Jenis Bahan Alami Untuk Pembersih dan Pengharum Ruangan


Jenis Bahan Alami Untuk Pembersih dan Pengharum Ruangan – Saat ini pola back to nature semakin digalakkan, tidak hanya soal makanan tapi juga pembersih dan pengharum ruangan.

Hal ini dikarenakan pembersih dan pengharum saat ini tidak sedikit yang mengandung bahan bahan berbehaya yang dapat menyebabkan iritasi pernafasan dan mengganggu hormon karena dibuat dari sumber daya tak terbarukan yang jelas-jelas tak ramah lingkungan.

Menurut sebuah studi baru di Environmental Health Perspectives, menyemprotkan pengharum ruangan atau menghabiskan waktu beberapa jam di sekitar pembakaran lilin beraroma setiap hari dapat menyebabkan kerusakan pada jantung.

Temuan itu didasarkan pada studi yang telah lama dilakukan di Swiss terkait dengan polusi udara dengan paru-paru dan penyakit jantung yang melibatkan orang dewasa di atas usia 50 tahun.

Oleh karena itu ada baiknya anda mulai menggunakan jenis bahan alami untuk pembersih dan pengharum ruangan.


Berikut Jenis Bahan Alami Untuk Pembersih dan Pengharum Ruangan

Untuk Pengharum Ruangan

1.      Merebus kulit jeruk
Daripada menyemprotkan pewangi sintetis beraroma jeruk, lebih baik rebuslah kulit lemon, kulit jeruk, atau kulit dari buah lainnya yang Anda suka selama 30 menit untuk menyegarkan ruangan.

Tambahkan beberapa rempah-rempah jika Anda suka seperti cengkeh, kayu manis, dan kapulaga.

2.      Arang
Arang karbon aktif sangat bagus mengusir bau yang menusuk hidung seperti bau dari tong sampah, kotak kotoran kucing, dan asap rokok.

Anda dapat menggunakn filter karbon kecil yang dirancang untuk ditempatkan di sekitar tong sampah, lemari es, atau tempat lain yang berbau menyengat.

3.      Ampas kopi
Ampas kopi secara ajaib dapat menyerap bau. Masukan ampas kopi yang kering dalam kaus kaki tua yang bersih dan gantungkan di lemari Anda untuk mengusir bau.

Bahan Alami Untuk Pembersih

1.      Cuka.
Bahan ini merupakan solusi sederhana karena hanya dengan 5 persen asam asetat yang dikandung cuka putih maka bisa membunuh sejumlah strain bakteri, termasuk E. coli. Bahan ini juga efektif untuk membunuh berbagai jenis jamur.

2.      Baking soda.
Bahan ini luar biasa untuk alat rumah tangga atau bagian rumah yang harus dibersihkan dengan digosok seperti ubin kamar mandi

3.      Jus lemon
Bahan pembersih dan pengangkat kotoran alami yang bersifat antimikroba

4.      Saus tartar
Campurkan dengan air dan cuka putih untuk melawan noda. Carilah dalam bentuk bubuk di toko langganan Anda.

5.      Castile soap
Sabun berbahan minyak zaitun yang dinamakan sesuai daerah asalnya yaitu Castile di Spanyol. Sabun ini biasa ditemukan di berbagai toko bahan makanan alami.

6.      Washing soda atau biasa dikenal dengan soda ash
Kekuatan pembersihnya terletak dari bahan dasarnya yaitu sodium karbonat. Anda bisa menjumpainya di rak produk laundry di supermarket favorit Anda.

7.      Borax
Gunakan sebagai pembersih peralatan rumah tangga yang berminyak. Bahan ini juga bisa menyerap dan menghilangkan bau tak sedap dari peralatan tersebut.

8.      Minyak esensial murni.
Minyak esensial seperti kemangi, rosemary, thyme, jeruk manis dan teh dapat membantu membasmi kuman sekaligus memberikan aroma alami yang menyegarkan.