12 Tips Agar Hari Senin Menyenangkan

12 Tips Agar Hari Senin Menyenangkan – Bagaimana perasaan anda ketika hari Senin datang ? senang atau sebaliknya. Jika anda merasa senang, itu bagus, namun tidak semua orang mempunyai suasana hati seperti itu di hari Senin, kebanyakan orang akan menyambut hari Senin dengan rasa bad mood, malas atau tidak senang. Sehingga tidak aneh jika ungkapan I hate Monday sering kita dengar di hari Senin.

Memang, wajar jika perasaan tersebut muncul, pasalnya kita harus kembali melakukan rutinitas yang melelahkan setelah sebelumnya beristirahat atau melakukan kegiatan yang menyenangkan. Kerjaan kantor yang menumpuk, jadwal yang padat, macet, tugas yang banyak mungkin itu yang akan ada di benak kita ketika bangun pagi di hari Senin. Lalu bagaimana cara mengatasinya ?


Berikut 12 Tips Agar Hari Senin Menyenangkan

1.      Lakukan Hal Produktif Saat Weekend
Jika Anda terbiasa melakukan hibernasi saat weekend, mulai sekarang cobalah untuk mengubah kebiasaan tersebut. Biasakan untuk melakukan hal-hal produktif. Melakukan hal produktif bukan berarti tidak bisa santai. Anda bisa merencanakan hari weekend untuk melakukan aktivitas yang sedikit ringan. Misalnya, olahraga bersama suami dan anak.

Selain sehat dan bermanfaat bagi kesehatan, waktu pun tidak terbuang sia-sia. Cara tersebut dapat membantu mengurangi rasa malas. Dengan menerapkan cara ini, dijamin Anda akan bersemangat untuk menghadapi hari senin dan kembali bekerja dengan penuh semangat.

2.      Masak Makanan yang Spesial
Ada baiknya jika Anda menggunakan hari minggu tersebut dengan memasak makanan yang spesial untuk keluarga. Buatlah makanan yang sehat dan bernutrisi. Anda juga bisa membawa makanan tersebut ke kantor esok harinya. Sehingga Anda bisa memanjakan diri dengan makan makanan yang lezat dan bernutrisi, Anda juga tak perlu repot lagi untuk membeli makanan di kantor saat jam makan siang.

3.      Kurangi Pekerjaan Di Hari Senin
Jika Anda memiliki banyak pekerjaan yang harus diselesaikan, kerjakanlah sebagiannya di hari jumat. Sehingga pada hari seninnya nanti, Anda bisa jadi lebih sedikit rileks dan tidak terburu-buru dalam bekerja. Usahakanlah untuk tidak memberi terlalu banyak beban berat di hari Senin. Hal tersebut untuk menghindari perasaan malas.

4.      Membuat Rencana ke Depan
Ambilah sedikit waktu untuk membuat rencana aktivitas Anda selama seminggu ke depan. Prioritaskanlah tugas Anda yang lebih penting yang harus segera diselesaikan. Pastikan juga Anda menjadwalkan waktu untuk memanjakan diri sendiri. Dengan melihat apa yang akan dihadapi pada awal minggu ini dapat membantu Anda untuk lebih bersemangat.

5.      Jangan Mengeluh
Tak sedikit orang sering mengeluh untuk menghadapi kenyataan bahwa "Tomorrow is Monday." Kenyataannya, mengeluh tidak akan memberi perubahan apapun. Untuk mengatasinya, usahakanlah untuk menyemangati diri sendiri dan orang-orang yang berada di sekeliling Anda. Berpikirlah tentang hal-hal positif yang kemungkinan akan terjadi di kantor.

6.      Minum Secangkir Kopi di Pagi Hari
Aroma kopi dapat membantu menyegarkan pikiran dan suasana hati Anda. Demikian pula dengan kandungan kafein yang akan meningkatkan denyut jantung, sehingga Anda bisa lebih bersemangat untuk memulai aktivitas.

Namun perlu diingat, Anda juga harus menjauhi rekan kerja yang sedang bad mood agar Anda tak tertular energi negatif itu.

7.      Bercanda Ria dengan Orang Terdekat
Memulai hari dengan menelepon orang yang paling dekat dengan Anda juga dapat membangkitkan suasana hati. Anda dapat menghubungi adik, orangtua, pasangan atau sahabat untuk berbagi cerita lucu atau peristiwa yang Anda alami di akhir pekan.

Meluangkan waktu untuk ngobrol santai dengan seseorang yang dekat di hati akan memberikan efek psikologis yang luar biasa. Namun perlu diingat, waktu berbicaranya jangan terlalu lama karena Anda harus bekerja.

Penelitian dari Harvard University dan University of California, San Diego, mengatakan, bahwa kebahagiaan bisa menular. Misalnya, jika orang yang Anda ajak bicara merasa senang, maka Anda memiliki kesempatan 25 persen untuk merasakan kebahagiaan juga.

8.      Sarapan Makanan Berlemak
Jika menu sarapan Anda biasanya hanya dengan roti, keju atau telur, cobalah menggantinya dengan makanan berlemak.
  
Dalam sebuah studi yang ditulis dalam Journal of Clinical Investigation menunjukkan, bahwa makanan berlemak memberikan efek nyaman dan membuat Anda terhindar dari emosi dan perasaan negatif.

9.      Olahraga
Saat berolahraga suhu tubuh akan meningkat, dan ini membuat pikiran lebih tenang, juga mengurangi kecemasan dan stres.
  
10.  Seks di Pagi Hari
Aktivitas seksual dengan pasangan di pagi hari juga dapat membuat Anda lebih nyaman untuk hari itu. Sebuah artikel di Daily Mail juga pernah menulis, bahwa berhubungan seks di pagi hari akan membuat orang merasa lebih optimis untuk menghadapi aktivitas sehari-harinya.

11.  Aku siap, Aku siap
Kalau anda suka nonton SpongeBob SquarePants, tentu anda tahu apa yang dia ucapkan ketika mulai beraktifitas, yup “Aku siap, aku siap, aku siap”. Anda bisa mengatakan perkataan tersebut di dalam hati anda ketika mulai beraktifitas.Untuk yang pria bisa tambahan “Hari baru, coin baru”…..

12.  Syukur
Jika anda pernah membca diare mendiang Ibu Endang Sedyaningsih, mantan Menteri Kesehatan, yang ditulis ketika beliau dirawat di rumah sakit, anda akan tahu begaimana kenikmatan bisa merasakan kembali sinar matahari di pagi hari.

Gunakan perasaan tersebut, gunakan kenikmatan tersebut untuk membuat hal yang positif di hari Senin dan hari selnajutnya sebagai wujud rasa syukur kita kepada Tuhan. Sehingga tidak ada lagi rasa malas atau yang lainnya.