Cara Alami Mengecilkan Pori Pori Wajah



Cara Alami Mengecilkan Pori Pori WajahPori pori wajah yang besar merupakan masalah untuk kebanyakan orang, terutama kaum wanita. Ada beberapa faktor yang membuat pori wajah kita membesar antara lain produksi minyak berlebih, penumpukan kotoran dan pertumbuhan bakteri.

Namun jangan khawatir, 4 jenis sayuran ini bisa membantu anda dalam mengecilkan pori pori wajah. Penerapannya bisa dengan cara konsumsi langsung atau dengan menjadikannya sebagai bahan masker.


Berikut Cara Alami Mengecilkan Pori Pori Wajah

1.      Wortel
Menggunakan wortel sebagai masker wajah topikal dapat membantu mengecilkan pori-pori. Vitamin A dan beta-karoten dalam wortel bertindak sebagai antioksidan dan tonik kulit untuk wajah, yang membantu membersihkan jerawat dan kotoran yang menyumbat di pori-pori.

2.      Ketimun
Ketimun dapat mengurangi kantung mata, mengurangi minyak wajah dan membantu dalam mengurangi lemak, serta mendorong pengetatan dan penyusutan pori-pori wajah. Kelebihan minyak pada wajah berkontribusi pada pembesaran wajah.

Kupas mentimun hingga cairan halusnya keluar. Tempelkan ke wajah dan biarkan selama 15 menit. Bilas wajah dengan air dingin untuk mendapatkan pori-pori wajah lebih kencang.

3.      Sayuran mengandung vitamin C
Vitamin C merupakan antioksidan kuat yang meningkatkan produksi kolagen, meningkatkan elastisitas kulit, menghilangkan minyak dan membantu dalam mengeluarkan kotoran dari pori-pori. Contoh sayuran yang kaya vitamin C misalnya adalah brokoli, bayam, kangkung, daun bawang, peterseli, kubic Brussel dan sawi.

4.      Sayuran mengandung zinc
Mengonsumsi sayuran yang mengandung zinc dapat mencegah kelebihan produksi minyak di kulit dan mengurangi jerawat. Menurut New York University Medical Center Langone, zinc dapat membantu mengurangi peradangan kulit dan jerawat, dua faktor yang berpotensi menyebabkan pori-pori membesar. Contoh sayuran yang kaya zinc antara lain rumput laut, jamur, labu dan bayam.

Selain itu, anda juga bisa mencoba cara mengecilkan pori wajah yang lainnya.

1.      Es batu
Perawatan ini sangat sederhana, bungkus es batu dalam kapas kemudian gosokkan ke suluruh wajah. Es batu akan mengencangkan pori-pori. Lakukan ritual ini setiap pagi untuk memanjakan kulit. Perawatan ini juga bermanfaat untuk menjaga produksi sebum (kelenjar minyak) pada kondisi normal.

2.      Scrub
Singikirkan sel-sel kulit mati pada wajah secara rutin, minimal seminggu sekali. Anda bisa menggunakan scrub yang dibeli di toko kecantikan atau membuat scrub sendiri, contohnya dengan garam yang dicampur dengan olive oil. Sel kulit mati merupakan salah satu penyebab pori-pori tampak membesar. Gosokkan scrub perlahan ke seluruh wajah, fokuskan pada daerah yang pori-porinya terlihat besar (biasanya di daerah T).

3.      Mikrodermabrasi
Mikrodermabrasi sebenarnya hampir sama dengan pengelupasan dengan scrub, namun cara ini sedikit lebih efektif untuk mengecilkan pori. Cara ini mengikis sel-sel kulit mati, sehingga meremajakan kulit secara total. Anda bisa melakukannya di klinik/salon kecantikan, atau membeli perlengkapan mikrodermabrasi yang bisa dilakukan sendiri di rumah.

4.      Madu dan Oatmeal
Kedua bahan ini dapat menghilangkan minyak berlebih yang menjadi sumber pori-pori membesar. Tambahkan 5 sendok makan madu dan dua sendok oatmeal dengan 2 sendok susu bubuk. Campur bahan menjadi satu. Pulaskan ramuan secara merata di wajah sambil diberi sedikit pijatan dengan gerakan memutar. Setelah selesai, basuh sampai bersih. Rawatlah wajah dengan ramuan ini secara rutin setidaknya 2 kali seminggu.

5.      Toner
Toner berfungsi sebagai pembersih minyak dan kotoran yang tersisa saat membersihkan wajah sehingga dapat membantu mengecilkan ukuran pori-pori. Cara penggunaan toner adalah setelah pembersihan wajah dan sebelum menggunakan pelembab.

6.      Sunblock
Agar kulit terlindung dari sinar matahari, gunakan sunblock saat keluar rumah pada siang hari. Matahari juga menjadi faktor yang dapat membuat pori-pori membesar.

7.      Face Primer
Masih banyak wanita yang tidak menggunakan face primer sebelum make-up. Padahal produk kosmetik tersebut memiliki banyak manfaat. Fungsi primer adalah untuk mengecilkan pori-pori, sehingga membuat tampilan kulit tampak lebih flawless. Primer juga membuat foundation dapat menempel sempurna serta tahan lama pada kulit. Setelah itu, Anda bisa mengaplikasikan foundation dan bedak untuk menyamarkan tampilan pori-pori yang besar.