5 Jenis Minuman untuk Jantung Sehat

5 Jenis Minuman untuk Jantung Sehat – Dulu penyakit jantung identik dengan usia tua, namun seiring waktu kecenderungan usia penderita jantung koroner usia muda makin meningkat. Sekitar 30 persen penderita jantung koroner yang ada saat ini adalah berusia 30 - sampai 40 tahun.

Oleh karena itu, dari sejak dini anda harus memberi perhatian khusus terhadap kesehatan jantung anda, salah satunya dengan mengkonsumsi tidak hanya makanan tapi juga minuman yang sehat untuk jantung.

5 Jenis Minuman untuk Jantung Sehat

Berikut 5 Jenis Minuman untuk Jantung Sehat

1.      Air putih
Minuman terbaik untuk mengatasi dehidrasi dan tanpa kalori adalah air putih. Minumlah 6-8 gelas per hari atau Anda dapat menambahkan irisan lemon atau jeruk nipis jika Anda kurang menyukai rasa tawar air putih. Anda dapat mencampur air putih dengan sirup, tetapi periksa labelnya dan pastikan sirup tersebut tidak terbuat dari gula atau pemanis buatan.

2.      Susu
Minuman sehat yang tepat untuk jantung adalah susu yang rendah lemak atau susu kedelai. Susu juga dapat memenuhi kebutuhan kalsium harian Anda. Jika Anda memilih susu kedelai, pilihlah yang diperkaya kalsium. Produk susu yang diperkaya dengan sterol juga bagus untuk membantu menurunkan kadar kolesterol.

3.      Jus Anggur
Buah anggur sendiri baik untuk jantung, jadi mungkin jus anggur juga akan memberikan kontribusi positif untuk jantung Anda. Seperti semua buah dan sayuran, buah anggur dikemas dengan banyak senyawa yang berkhasiat menurunkan risiko penyakit jantung.

Namun masih belum terbukti apakah jus anggur memiliki manfaat sebanyak anggur. Makan buah secara utuh akan memberikan manfaat yang lebih besar daripada makan sarinya.

4.      Kopi
Manfaat kopi bagi jantung masih menjadi pertentangan. Tetapi konsumsi sedang dari kopi tampaknya menunjukkan manfaat bagi jantung karena kandungan antioksidannya. Baca 5 Jenis Kopi yang Populer Saat Ini

5.      Teh
Penelitian telah menunjukkan bahwa teh hijau atau hitam dapat membantu mengurangi kemungkinan penyakit jantung. Teh hijau dikemas dengan antioksidan yang kuat yang menurunkan kolesterol dalam darah dan bahkan mungkin tekanan darah.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai peyakit jantung, bisa baca di Cara Menjaga Jantung Agar Tetap Sehat