10 Tips Wisata Murah Bersama Anak


10 Tips Wisata Murah Bersama Anak – Membawa anak anak traveling merupakan salah satu cara untuk menumbuhkan kebersamaan antara orangtua dan anak. Cara ini juga bisa menjadi alternativ untuk memberikan pendidikan kepada anak.

Sebenarnya berwisata dengan anak tidak harus selalu mahal dan memerlukan uang banyak, wisata kuliner makanan tradisional dan jalan jalan di sekitar taman di pusat pusat ibukota juga sudah memberikan hal yang baru kepada anak.


Berikut 10 Tips Wisata Murah Bersama Anak

1.      Ajak anak Anda ke taman di sekitar kota Anda
Tunjukkan nama bermacam-macam pohon dan bunga. Bermacam-macam bentuk daun, bunga, buah, akar akan memberi pengetahuan biologi kepada anak Anda. Pelesir di taman memang gratis, tetapi tetap siapkan uang seperlunya untuk jajan-jajan kecil. Mau lebih hemat? Bawa saja bekal dari rumah dan piknik di taman.

2.      Wisata kuliner makanan  tradisonal
Ajak anak Anda ke pasar tradisonal untuk mencicipi rasa jajan pasar, minuman dawet, nasi uduk, lontong sayur atau apa saja makanan tradisonal di daerah Anda. Si anak pun bisa merasakan sesansi memperluas rasa di langit-langit mulut si anak. Hanya dengan uang Rp 20.000 saja, Anda sudah dapat membeli berbagai jajanan murah di pasar tradisional.

3.      Wisata ke museum
Di Jakarta misalnya, terdapat bermacam-macam museum. Mulai dari Museum Gajah, Museum Tekstil, Museum Wayang dan lain-lain. Tetapi sayangnya tak banyak anak-anak yang berwisata ke museum. Pilih museum yang menyediakan interaktivitas seperti Museum Polri atau Museum Bank Indonesia. Tiket masuk museum-museum di Indonesia sangat murah, mulai dari Rp 1.500.

4.      Bermain di kebun binatang
Ajak anak Anda memberi makan binatang dan menunggangi binatang seperti kuda, onta, dan gajah. Jadi tidak hanya sekedar melihat-lihat saja berbagai macam binatang. Di Jakarta, kebun binatang Ragunan masih menjadi favorit, karena tiket masuknya pun sangat murah, yaitu sekitar Rp 4.000.

5.      Berkemah bersama si kecil.
Ajak camping atau pasang tenda di tepi danau atau di kaki gunung. Anak Anda pun dapat merasakan sensasi kenangan Anda melakukan kegiatan Pramuka saat masih seumur si kecil. Cari danau atau gunung terdekat dari rumah Anda. Jika Anda tak punya tenda, sewa saja. Harganya sekitar mulai dari Rp 50.000 per malam, bahkan bisa lebih murah tergantung ukuran tenda.

6.      Ikut bersawah seperti Pak Tani
Anda bisa mengajak anak Anda bermain lumpur di sawah belajar cara menanam padi. Di Jakarta dan sekitarnya, salah satu taman wisata yang menyediakan aktivitas ini adalah Taman Wisata Mekarsari (TWM). Harga paket menanam padi di TWM mulai dari Rp 50.000 tergantung jumlah rombongan. Cari tahu pula desa wisata di sekitar rumah Anda. Beberapa desa wisata juga menawarkan paket menanam padi.

7.      Melihat acara atau ritual budaya dari suku lain
Ajak anak Anda pada acara-acara kegiatan tradisional seperti acara Sekatenan di Solo, Festival Carnaval Jember, Upacara Petik Laut di Banyuwangi, sampai Upacara Ngaben di Bali. Kenali si kecil pada kekayaan budaya tak hanya dari suku sendiri, namun juga suku-suku lain yang ada di Indonesia. Di Jakarta, cukup ajak anak Anda pelesir di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), tiket masuknya hanya Rp 9.000. Berbagai acara budaya biasa diadakan di anjungan-anjungan daerah yang terdapat di dalam TMII.

8.      Melihat peninggalan nenek moyang
Peninggalan tersebut bisa berupa bermacam-macam candi seperti Candi Borobudur, Candi Prambanan, Candi Mendut, dan candi-candi lain. Bisa juga bangunan-bangunan tua dengan arsitektur budaya yang kental seperti rumah tradisional Toraja. Anak Anda pun dapat mengagumi peninggalan zaman dahulu serta kekayaan budaya Indonesia yang diturunkan dari generasi ke generasi.

9.      Bermain di pantai
Cari pantai terdekat dari rumah Anda. Lalu ajak si kecil bermain istana pasir. Kegiatan menyenangkan ini dapat merangsang kreativitas si kecil. Selain itu, Anda bisa mengajaknya untuk berani berenang di lautan lepas sampai mengenal bermacam-macam kerang




Anda baru saja membaca postingan yang berkategori Lifestyle / Tips
Judul : 10 Tips Wisata Murah Bersama Anak
Bookmark : http://www.berita-ane.com/2012/04/10-tips-wisata-murah-bersama-anak.html.