganti Steve Jobs, terinspirasi oleh kalimat Shakespeare “Apalah arti sebuah nama”.


Berikut 8 Hal yang Menyecewakan di iPad Baru

1.      Tanpa nama
Ramai sebelumnya disebut sebagai iPad 3, ketika muncul tablet generasi terbaru Apple ini malah tidak memiliki nama. Ya, apalah arti sebuah nama jika mengikuti kalimat legendaris Shakespeare. Hanya saja Apple kali ini membuat publik bingung bagaimana menyebut produknya tersebut.

Kemungkinan Apple mulai menghilangkan kebiasaan menamai gadgetnya dengan angka, seperti yang dilakukannya pada iPod Touch. Untuk saat ini, perusahaan yang sekarang dipimpin Tim Cook tersebut hanya menyebutnya sebagai 'New iPad'.

2.      Desain baru
Dari segi desain, tidak ada perubahan signifikan yang dihadirkan Apple pada iPad terbarunya. Tampilan iPad baru masih mirip dengan iPad 2. Bagi sebagian orang, mungkin tidak masalah. Namun bagi yang menginginkan keseluruhan iPad dengan tampilan baru, agaknya mereka masih harus menunggu.

3.      Lebih ringan
Salah satu hal yang juga menjadi sorotan, iPad terbaru ternyata lebih berat dibandingkan generasi sebelumnya. iPad baru memang menghadirkan display Retina dan kamera yang lebih baik serta prosesor yang lebih cepat. Namun hal yang dikorbankan adalah, iPad baru tampil lebih tebal dan berat. Ia memiliki ketebalan 9,4 mm dengan bobot sekitar 653 gram untuk versi WiFi. Untuk versi WiFi+4G sedikit lebih berat, yaitu 662 gram.

4.      Prosesor A6
Sebelum peluncurannya, spekulasi ramai bermunculan mengenai jenis chip yang akan dipakai di iPad terbaru. Setelah iPhone 4S menggunakan versi modifikasi prosesor A5 yang ada di iPad 2, banyak yang menduga iPad baru akan menggunakan prosesor A6.

Ternyata, bukan prosesor A6, melainkan A5X prosesor dual core system-on-chip daya rendah dengan quad-core graphic. Sebenarnya tidak ada kekecewaan di sini, boleh dibilang hanya kekecewaan 'salah terka' publik soal nama. Apple mengklaim A5X menawarkan performa empat kali lebih cepat dan tangguh dibandingkan chip Tegra 3 milik Nvidia.

5.      Versi 128GB
Mereka yang menginginkan iPad dengan kapasitas lebih besar masih harus bersabar menunggu. Nyatanya, tidak ada iPad terbaru dengan kapasitas 128GB seperti yang dirumorkan sebelumnya. Sampai saat ini, kapasitas tertinggi yang disediakan Apple masih 64GB.

6.      iPad mini
Tablet dengan ukuran layar lebih kecil yang ramai disebut-sebut sebagai iPad mini, tidak hadir dalam perhelatan Apple pekan ini. Namun tetap saja, rumor ini masih terus merebak. iPad mini diperkirakan akan hadir di perhelatan Apple berikutnya. Ya, silakan tunggu saja.

7.      Siri
Banyak yang mengharapkan Apple menambahkan Siri di iPad terbaru. Namun ke manakah asisten virtual yang ditunggu-tunggu itu? Menariknya, Apple mengatakan iPad terbaru memungkinkan pengguna mendikte untuk membuat email, namun bukan Siri yang melakukannya.

8.      iOS 6
Ars Technica pernah melaporkan melihat penampakan iPad yang menggunakan iOS 6. Tak ayal, muncul spekulasi Apple akan merilis atau setidaknya memperkenalkan iOS 6 di perhelatan ini. Namun sepertinya, belum saatnya iOS 6 tampil. Banyak yang menduga, upgrade sistem operasi terbaru Apple ini baru akan hadir di World Wide Developers conference Juni mendatang.

Berikut 10 Hal Menarik iPad Baru

1.      iPad terbaru dipasarkan mulai 16 Maret
iPad terbaru rencananya dipasarkan mulai 16 Maret 2012 di sejumlah negara yaitu Amerika Serikat, Kanada, Inggris, Prancis, Jerman, Swiss dan Jepang.

2.      Harga iPad terbaru mulai USD 499
iPad terbaru memiliki tiga pilihan berdasarkan besar memori internal yaitu 16, 32 dan 64GB. Harganya di Amerika Serikat adalah USD499 (16GB), USD 599 (32GB) dan USD699(64GB). Sedangkan untuk versi Wi Fi+4G berturut turut adalah USD629, USD729, serta USD829.

3.      Prosesor iPad anyar adalah Apple A5X
Prosesor tablet PC ini adalah Apple A5X yang berbasis chip ARM. Prosesor ini masih dual core akan tetapi memiliki grafis quad core. Apple mengklaim kekuatan grafis di iPad terbaru lebih bagus daripada tablet berbasis Nvidia Tegra 3.

4.      iPad baru memakai layar Retina Display
Sesuai prediksi sebelumnya, layar Retina Display akhirnya dipakai di iPad setelah sebelumnya hanya ada di smartphone iPhone 4 dan 4S. Dengan resolusi 2048 x 1536 pixel, tampilan diklaim sangat jernih.

5.      Kamera iPad baru beresolusi 5 megapixel
Kamera 5MP di iPad ini disebut sebagai iSight. Pengguna dapat merekam video full HD1080p. Berbagai fasilitas kamera pun tersedia seperti auto face detection, auto focus lock dan image stabilisation untuk video.

6.      Dapat didikte untuk menulis catatan
Fasilitas dikte kini ada di iOS 5.1 yang dipakai di iPad generasi terbaru. Pengguna bisa menulis cukup dengan mendikte dengan sebelumnya menekan mikrofon di keyboard. Dan iPad akan mengkonversi kata menjadi huruf. Fasilitas ini bisa dipakai menulis pesan, pencarian online dan sebagainya.

7.      Berbagai aplikasi baru
Aplikasi baru diumumkan untuk iPad anyar ini, seperti misalnya iPhoto. Tool ini kelihatan cukup bagus untuk mengedit foto. Sedangkan iMovie kini dapat memakai video 1080p. Ada juga versi baru Garage Band.

8.      Konektivitas 4G LTE
Konektivitas 4G LTE (Long Term Evolution) yang kecepatannya bisa mencapai 73Mbps hanya tersedia untuk Amerika Utara saja. Terdapat juga konektivitas 21Mbps HSPA+, DC-HSDPA 42Mbps. User juga bisa memakai iPad baru sebagai Personal Hotspot.

9.      Baterai bertahan 10 jam
Sama seperti iPad sebelumnya, baterai di iPad baru diklaim dapat bertahan 10 jam atau 9 jam jika tersambung dalam konektivitas LTE.

10.  Ketebalan iPad baru 9,4 mm
iPad baru punya ketebalan 9,4mm dan berat 652 gram. Untuk versi WiFi+4G sedikit lebih berat, yaitu 662 gram.