4 Langkah Dasar Dalam Membeli Rumah Pertama



4 Langkah Dasar Dalam Membeli Rumah Pertama – Anda berencana untuk membeli rumah dalam waktu dekat ini ? Membeli rumah pertama memang menjadi suatu yang penting, tidak hanya mengenai pengeluaran yang besar tapi juga soal impian. 4 Langkah dasar ini mungkin bisa memperlancar proses pembelian rumah pertama anda.


Berikut 4 Langkah Dasar Dalam Membeli Rumah Pertama

1.      Menyewa Agen
Menyewa agen merupakan hal yang sangat penting bagi Anda yang ingin membeli rumah untuk pertamakalinya. Jika Anda lebih memilih untuk survei rumah dengan mengunjungi open house selama berjam-jam pada saat weekend, maka Anda tak perlu lagi menyewa agen. Namun secara garis besar, dengan menyewa agen dapat menghemat waktu.

- Seorang agen dapat memperlihatkan daftar yang sesuai dengan permintaan Anda.
- Agen sering tahu dari iklan baru yang belum ada di pasaran.
- Beberapa agen akan memberikan preview rumah untuk Anda.
- Seorang agen umumnya dapat melihat harga yang terlalu mahal dan menyarankan Anda untuk harga yang sesuai.

2.      Mencari Rumah untuk Dibeli
Membeli rumah bisa menjadi proses yang bisa menguras tenaga dan emosi. Untuk mencari rumah yang tepat tidaklah selalu mudah. Jadi sebaiknya Anda melihat maksimal 7 rumah terlebih dahulu pada satu waktu. Karena lebih dari itu hanya akan membuat Anda pusing dan lelah.

Umumnya, kebanyakan pembeli melakukan riset online terlebih dahulu sebelum memutuskan pergi untuk survei rumah. Menurut National Association of Realtors, rata-rata mereka menghabiskan 6 sampai 8 minggu untuk mencari tahu di mana mereka ingin tinggal. Setelah sudah memutuskan untuk membeli di mana, tetapi mereka.

3.      Dapatkan Pinjaman
Memiliki rumah memang idaman setiap orang. Namun, dana yang diperlukan tidaklah sedikit. Untuk itulah beberapa bank memiliki fasilitas kredit pemilikan rumah (KPR). KPR tersebut merupakan pinjaman yang ditujukan untuk membiayai pembelian rumah baik dalam kondisi baru maupun bekas untuk dimiliki sendiri.

Banyak penjual tidak menerima tawaran jika pembeli tidak bisa menjamin bahwa dia pasti mendapatkan pinjaman. Anda dapat meminta agen untuk rujukan ke KPR Bank atau cek dengan serikat kantor Anda sendiri untuk akses kredit atau bank.

4.      Negosiasikan Penawaran ini
Terkadang pembeli membuat kesalahan dengan membandingkan harga jual rumah ke rumah lain yang mereka lihat. Karena penjual bisa mengajukan harga yang mereka inginkan. Bukan berarti rumah itu dijual dengan harga yang ditawarkan.

Seorang agen dapat memberikan penjualan yang sebanding. Penjualan yang sebanding maksudnya adalah rumah tipe yang sama dalam kondisi yang sama dan lokasi yang telah terjual dalam 3 bulan terakhir. Anda mungkin harus membayar lebih dari daftar harga di pasar penjual, terutama jika banyak pembeli bersaing untuk persediaan yang sama. Agen Anda dapat memberikan kisaran harga yang wajar dan membantu untuk mengelola harapan Anda.