12 Makanan Terbaik Untuk Tubuh Sehat

12 Makanan Terbaik Untuk Tubuh Sehat – Mempunyai badan yang sehat merupakan keinginan semua orang, namun sayangnya tidak sedikit dari kita yang kebiasaannya justru malah kebalikan dari keinginannya, yaitu ingin sehat. Bagaimana caranya untuk mendapatkannya tubuh yang sehat ?

Selain olahraga, jenis makanan yang sering kita konsumsi juga mempengaruhi kondisi kesehatan tubuh kita. Oleh karena itu pilihlah jenis makanan yang sehat dengan takaran yang proporsional.


Berikut 12 Makanan Terbaik Untuk Tubuh Sehat

Blackcurrant
Blackcurrant sangat kaya vitamin C, k, dan flavonoid pelindung tubuh. Vitamin C pada blackcurrant berfungsi sebagai antioksidan yang melawan radikal bebas, mencegah penyakit flu, dan infeksi virus, serta melindungi sel darah putih anak Anda dari bakteri jahat.

Selain vitamin C, blackcurrant juga banyak mengandung vitamin lain, seperti vitamin B1, B2, B3, B5, dan vitamin B6, serta mineral seperti kalsium, besi, magnesium, fosfor, seng, dan potasium. Keistimewaan lain blackcurrant karena mengandung sekumpulan flavonoid fitonutrien yang berfungsi sebagai antioksidan. Flavonoid juga berfungsi untuk menjaga sel-sel kekebalan tubuh pada anak Anda dengan menetralisir radikal bebas yang dapat merusak sel.

Alpukat
Mengandung vitamin B1, B6, dan E, kalium, magnesium, dan asam lemak sehat yang membantu mengatur kadar kolesterol dan merupakan makanan pertama yang baik untuk bayi. Namun berhati-hatilah, alpukat mengandung banyak kalori.

Brokoli
Mengandung vitamin C, A, dan E, kalsium, serta asam folat. Khasiatnya, brokoli dapat menurunkan kolesterol, mendukung proses detoksifikasi tubuh, dan mengurangi risiko alergi berkat flavonoid kaemprefol.

Wortel
Selain sebagai penyedia vitamin A, wortel mengandung karotenoid untuk mencegah kanker. Makanlah sekurangnya satu batang setiap hari untuk mendapatkan manfaatnya.

Rajin mengonsumsi wortel juga merupakan salah satu cara pencegahan dari penyakit jantung dan penurun kadar kolesterol dalam tubuh. Wortel juga mengandung betakaroten yang sangat diperlukan oleh tubuh. Wortel sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh anak-anak maupun dewasa karena kaya vitamin C, vitamin K, dan potasium.

Tomat
Tomat adalah sumber vitamin C dan flavonoid yang baik. Mengandung likopen sebagai antioksidan yang membantu mencegah kanker prostat dan penyakit jantung.

Jagung manis
Mengandung serat, kalium, dan lutein, yang membantu mencegah katarak dan degenerasi makula (penurunan penglihatan).

Jeruk bali
Separuh buah ini mencukupi setengah kebutuhan harian vitamin C. Makanlah serat buahnya yang mudah larut karena menurunkan kolesterol dan mengandung asam folat dan bioflavonoid yang dapat mencegah kanker.

Plum
Buah plum mengandung zat besi, serat, kalium, dan vitamin A. Di dalam buah plum terkandung phytochemical atau ferulic acid yang dapat mengurangi risiko terkena kanker usus. Plum juga mengandung diphenylisation yang dapat digunakan sebagai obat pencuci perut (pencahar) dan dapat mengatasi sembelit.

Selain itu, di dalam plum juga mengandung hydroxycinnamate, sejenis antioksidan yang dapat menurunkan kadar kolesterol dan melindungi tubuh dari serangan jantung. Buah ini juga mengandung hydroxycinnamate, antioksidan yang dapat mencegah oksidasi LDL.

Dari penelitian terbaru dinyatakan, bahwa plum dapat mengatasi kanker payudara dan kanker usus besar. Plum mengandung fitonutrien unik atau zat antikanker, yaitu asam neochlorogenic dan klorogenat, zat ini dapat membunuh sel kanker yang ganas.

Stroberi
Kaya vitamin C dan asam elagat, sejenis senyawa dengan efek antikanker. Vitamin C yang tinggi pada stroberi pun berperan dalam meningkatkan produksi hormon seks dan memperlancar aliran darah menuju organ intim. Kandungan lain seperti antianaemic juga baik untuk menjaga stamina tubuh.

Bawang bombai merah
Mengandung asam folat, B6, kalium, dan flavonoid untuk membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Dapat membantu menaikkan kadar kolesterol baik HDL.

Bit
Bit segar yang bukan acar mengandung asam folat. Sebanyak 34 persen asam folat di dalamnya berkhasiat menumbuhkan dan mengganti sel-sel yang rusak.

Kranberi
Jus buah kranberi mencegah penempelan bakteri pada dinding kandung kemih. Penting bagi wanita yang rentan terserang sistitis.

Buah ini kaya vitamin C dan memiliki sifat eksfoliasi yang menyehatkan kulit, terutama bibir. Penelitian juga menemukan bahwa kranberi dapat mengurangi tingkat LDL (kolesterol buruk) dan meningkatkan kadar HDL (kolesterol baik) dalam darah. Selain itu, kranberi dapat memperlambat pertumbuhan tumor.