Menjelang Final Hassanal Bolkiah Trophy 2012 Indonesia vs Vietnam

Menjelang Final Hassanal Bolkiah Trophy2012 Indonesia vs Vietnam – Hari ini timnas Indonesia akan menjalani laga final di turnamen Hassanal Bolkiah Trophy 2012 melawan Brunei Darussalam. Harapan masyarakat Indonesia untuk bisa merasakan kesuksesan di dunia sepak bola kembali muncul di turnamen ini.

Tidak hanya pemain, kedua supporter sepertinya juga akan mengalami “perlawanan” sengit. Sudah tidak di ragukan lagi antusias masyarakat Indonesia yang ada di Brunei untuk mendukung tim kesayangannya. Walaupun bermain di negeri orang, namun kondisi stadion tempat Turnamen Sultan Hassanal Bolkiah sudah seperti Gelora Bung Karno. Masyarakat Brunei tentu tidak mau kalah dengan supporter Indoensia, terlebih mereka adalah tuan rumah.

Brunei Bukan Lawan Mudah

Di turnamen ini, Brunei memang layak diwaspadai. Pasukan yang dipimpin Pelatih Feisal Eusoff ini tampil mengejutkan. Mereka lolos ke final setelah mengalahkan calon kuat juara lainnya, Myanmar, tim yang mengalahkan Indonesia di penyisihan grup dengan skor telak 1-3.

"Kita siap tampil melawan Brunei dan kami optimistis bisa juara. Namun, saya ingatkan anak-anak untuk tidak overconfident (kelewat percaya diri). Harus tetap fokus dan jalankan instruksi pelatih. Jangan gampang terpancing karena ini akan merusak permainan," ujar pelatih timnas U-21, Widodo Cahyono Putro.

Mental Timnas U-21 Perlu Dibenahi

Mental pemain menjadi salah satu kendala bagi Indonesia dalam turnamen ini. Beberapa kali, Andik Vermansyah dan kawan-kawan masih sering kurang konsentrasi ketika melakukan transisi menyerang ke bertahan di sejumlah laga babak penyisihan. Tentunya, jika tidak diminimalisasi, maka hal itu akan menjadi malapetaka bagi Indonesia. Terlebih lagi, Brunei terkenal memiliki serangan balik yang cukup berbahaya.

"Saya lihat serangan balik mereka begitu cepat. Ini yang harus diantisipasi. Kami harus mewaspadai serangan balik itu. Saya harap, kami bisa bermain seperti ketika mengalahkan Vietnam di semifinal kemarin. Semua lini bermain dengan baik," kata Andik.

Namun, terlepas dari semua fakta itu, yang terpenting saat ini adalah memulai untuk menumbuhkan mental juara kepada 23 pejuang harapan bangsa Indonesia dalam turnamen ini. Pasalnya, apa pun hasilnya, tidak logis rasanya menyalahkan para pemain dan pelatih atas keterpurukan sepak bola Indonesia.


Siaran Langsung Final Hassanal Bolkiah Trophy 2012 Indonesia vs Vietnam

Pertandingan Final Hassanal Bolkiah Trophy 2012 Indonesia vs Vietnam akan di siarkan langsung oleh RCTI pukul 19.00 (ada kemungkinan di undur sampai 20.30 WIB). Jangan lewatkan.