8 Cara Efektif Menghilangkan Kesedihan Karena Putus Cinta

8 Cara Efektif Menghilangkan Kesedihan Karena Putus Cinta – Putus cinta merupakan salah satu fase yang sulit dilewati. Tidak sedikit orang yang berubah ke arah negatif atau malah berbuat nekat karena tidak mampu menahan kesedihannya. Butuh cara yang efektif untuk menghilangkannya agar kualitas kehidupan tidak menurun. Bagaimana caranya ?


Berikut  8 Cara Efektif Menghilangkan Kesedihan Karena Putus Cinta

1.      Menerima realita bahwa hubungan sudah berakhir
Terimalah kenyataan bahwa hubungan cinta Anda telah berakhir. Jangan berkhayal dan menghabiskan waktu jika Anda akan kembali bersama-sama lagi. Hal ini hanya akan menelurkan kekecewaan dan memperburuk keadaan Anda.

2.      Ekspresikan kesedihan
Anda boleh mengekspresikan kesedihan, namun jangan terlalu berlebihan. Jangan mem-posting hal-hal negatif di situs jejaring sosial atau mencoba membalas dendam pada mantan Anda. Sebaliknya, melarikan kekecewaan dengan menulis puisi, tulisan di komputer, atau berbagi perasaan dengan teman dapat menjadi pilihan.

3.      Hindari makan terlalu berlebihan
Makan atau minum berlebihan memang banyak dipilih orang untuk membebaskan diri dari kesedihan. Namun, sebaiknya Anda tidak melakukan hal ini. Pasalnya, cara tersebut hanya memberikan bantuan sementara waktu saja, sementara rasa sakit yang dirasakan akan terus mendera Anda.

4.      Me time
Jika selama ini Anda terlalu sibuk pekerjaan dan kencan dengan pasangan, inilah saatnya memanjakan diri sendiri. Anda dapat memanjakan diri di salon, makan di restoran favorit  yang belum pernah Anda coba, membeli pakaian baru, atau menghabiskan waktu di taman hiburan.

5.      Berkumpul dengan teman atau keluarga
Jika selama ini waktu Anda tersita untuk pasangan dan rutinitas, tak ada salahnya berhubungan kembali dengan teman dan anggota keluarga. Anda dapat melakukan komunikasi intensif dengan mereka sambil berjalan-jalan menghabiskan waktu. Ini merupakan kesempatan terbaik untuk mendekatkan hubungan dengan teman dan keluarga Anda. Intinya, Anda membutuhkan tempat untuk berkeluh kesah. Tidak ada salahnya berbagi cerita dengan orang terdekat agar kesedihan Anda berkurang.

6.      Ikut komunitas tertentu
Bergabunglah dengan komunitas tertentu yang Anda senangi, misalnya komunitas jalan-jalan, kuliner, memasak, dan sebagainya. Kesibukan ini dapat menjadi pilihan untuk memfokuskan energi Anda pada kegiatan positif dan tidak meratapi kesedihan di rumah yang semakin membuat Anda terpuruk.

7.      Mengasah keterampilan baru
Anda dapat mengisi waktu dengan mengaktifkan kegiatan baru, misalnya kursus bahasa atau menjadi sukarelawan sebuah organisasi sosial. Pelarian ini mampu membuat Anda merasa produktif dan merasakan kehangatan dengan kehadiran orang-orang di sekeliling Anda.

8.      Bertemu orang baru
Tak ada salahnya bertemu dengan sosok baru dalam kehidupan Anda. Tidak perlu berpatokan mencari orang baru untuk menggantikan sosok yang hilang dari hati Anda sebelumnya. Namun, fokuslah pada kemungkinan-kemungkinan baru yang jauh dari sekadar hubungan cinta yang mungkin saja Anda temui pada sosok tersebut