Nih Dia Lokasi Demo dan pengalihan Arus Lalinnya



Nih Dia Lokasi Demo dan pengalihan Arus Lalinnya – Demo besar besaran untuk menolak kenaikan harga BBM yang terdiri dari beberapa elemen seperti mahasiswa, buruh, dan LSM rencananya akan digelar hari ini. Tercatat ada 5 titik di Jakarta yang digunakan sebagai pusat demo.

Berikut lokasi demo dan jumlah pendemonya yang dihimpun keplisian:
·       1.500 orang di depan Istana Negara
·       100 orang di depan gedung DPR/MPR
·       300 orang di Bundaran Hotel Indonesia.
·       Sekitar 50 orang di depan kantor Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN)
·       500 orang di depan kantor Astra Kelapa Gading.

Tidak hanya di 5 titik itu saja, rencananya aksi unjuk rasa juga di pusatka di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara. ribuan buruh dari Sekber Buruh akan memblokade Pelabuhan Tanjung Priok sejak pagi hari.

"Ini bentuk perlawanan kami, dan kami akan melakukan aksi blokade Pelabuhan Tanjung Priok," ucap Sultoni dari Sekber Buruh.

Sementara itu dalam menghadapi demo besar hari ini, pihaknya akan mengerahkan 22.458 personel, dan 8.254 personelnya adalah TNI. Selain itu polda juga menurunkan satu pleton Polwan Cantik yang ditempatkan di Monas.


Pengalihan Arus Lalu lintas

Pengalihan arus ini dilakukan di beberapa ruas jalan yang menjadi pusat konsentrasi massa seperti di sekitar Harmoni menuju Istana dan Bundaran Hotel Indonesia (HI) serta gedung DPR/MPR RI.

Pengalihan arus di sekitar Istana Merdeka akan diberlakukan di Jalan Hayam Wuruk, Harmoni, Jakarta Pusat. Kendaraan yang akan menuju ke sekitar istana, dialihkan ke Jalan Suryo Pranoto-Cideng-Tanah Abang. Alternatif lainnya yakni dari Jalan IR H Juanda dialihkan ke Jalan Veteran I-Kathedral.

Sementara kendaraan dari arah Jalan Thamrin yang menuju ke istana, akan dialihkan ke Jalan KH Wahid Hasyim/Jalan Kebon Sirih-Jalan Cideng Barat-Jalan Suryo Pranoto atau dari arah Jalan Kebon Sirih/Merdeka Selatan-Jalan M Ridwan Rais.

Kawasan gedung DPR/MPR RI diperkirakan akan terjadi kemacetan luar biasa. Pengalihan arus terjadi di sejumlah titik mulai dari arah Semanggi menuju Jalan Gerbang Pemuda-Jalan Gelora-Jalan Palmerah Utara. Kendaraan dari Jalan Asia Afrika/Jalan Pintu I Senayan-Jalan Asia Afrika-Jalan Gelora Pemuda-Jalan Palmerah Utara. Arah Jalan S Parman menuju ke Jalan Pejompongan-Jalan Penjernihan atau Jalan Gelora I.

Kawasan Bundaran Hotel Indonesia akan dialihkan mulai dari arah Jalan Jenderal Sudirman menuju ke Jalan Teluk Betung-Jalan Kebon Kacang atau Dukuh Atas-Jalan Kendal.

Kemudian, arah Jalan Jenderal Sudirman, kendaraan dialihkan ke Jalan Dukuh Atas-Tanah Abang-Tanah Abang-Jalan Gulung Galunggung.