Kelebihan dan Kekurangan Android



Kelebihan dan Kekurangan Android – Hampir semua orang kenal yang namanya Android, OS besutan Google ini mengalami perkembangan yang sangat pesat dan signifikan. Keberhasilan Android juga tidak lepas dari dukungan pabrikan ponsel besar yang ikut menghadirkan ponsel-ponsel yang menggunakan system operasi ini.

Dengan semua kelebihannya, Android mampu menyaingi  operation system lainnya seperti Symbian, Blackberry, iOS dan lainnya. Namun begitu. setiap teknologi selain memiliki kelebihan pasti terdapat juga kekurangannya. Lalu apa kekurangan android.


Berikut Kelebihan dan Kekurangan Android

Kelebihan Android

1.      Android bersifat terbuka
Karena berbasis linux yang memang open source jadi bisa dikembangkan oleh siapa saja.

2.      Multitasking
Kalau anda pernah merasakan keunggulan dari Symbian yang bisa membuka beberapa aplikasi sekaligus, begitu juga Android yang mampu membuka beberapa aplikasi sekaligus tanpa harus menutup salah satunya.

3.      Fasilitas full USB
Anda bisa mengganti baterai, mass storage, diskdrive, dan USB tethering

4.      Kemudahan dalam Notifikasi
Setiap ada SMS, Email, atau bahkan artikel terbaru dari RSS Reader, akan selalu ada notifikasi di Home Screen Ponsel Android, tak ketinggalan Lampu LED Indikator yang berkedip-kedip, sehingga Anda tidak akan terlewatkan satu SMS, Email ataupun Misscall sekalipun.

5.      Ribuan Aplikasi di Google Android App Market
Kalau Anda seneng install aplikasi ataupun games, lewat Google Android App Market Anda bisa mendownload berbagai aplikasi dengan gratis. Ada banyak ribuan aplikasi dan games yang siap untuk Anda download di ponsel Android.

6.      Pilihan Ponsel yang beranekaragam
Bicara ponsel Android, akan terasa ‘beda’ dibandingkan dengan iOS, jika iOS hanya terbatas pada iPhone dari Apple, maka Android tersedia di ponsel dari berbagai produsen, mulai dari Sony Ericsson, Motorola, HTC sampai Samsung. Dan setiap pabrikan ponsel pun menghadirkan ponsel Android dengan gaya masing-masing, seperti Motorola dengan Motoblur-nya, Sony Ericsson dengan TimeScape-nya. Jadi Anda bisa leluasa memilih ponsel Android sesuai dengan ‘merk’ favorite.

7.      Bisa menginstal ROM yang dimodifikasi
Tidak puas dengan tampilan standar Android, jangan khawatir ada banyak Costum ROM yang bisa Anda pakai di ponsel Android.

8.      Widget
Benar sekali, dengan adanya Widget di homescreen, Anda bisa dengan mudah mengakses berbagai setting dengan cepat dan mudah.

9.      Google Maniak
Kelebihan Android lainnya jika Anda pengguna setia layanan Google mulai dari Gmail sampai Google Reader, ponsel Android telah terintegrasi dengan layanan Google, sehingga Anda bisa dengan cepat mengecek email dari Gmail.

10.  Object Oriented
Android mengunakan bahasa pemrograman yang berorientasi objek yang membuat program dapat dibuat secara modular dan dapat dipergunakan kembali. Pemrograman berorientasi objek memodelkan dunia nyata kedalam objek dan melakukan interaksi antar objek-objek tersebut.

Kekurangan Android

1.      Terhubung dengan  internet
Android bisa dibilang sangat memerlukan koneksi internet yang aktif. Setidaknya harus ada koneksi internet GPRS di daerah anda, agar perangkat siap untuk online sesuai dengan kebutuhan kita.

2.      Lambat Mengeluarkan Versi Terbaru
Perusahaan perangkat kadang lambat mengeluarkan versi resmi dari Android milik anda. Meskipun kadang tidak ada perbedaan mencolok dalam hal UI.

3.      Malware
Android Market kurang kontrol dari pengelola, kadang masih terdapat malware.

4.      Sulit terhubug dengan pihak Google
Sebagai penyedia layanan langsung, terkadang pengguna sangat sulit sekali terhubung dengan pihak Google.

5.      Banyak Iklan
Kadang sering terdapat iklan : karena mudah dan gratis, kadang sering diboncengi iklan. Secara tampilan memang tidak mengganggu kinerja aplikasi itu sendiri, karena memang kadang berada di bagian atas atau bawah aplikasi.

6.      Koneksi Internet yang terus menerus
Yups, kebanyakan ponsel berbasis system ini  memerlukan koneksi internet yang simultan alias terus menerus aktif.Koneksi internet GPRS selalu aktif setiap waktu, itu artinya Anda harus siap berlangganan paket GPRS yang sesuai dengan kebutuhan.

7.      Boros Baterai
Handset Android terkenal boros baterai, hal ini maklum karena efek dari banyaknya fitur android, terutama Fitur 3G, Maps dan GPS. Sebenarnya hampir setiap smartphone juga boros baterai, jika ingin hemat, matikan fitur yang tidak perlu.

8.      Google Centric
Android adalah produk open source dari Google dan Open Handset Aliance, itulah mengapa aplikasi yang ada di Android sangat menyatu dengan layanan  Google, sebut saja Email menggunakan GMail, Calendar menggunakan Google Calendar, bahkan sampai Contact pun disimpan di Gmail Contact. Bagi fans Google ini merupakan keunggulan sendiri, namun bagi pengguna yang tidak familiar dengan produk Google (Misal orang yang baru pindah dari Windows Mobile atau Symbian)   hal ini cukup merepotkan karena mereka harus menyesuaikan kebiasaannya.