12 Tips Menjadi Orangtua Teladan



12 Tips Menjadi Orangtua Teladan – Untuk membentuk si buah hati menjadi sosok yang terbaik tidaklah mudah, butuh referensi atau teladan yang baik pula, khususnya dari anda selaku orang tua. Bagaimana caranya ?


Berikut Tips Menjadi Orangtua Teladan

1.      Katakan hal-hal positif tentang anak Anda
Jangan segan-segan memuji anak Anda jika melakukan sesuatu. Contohnya, anak Anda sedang menggambar, puji betapa bagus gambar yang dibuatnya. Jangan lupa dukung terus minat dan bakat anak Anda.

2.      Bersikap adil
Wajar, bila orangtua berbeda pendapat atau beragumen. Namun, tetaplah tenang dan bersikap adil ketika beragumen dan menyatakan pendapat. Anak-anak belajar tentang cinta, mengendalikan kemarahan, dan penyelesaian konflik dari orangtua.

3.      Memaafkan
Ketika marah, segeralah baikan dan meminta maaf. Juga ketika Anda berbuat salah, akuilah kesalahan dan meminta maaf. Anak belajar baikan dan memaafkan dari orangtua.

4.      Ramah dan tolong-menolong
Menebarkan senyum, menunjukkan rasa hormat, dan membantu orang lain, mungkin tampak seperti hal kecil. Tapi, itu adalah pelajaran berharga bagi anak Anda.

5.      Menjadi penyemangat
 Menanyakan keadaan, mengirim bunga, meninggalkan catatan yang menggembirakan, atau menawarkan pujian sederhana, menunjukkan betapa kita menghargai orang yang dicintai.

6.      Berkata jujur
Jangan berbohong meskipun itu untuk kebaikan. Selalu berkata jujur, meski menyakitkan. Sekali kita bohong kepada anak, mereka akan melakukan hal yang sama kepada Anda.

7.      Menjadi sukarelawan
 Libatkan anak Anda dalam kegiatan-kegiatan sosial terhadap sesama.

8.      Memperlihatkan kasih sayang
 Memeluk, tertawa, tersenyum, dan katakan, “Ibu/bapak sayang kamu” kepada anak Anda.

9.      Bersyukur
 Bersyukur dalam kehidupan sehari-hari dan bersikap positif terhadap segala sesuatu. Mengajarkan bersyukur untuk hal-hal kecil dapat membuat dampak besar bagi anak Anda di kemudian hari.

10.  Menomorsatukan keluarga
 Menjadikan keluarga prioritas dalam hidup dapat membangun fondasi yang kuat bagi anak-anak Anda.

11.  Berhemat atau membelanjakan uang secara bijak
 Belanja sesuai keperluan, berhemat, dan menabung, mengajarkan anak-anak Anda untuk mengelola prioritas dan keuangan. Selain itu, ajarkan anak bahwa uang tidak muncul begitu saja.

12.  Meminta dan memberikan bantuan
 Ajarkan anak untuk meminta bantuan ketika menghadapi kesulitan, dan setelah dia sudah benar-benar berusaha. Ajarkan anak selalu memberikan bantuan kepada orang yang membutuhkan, walau tanpa diminta.