10 Tips Agar Sukses Menjual Barang di Internet

10 Tips Agar Sukses Menjual Barang di Internet – Saat ini yang namanya internet sudah dikenal semua kalangan dari bocah SD sampai orang kantoran, aksesnya pun cukup mudah. Hal ini membuat trend penjualan di internet meningkat tiap tahunnya. Lalu bagaimana caranya agar sukses menjual barang di internet ?

Menjual produk, baitu berupa barang atau jasa secara online mudah mudah susah, seperti halnya di dunia offline, penjualan barang di internet juga butuh persiapan dan strategi yang tepat.

Berikut Tips Agar Sukses Menjual Barang di Internet

1.      Pastikan barang yang Anda jual banyak dicari melalui internet
Pilihlah barang-barang jualan yang memang konsumen banyak mencarinya secara online. Anda pasti memiliki gambaran bahwa menjual sembako secara online adalah keputusan yang kurang tepat. Kemungkinan berhasilnya pun kecil karena barang-barang jenis ini mudah saja ditemukan di warung sebelah rumah tanpa harus melakukan transaksi secara online.

Pilihlah barang-barang yang unik untuk dijual sehingga pembeli akan membelinya dari Anda karena mereka sulit menemukannya di tempat lain.

2.      Membangun Sistem
Anda akan bingung bekerja, apalagi karyawan Anda, jika tidak ada sistem. Untuk itu bangunlah sistem bagaimana menjalankan bisnis Anda dari A sampai Z. Sistem itu sederhana, hanya kejelasan alur proses kerja dan prosedur menjalankan proses kerja tersebut.

Sistem tidak perlu rumit, yang penting bisnis Anda bisa jalan dengan baik, bahkan saat Anda tidak ada.

3.      Lakukan promosi dengan tepat
Ada banyak komunitas, forum, dan jaringan sosial yang di dalamnya berkumpul orang-orang yang biasanya memiliki kesamaan hobi atau minat. Anda dapat memanfaatkannya untuk mempromosikan barang yang Anda jual sekiranya karakter barang tersebut sesuai dengan minat orang-orang di suatu forum atau komunitas.

Penjelasan lebih lengkap mengenai promosi, bisa baca di bagian akhir.

4.      Lakukan promosi secara kontiniu
Promosi akan meningkatkan brand awareness bagi konsumen sehingga ketika konsumen membutuhkan produk sejenis dengan yang Anda jual, Andalah penjual yang pertama akan dituju. Hal ini karena keberadaan Anda sebagai pelaku bisnis suatu jenis barang telah tertanam kuat di benak konsumen.

5.      Berikan pelayanan terbaik untuk konsumen
Pembeli adalah raja. Penjual harus berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan pelayanan atau servis yang memuaskan. Pembeli yang puas biasanya akan menyebarkan informasi positif tentang produk dan perusahaan Anda kepada orang-orang di sekitarnya, dan kemungkinan besar mereka pun akan tertarik untuk menjadi konsumen Anda. Pembeli yang puas biasanya juga akan kembali melakukan pembelian di waktu mendatang.

Untuk memuaskan pembeli dapat dilakukan dengan cara-cara, antara lain komunikasi yang memberikan kenyamanan, prosedur pemesanan dan pembayaran yang mudah, ketepatan waktu pengiriman, dan kesesuain barang yang dipesan dengan yang ada di katalog.

6.      Tampilkan foto produk Anda secara jelas
Konsumen yang akan membeli barang secara online tentu ingin melihat produk yang hendak dibelinya dengan jelas. Oleh karena itu, tampilkan foto dari barang-barang yang Anda jual dan berikan detail spesifikasinya secara jelas.

7.      Kepercayaan
Kepercayaan dalam sebuah bisnis atau penjualan barang adalah syarat penting yang harus dipenuhi agar produk anda akan terus mendapatkan pelanggan. Artinya kepercayaan terhadap kualitas produk dan pelayanan yang baik adalah kunci agar bisnis anda menjadi bisnis yang awet. Karena kalau orang sudah percaya maka yang terjadi adalah repeat order atau pemesanan secara berulang-ulang. Di sinilah bisnis yang awet namanya. Apakah anda berbisnis hanya untuk satu hari saja? Saya yakin anda menginginkan bisnis yang bisa jalan sampai ke anak cucu khan? He he he. Untuk itu bangun kepercayaan dengan baik.

8.      Selektif memilih perusahaan jasa pengantaran
Bekerja samalah hanya dengan perusahaan jasa pengantaran barang yang terpercaya sehingga barang-barang yang Anda jual dipastikan sampai ke tangan pembeli tepat waktu dan tanpa mengalami kerusakan atau jumlahnya berkurang.

9.      Berikan jaminan
Berikan jaminan kepada konsumen jika mereka menerima barang yang rusak, tidak sesuai pesanan, pengirimannya tidak tepat waktu, atau barang tidak sampai. Jaminan dapat berupa penggantian barang, potongan harga, atau pengembalian uang pembelian.

10.  Berikan Diskon
Saya sering memperhatikan para penjual di pasar. Ada yang menjual pisang goreng, menjual sayuran, menjual baju, dan lain-lain. Yang sering diminta oleh pembeli adalah ” bisa kurang nggak harganya?”. Berarti mereka minta diskon/potongan. Apakah ini wajib ? Ya semua tergantung anda sich. Tapi kan diskon tidak hanya memotong harga barang. Diskon bisa juga berupa pembebasan biaya ongkos kirim jika order / pemesanan produk dalam jumlah tertentu



Sesuai dengan janji diatas, berikut Cara Mempromosikan Bisnis Online

Melalui Facebook
Melalui situs jejaring sosial Facebook, merupakan salah satu cara terbaik untuk membangun komunitas di sekitar bisnis Anda. Bagaimana tidak? Di sana Anda dapat meng-upload foto produk yang dijual atau toko dengan tampilan menarik. Bahkan bisa memberikan gambaran tentang bisnis apa yang digeluti di laman info dalam Facebook tersebut. Sehingga dengan cepat bisnis online itu dapat tersebar dengan mudah dan membuat teman, keluarga atau masyarakat lain mengetahuinya.

Share Foto di Akun Twitter
Selain Facebook, Anda juga bisa membuat akun bisnis online di Twitter. Di sana Anda bisa share foto barang yang dijual dan menjelaskan detail produk dan harganya di timeline. Dengan begitu, klien yang mem-follow akun Twitter bisnis online Anda dapat mengetahui ragam produk yang dijual.

Aktif di Situs Media Sosial
Memiliki akun Twitter dan Facebook namun tidak menjalankannya secara aktif, maka bisnis online yang digeluti pun tidak akan berjalan dengan baik. Jadi sebaiknya sesering mungkin mengecek situs media sosial tersebut dengan cara posting pendapat, foto atau kutipan harian menarik yang berhubungan dengan bisnis Anda dan menanggapi komentar dari para klien.

Melalui Blog
Tanggapan dari klien mungkin tidak besar pada awalnya, tetapi setelah Anda menulis posting terbaru di blog, lalu link-nya di share ke Facebook dan Twitter atau bahkan mengirim ke teman-teman melalui email, dijamin akan ada tanggaan positif dari mereka.

Membina Jaringan
Bergaul dengan para orang yang memiliki minat yang sama itu penting. Misalnya, jika Anda memiliki bisnis kue, bisa bergaul dengan koki. Terhubung melalui Linked In atau berhubungan dengan mereka melalui pesan di Facebook. Masing-masing dari Anda dapat saling berbagi wawasan tentang bagaimana menjalankan bisnis dan bisa juga meminta mereka untuk mempromosikan produk atau jasa Anda melalui blog dan website mereka.

Forum Jual Beli
Anda bisa mempromosikan produk anda di beberapa forum jual beli seperti kaskus atau di sebuah website yang memang khusus jual beli seperti tokobagus atau berniaga.