8 Tips Untuk Karyawan yang Ingin Buka Usaha

8 Tips Untuk Karyawan yang Ingin Buka Usaha – Mempunyai usaha sendiri memang menyenangkan, kita bisa dengan bebas menggunakan semua kreativitas kita untuk membangun bisnis sendiri. Namun adakalanya keinginan untuk buka usaha terbentur dengan status kita yang masih karyawan. Lalu bagaimana cara mengatasinya ?


Berikut 8 Tips Untuk Karyawan yang Ingin Buka Usaha

1.      Miliki alasan yang kuat
Anda perlu alasan yang kuat kenapa ingin menjadi pengusaha, alasan inilah yang menggerakkan langkah Anda mantap untuk menjalankan usaha dan mewujudkan impian Anda. Hindari alasan yang sesaat yang bisa mematahkan semangat Anda dalam berwirausaha.

2.      Ajak keluarga atau teman dekat
Ajaklah orang-orang terdekat Anda untuk menjadi partner dalam menjalankan usaha sehari-hari sementara Anda masih bekerja sebagai karyawan. Mereka lah yang akan menjalankan usaha Anda sesuai arahan dan strategi usaha yang Anda buat bersama mereka.

3.      Manajemen waktu
Anda harus mampu mengelola waktu Anda, agar tempat Anda bekerja tidak terganggu dan dirugikan secara waktu karena Anda mempunyai usaha. Anda harus mampu disiplin mengatur waktu ini. Di saat jam kerja, Anda harus curahkan waktunya kepada perusahaan dan di luar jam kerja seperti malam hari dan libur itulah waktu untuk usaha Anda sendiri. Pertimbangkan juga untuk mengajukan cuti jika Anda ada urusan penting dengan usaha Anda disaat jam kerja.

4.      Pilihlah usaha sesuai kompetensi atau hoby Anda miliki
Pilihlah usaha sesuai kompetensi atau hoby Anda miliki  atau hobby yang Anda geluti dan atau juga yang sumber daya relasi yang Anda miliki. Usaha yang Anda pilih tidak harus dijalankan langsung secara besar dengan modal besar.

Usaha yang bermodal kecil seperti membuka rumah makan di rumah, menjadi agen penjualan busana, pulsa, sembako, memilih kemitraan/waralaba dan lain-lain bisa menjadi pilihan Anda.

5.      Jangan usaha yang sama dengan kantor
Sebaiknya hindari usaha yang sama dengan usaha yang sama dengan perusahaan Anda bekerja untuk menghindari konflik kepentingan.

6.      Gabung di komunitas
Bergabunglah dengan komunitas-komunitas, grup atau forum wirausaha yang bisa membantu Anda mendapatkan pengetahuan dan pengalaman dari yang lainnya sehingga Anda juga dapat mempunyai lingkungan usaha yang saling mendukung.

7.      Gunakan teknologi
Dalam membantu monitoring dan komunikasi dengan tim kerja Anda di usaha Anda maka gunakan teknologi seperti : website, email, smartphone, cctv dan lainnya.

8.      Keuntungan 3x gaji, saatnya berhenti
Jika usaha Anda sudah menghasilkan keuntungan minimal 3 kali dari jumlah gaji yang didapat dan stabil selama 1 tahun maka perlu dipertimbangkan untuk menjadi pengusaha penuh waktu dan mengembangkan usahanya lebih besar lagi.