Cara Mengamankan Akun Facebook dan Mengembalikannya Jika Dibajak


Cara Mengamankan Akun Facebook dan Mengembalikannya Jika Dibajak – Apakah anda mempunyai akun Facebook ? Jika iya, sebaiknya anda perlu mengamankan akun Facebook anda tersebut sebaik mungkin, jangan sampai hacker mengambil alih akun Facebook anda.

Menurut pakar sekuriti Internet, hacker mampu "menerobos" masuk kebanyakan melalui Facebook App, contohnya Apps dan Game. Oleh karena itu, anda harus memperhatikan dengan baik Apps yang akan diinstall, apakah berguna dan benar-benar bukan Apps yang berkedok malware.

Berikut Cara Mengamankan Akun Facebook

1.   Aktifkan secure browsing/https untuk semua akun Anda, baik Facebook, Yahoo mail, atau Gmail.
Mengaktifkan https akan mengenkripsi semua data yang dikirimkan antara browser Anda dan server penyedia layanan, seperti Facebook, Yahoo mail, atau Gmail, sehingga akan sangat menyulitkan kriminalis untuk menguping lalu lintas data dan kredensial Anda.

Pada menu Facebook, secure browsing dapat diaktifkan dengan cara klik panah ke bawah di sebelah kanan menu [Home], pilih [Account Settings] dari dropdown box untuk memunculkan menu [Account Settings] lalu klik [Security] pada menu di sebelah kiri untuk memunculkan menu [Security Settings].

Klik [Edit] pada menu [Secure Browsing] dan centang/tick kotak pilihan [Browse Facebook on a secure connection (https) when possible] dan klik [Save Changes] (Lihat Gambar 1).

2.      Gunakan password yang baik
Jangan password yang mudah ditebak. Kalau bisa gunakan kombinasi huruf besar/kecil, angka/huruf dan tanda baca.

3.      Jangan menggunakan password yang sama untuk beberapa akun Anda
Jika satu akun tercuri akan menyebabkan akun lain ikut tercuri.

4.      Gunakan program pengingat password
Jika Anda memiliki banyak kredensial untuk diingat, gunakan program pengingat password yang akan menyimpan dan mengekripsi semua kredensial Anda dan Anda hanya perlu mengingat satu password untuk mengakses semua password Anda dari komputer Anda.

5.      Gunakan program antivirus
Gunakan program antivirus yang ter-update untuk mendeteksi trojan/keylogger yang berpotensi mencuri kredensial Anda. Akan lebih baik lagi jika program antivirus Anda memiliki kemampuan web protection yang akan mendeteksi web site phishing/scam dan download trojan lalu mencegah Anda mengeksekusi web atau file tersebut.

6.      Jangan jalankan tautan yang tidak Anda ketahui keamanannya
Jangan jalankan tautan yang tidak Anda ketahui keamanannya dari browser yang sedang Anda gunakan untuk membuka Facebook karena cookie yang digunakan untuk membuka akun FB pada browser Anda juga akan digunakan untuk membuka tautan yang Anda klik.

Jika hal ini terjadi, tautan tersebut akan dibuka memanfaatkan kredensial Anda yang tersimpan di cookie browser yang digunakan untuk membuka link Facebook tersebut.


Bagaimana jika akun Facebook Anda terlanjur dibajak? Tenang berikut Cara Mengembalikan Akun Facebook yang Dibajak

1.      Sebisa mungkin, laporkan ke beberapa teman Anda bahwa akun Facebook Anda telah dibajak.
2. Segera reset password Facebook Anda, caranya dengan mengunjungi halaman ini, http://www.facebook.com/reset.php.
3.      Jika alamat email Anda sudah diganti oleh si pembajak, kunjungi http://www.facebook.com/help/hacked untuk bantuan selanjutnya.
4.      Setelah berhasil diambil alih, hal pertama yang harus dilakukan hapus atau un-install aplikasi (Apps) dari page Facebook Anda.
5.      Terakhir, lakukan pemeriksaan menggunakan antivirus dengan database terbaru.