Awal Puasa Ramadhan 2012, 20 atau 21 Juli

Awal Puasa Ramadhan 2012, 20 atau 21 Juli – Puasa Ramadhan 2012 atau 1433 H tinggal hitungan hari. Salah satu ormas Islam terbesar di Indonesia, Muhammdiyah sesuai dengan maklumat tentang penetapan 1 Ramadhan yang dikeluarkan pada Tanwir Muhammdiyah di Bandung, awal puasa Ramadhan 1433 H jatuh pada tanggal 20 Juli 2012. Ini artinya tanggal 19 Juli, warga Muhammdiyah sudah mulai salat tarawih.

Sedangkan Nadhatul Ulama (NU) kemungkinan besar akan sehari setelahnya yaitu tanggal 21 Juli. Seperti tahun tahun sebelumnya, NU akan tetap menggunakan metode rukyatul hilal bil fi'li, yaitu melihat hilal dengan mata telanjang atau dengan alat bantu optik.

Menurut Wakil Ketua PWNU Jatim, KH Sholeh Hayat, hasil hitungan di Jawa Timur yang diikuti ahli astronomi dan ilmu falak menunjukkan sudah ada enam rujukan untuk awal Ramadan, berdasar hasil hisab sampai Kamis pekan lalu. Mayoritas mengarah 1 Ramadhan pada 21 Juli 2012.

Sementara Muhammadiyah menggunakan dasar hukum wujudul hilal karena bulan atau hilal sudah wujud 1,47/ 1,58 derajat. Artinya, hari pertama puasa bisa dimulai pada Jumat 20 Juli 2012.


Sementara itu pemerintah seperti biasa akan menuggu hasil sidang isbat. “Kami sudah mengira bahwa dalam penetapan awal puasa ini tidak akan satu suara. Namun, yang pasti pemerintah akan tetap menunggu hasil sidang isbat untuk menetapkan awal puasa Ramadhan tersebut,” ungkap Suryadharma di Jakarta.

Menanggapi soal perbedaan penetapan awal puasa Ramadhan, Suryadharma menerangkan, perbedaan penetapan awal puasa Ramadhan ini disebabkan karena kelompok-kelopok atau ormas Islam yang ada memiliki kriteria tersendiri dalam menentukan awal puasa tersebut. Sehingga, pemerintah pun juga tidak bisa memaksakan walaupun pemerintah sangat ingin jika penetapan awal puasa ini bisa diputuskan secara bersamaan.