23 Tips Rambut Sehat dan Indah

23 Tips Rambut Sehat dan Indah – Rambut merupakan mahkota bagi siapapun baik itu terlebih bagi wanita. Butuh perawatan yang tepat untuk mendapatkan rambut sehat dan berkilau. Sebenanrnya tidak butuh perawatan yang mahal untuk mendapatkan rambut sehat, namun memang butuh ketelatenan anda.


Berikut Tips Rambut Sehat dan Indah

1.      Lakukan pola hidup sehat
Pola hidup sehat mencakup tidak merokok, rajin berolahraga secara teratur, mengkonsumsi makanan bergizi, juga melakukan refreshing dan relaksasi agar pikiran tidak menjadi stress. Untuk makanan, Anda dapat mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin A, C, E, selenium karena zat ini yang sangat baik menjaga kesehatan rambut.

2.      Usahakan tidur cukup dan nyenyak setiap hari
Bila tidur Anda terganggu, hal ini dapat menyebabkan sirkulasi darah tidak lancar. Akibatnya rambut tidak mendapat nutrisi yang cukup dan menyebabkan rambut kusam. Oleh karena itu, jangan bebani pikiran Anda dengan hal-hal yang dapat mengganggu tidur Anda.

3.      Cukupi Minum Air Setiap Hari
Tubuh yang kekurangan cairan akan mengakibatkan berkurangnya kelembaban pada kulit dan rambut. Tak hanya itu, seringnya mengalami dehidrasi akan membuat rambut kusam, pertumbuhan tak sehat dan menghambat aliran nutrisi dari dalam. Karena itu, Anda harus mencukupi kebutuhan 8 gelas air setiap hari dan bisa lebih jika aktivitas Anda banyak menguras energi.

4.      Gunakan produk perawatan rambut yang sesuai
Bila menggunakan produk perawatan rambut, perhatikan komposisi produk. Hindari produk yang berbahan alkohol dalam konsentrasi tinggi karena kandungan tersebut dapat merusak rambut. Saat menggunakan produk tersebut, jangan langsung dikenakan di kulit kepala karena menyebabkan pori-pori kepala tertutup dan dapat merusak kulit kepala yang selanjutnya merusak rambut.

5.      Bila berenang, olesi dengan air basa atau penutup rambut
Tujuan dari hal ini adalah agar rambut tidak terkontaminasi dengan air kolam yang kandungan kimianya dapat merusak rambut Anda.

6.      Kurangi Suhu Panas pada rambut
Mengurangi suhu panas pada rambut dapat dilakukan dengan menghindari sinar matahari langsung dalam waktu yang lama. Apabila anda menggunakan alat kecantikan rambut, hindari penggunaan alat yang memiliki suhu panas yang tinggi seperti Hair dryer, alat catok yang dapat menyebabkan kekeringan pada rambut dan menyebabkan rambut menjadi kering dan rapuh. Dengan mengurangi penggunaan alat kecantikan rambut seperti yang disebutkan diatas maka akan menjaga kelembaban alami dari rambut dimana rambut juga membutuhkan kelembaban untuk menghindari kerapuhan.

7.      Gunakan sisir dari kayu
Sisir yang terbuat dari kayu dapat mengurangi kerontokan rambut. Kebersihan sisir juga perlu dijaga agar kotoran yang ada dalam sisir tidak melekat pada rambut Anda.

8.      Pilih shampoo yang sesuai
Setelah memperhatikan jenis rambut, hal ini menjadi dasar bagi Anda untuk memilih shampo yang akan dipakai. Pilih shampo yang berkualitas yang sesuai dengan kondisi rambut.

9.      Gunakan Sedikit Shampoo
Salah besar anggapan yang mengatakan makin banyak shampoo dan busa saat keramas, makin bagus hasilnya pada rambut. Pemakaian shampoo yang terlalu banyak justru akan menghabiskan minyak alami yang dihasilkan kulit kepala, apalagi jika Anda keramas setiap hari. Gunakan shampoo hanya sebesar koin pada telapak tangan, dan Anda bisa keramas 2 - 3 hari sekali. Jika Anda harus keramas setiap hari, jangan gunakan shampoo, gunakan kondisioner saja.

10.  Berikan Pijatan pada Rambut
Gunakanlah minyak zaitun yang telah dihangatkan terlebih dahulu untuk  memijat rambut anda lakukanlah secara perlahan ke kulit kepala karena hal ini dapat mendorong pertumbuhan rambut dan kesehatan pada batang rambut.

11.  Melindungi dari sinar matahari
Apabila aktifitas anda lebih banyak diluar ruangan dan anda harus terpaksa menggunakan produk kesehatan untuk rambut, maka pilihlah produk kesehatan rambut khusus yang dapat melindungi rambut anda dari pancaran sinar matahari seperti halnya kulit kita yang membutuhkan sunblok maka rambutpun tidak ada salahnya butuh perlindungan sun blok sehingga mampu terlindungi dari sinar matahari.

12.  Gunakan produk tambahan untuk rambut
Agar rambut dapat tumbuh subur, Anda dapat membantunya dengan memberikan vitamin atau produk tambahan lain yang dapat merangsang pertumbuhan rambut. Pilih produk yang mengandung panthenol.

13.  Gunakan perawatan yang alami
Batasi atau bahkan kalau bisa hindari penggunaan produk kecantikan rambut yang menggunakan unsur zat kimia, karena banyaknay kandungan zat kimia dalam satu produk dapat membahayakan kelangsungan hidup rambut itu sendiri.

14.  Gunakan sisir bergigi jarang
Menggunakan sisir tujuannya untuk merapikan rambut. Akibat berbagai kegiatan, angin atau hal lainnya membuat rambut menjadi berantakan. Menggunakan sisir rapat tentu membuat semakin banyak rambut yang rontok.

15.  Keringkan rambut dengan benar
Sehabis keramas, teknik mengeringkan rambut yang benar adalah dengan menekan-nekan kepala dengan handuk kering. Bila Anda menggunakan hair dryer, cobalah untuk mengangkat rambut sedikir demi sedikit dan gunakan hair dryer dengan pengaturan dingin agar kutikula mengeras sehingga rambut tidak mudah rontok, sebaliknya akan membuat rambut terlihat tebal.

16.  Kuatkan rambut agar tidak mudah rontok
Caranya adalah dengan menggunakan minyak jojoba yang akan menjaga rambut dari kerusakan. Rambut menjadi tidak mudah rapuh sebaliknya rambut menjadi kuat.

17.  Pilih Helm yang tepat dan jaga kebersihannya
Jika anda sering menggunakan kendaraan bermotor dalam aktifitas keseharian maka pilihlah helm yang tepat yaitu yang pas dengan ukuran kepala Anda. Tidak terlalu pas, juga tidak terlalu longgar. Jangan lupa cuci helm secara berkala agar rambut dan kulit kepala Anda tetap bersih.

18.  Jangan mewarnai rambut setahun penuh
Jika Anda memiliki hobi mewarnai rambut, hindari mewarnai rambut dalam setahun penuh. Jika warna rambut yang telah diwarnai mulai memudar, istirahatkan rambut dari bahan kimia pewarna selama kurang lebih 2-3 bulan, baru kemudian diwarnai kembali (jika mau).

19.  Penggunaan gel rambut dibatasi
Batasi penggunaan gel rambut. Penggunaan gel dengan bahan kimia untuk menata rambut secara berlebihan bisa merusak struktur alami rambut.

20.  Hindari penggunaan sisir bersama
Sebaiknya miliki sisir pribadi dan tidak berbagi pinjam sisir Anda dengan orang lain. Khususnya jika Anda tidak mengetahui bagaimana kondisi rambut orang tersebut, apakah berketombe atau tidak.

21.  Jangan ikat terlalu kencang atau dalam keadaan basah
Untuk rambut panjang, hindari mengikat rambut terlalu kencang karena memicu kerontokan rambut. Sebaiknya juga jangan diikat sepanjang hari. Berikan rambut Anda kesempatan untuk 'bernafas'. Selain itu, jangan juga mengikat rambut jika masih dalam keadaan basah.

22.  Jangan sering ganti shampoo
Mengganti merk shampo ternyata tidak selalu menimbulkan masalah bagi rambut, asal tidak dalam jangka waktu yang terlalu cepat. Jika memang Anda ingin mengganti merk shampo, sebaiknya gunakan shampo merk yang sama selama kurang lebih 3 bulan dahulu, baru mengganti merk yang lain.

23.  Hindari penggunaan catokan lebih dari 2 kali sebulan
Melakukan pelurusan dengan teknik ini terlalu sering dapat membuat rambut menjadi kering, pecah-pecah, dan bercabang.

Ramuan Alami Untuk Mendapatkan Rambut Sehat

Menggunakan Santan

Untuk membuat masker rambut dari santan ada tiga bahan yang harus disiapkan. Berikut bahan dan cara membuatnya.

- 1 buah avokad
- setengah gelas santan
- 3 sendok teh minyak zaitun

Cara membuat:
- Hancurkan avokad dengan sendok hingga teksturnya halus
- Campurkan avokad, santan dan minyak zaitun. Aduk dengan cepat agar tercampur dengan baik.

- Hangatkan dalam microwave, sekitar 20 detik hingga terasa hangat. Tempelkan pada rambut mulai dari akar hingga permukaan, sambil berikan pijatan perlahan.

- Diamkan selama sekitar 30 menit kemudian keramas. Pastikan rambut benar-benar bersih, tidak ada bekas masker yang tertinggal.

Menggunakan Minyak kemiri

bahan : biji kemiri 250 gram tumbuk dan haluskan satu gelas air
cara membuat : panaskan air dalam panci, masukan kemiri yang telah dihaluskan, aduk hingga mendidih dan keluar minyak. Dinginkan lalu saring. Kemudian panaskan kembali air saringan tadi sampai mengental. simpan dalam wadah biarkan dingin, dan oleskan pada kulit kepala rambut anda.

Menggunakan Minyak Zaitun dan Madu

bahan : minyak zaitun 1 sendok makanmadu 1 sendok makan
cara membuat : campurkan bahan-bahan tersebut, gunakan pada rambut yang telah dibilas dan dibersihkan, tunggu 30 menit kemudian cuci dengan shampoo. lakukan perawatan 2 minggu sekali untuk mendapatkan rambut yang hitam alami.

Menggunakan Telur dan Susu

200 ml susu sapi murni
2 butir telur ayam, ambil kuningnya saja
1 sdm minyak zaitun

Cara Menggunakan:

1. Campur telur dan minyak zaitun, kocok sampai tercampur rata.

2. Anda dapat mencuci rambut dengan shampoo yang biasa Anda pakai. Tepuk-tepuk rambut yang telah dicuci dengan handuk untuk menyerap kelebihan air.

3. Siram sedikit demi sedikit susu cair pada rambut, kemudian sisir rambut dengan sisir bergigi jarang untuk memastikan semua bagian rambut terkena susu cair. Tunggu hingga 7 hingga 10 menit, lalu bilas rambut dengan air hangat.

4. Dengan keadaan rambut yang masih basah, Anda bisa mengaplikasikan campuran telur dan minyak zaitun pada rambut. Pijat-pijat hingga Anda merasa nyaman. Kemudian diamkan selama 10 menit dan bilas dengan air dingin.

5. Untuk melihat hasilnya, Anda bisa memakai hairdryer untuk mengeringkan rambut dan mengurangi kelembaban. Anda juga bisa menyemprotkan sedikit parfum untuk mengurangi aroma telur.

Nb: Jumlah bahan menyesuaikan panjang dan ketebalan rambut. Resep di atas dapat digunakan untuk rambut dengan panjang setengah punggung.

Untuk mendapat hasil yang maksimal, Anda dapat melakukan perawatan ini satu minggu sekali. Karena memakai bahan alami, perlu waktu satu bulan untuk mendapatkan rambut yang lembut dan sehat untuk jangka waktu yang lama.

Menggunakan pisang dan yogurt

1½ pisang matang ukuran sedang
1 cangkir kecil plain yogurt

Pemakaian:

1. Haluskan pisang dan yogurt dalam blender hingga tercampur rata dan membentuk adonan lembut. Tuang dalam wadah.

2. Oleskan adonan masker tersebut pada seluruh bagian rambut yang basah (tidak perlu keramas).

3. Bungkus rambut dengan handuk basah yang telah diperas, diamkan selama 10 menit.

4. Bilas masker dan cuci rambut dengan shampoo.

Dengan pemakaian teratur sekali dalam seminggu, rambut Anda akan semakin sehat dan bersinar.