Cara Mengatasi Gangguan Tidur

Cara Mengatasi Gangguan Tidur – Tidur merupakan cara alami tubuh untuk mengembalikan kebugaran dan menjaga ketahanannya, namun akibat rutinitas tidak sedikit orang yang mengalami gangguan dalam tidurnya atau yang lebih dikenal dengan insomnia.

Sulit tidur atau insomnia merupakan ketidakmampuan untuk mendapatkan waktu tidur yang tepat. Akibatnya, anda tidak terbangun dengan perasaan segar. Sulit tidur pun sebenarnya merupakan gejala dari masalah lain yang dapat menjadi penyakit dengan sendirinya

Kurangnya waktu tidur merupakan gejala dari suatu penyakit dapat disebabkan karena beberapa masalah seperti kelelahan, obat, asupan kafein berlebihan, stres, atau gangguan tidur.

Hal ini tidak ditandai dengan berapa banyak Anda tidur, namun seberapa banyak tidur yang Anda butuhkan untuk menyegarkan diri.

Seseorang orang mungkin cukup tidur hanya dua hingga tiga jam per hari, sementara orang lain mungkin membutuhkan setidaknya delapan hingga sembilan jam tidur per hari. Waktu tidur bervariasi pada setiap individu.

Lamanya Anda mengalami gangguan tidur juga penting utnuk diperhatikan. Bagi mereka yang mengalami gangguan tidur berlangsung selama kurang dari satu pekan diklasifikasikan sebagai insomnia. Sementara yang berlangsung selama hingga dua pekan karena insomnia jangka pendek dan mereka yang berlangsung selama lebih dari tiga pekan dikenal sebagai insomnia kronis

Akibat gannguan tidur

Jika tidak segera diatasi, gangguan tidur atau insomnia dapat mengakibatkan konsekuensi tertentu seperti

1.      Timbul sejumlah masalah kesehatan
Kurangnya masa tidur dapat memicu gangguan kesehatan mental bipolar atau manik depresi yang berarti perubahan suasana hati pasien antara suasana hati yang sangat baik atau sangat buruk.

2.      Insomnia dan paranoia bisa saling terkait
Paranoia merupakan proses pikiran irasional atau gangguan mental yang sering ke titik ilusi. Insomnia atau sulit tidur menyebabkan pikiran paranoid dalam individu sehingga membuka jalan bagi kegilaan.

3.      Tidak Konsentrasi
Kurangnya waktu tidur mengakibatkan gangguan memori dan kurangnya konsentrasi

4.      Mengakibatkan gelisah, hiperaktif, dan impulsif.
Efek dari tidur tidak terbatas pada orang dewasa saja, tetapi juga pada anak-anak. Anak-anak dengan jumlah yang kurang tidur lebih sering didiagnosis dengan masalah perilaku seperti gelisah, hiperaktif, dan impulsif.



Cara Mengatasi Gangguan Tidur

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi gangguan tidur atau insomnia. Salah satunya dengan obat tidur. Obat tidur dapat membantu menginduksi tidur dalam jangka pendek tetapi memiliki efek yang merugikan pada tubuh. Apa yang terjadi ketika Anda mengambil obat tidur?

1.      Ketergantungan
Setelah terbiasa minum obat tidur, seseorang akan bergantung padanya secara fisik dan emosional. Singkatnya, Anda tidak akan bisa tidur tanpa minum obat pada waktu tidur.

2.      Napas perlahan dan kurang dalam
Obat tidur membuat seseorang bernapas perlahan dan kurang dalam. Obat-obat ini tidak sehat untuk pasien asma. Orang dengan gangguan pernapasan juga harus menghindari minum pil yang menginduksi tidur.

3.      Mempengaruhi nafsu makan
Minum obat tidur mempengaruhi nafsu makan. Gangguan dari ritme sirkadian karena mengonsumsi obat tidur menyebabkan perubahan dalam semua fungsi metabolisme, terutama nafsu makan.

4.      Parasomnia
Parasomnia adalah efek samping yang umum dari beberapa obat tidur yang kuat. Misalnya, Anda akan melihat dinding gemetar dan kepala berputar.

5.      Mimpi aneh
Selama tidur diinduksi, seseorang mungkin mendapat mimpi yang tidak biasa seperti berjalan dalam tidur, ketidakstabilan, bercinta atau berjalan di tanah.

6.      Lemas hingga pingsan
Efek samping lain dari obat tidur antara lain pingsan, sakit kepala dalam, pusing di pagi hari, haus, kelelahan dan lemas.

7.      Minum obat tidur pakai alkohol bisa mematikan
Beberapa orang minum obat tidur dengan jus atau minuman beralkohol. Salah satu efek samping dari minum obat tidur dengan alkohol adalah berbahaya bagi tubuh dan juga bisa menyebabkan kematian. Juga hindari mencampur obat tidur dengan jus jeruk.

Lalu bagaimana cara yang terbaik utnuk mengatasi sulit tidur

1.      Tidur saat anda nyaman
Tidur selama Anda butuhkan untuk merasa segar. Jangan memaksakan diri untuk tidur. Tidurlah saat Anda merasa nyaman. Hiasi kamar tidur Anda sesuai dengan suasana hati Anda. Sesuaikan juga lampu dengan benar untuk tidur yang baik.

2.      Hindari kafein
Hindari minuman kafein sebanyak mungkin pada siang hari dan tidak merokok merupakan elemen untuk mengatasi gangguan waktu tidur.

3.      Olahraga teratur
Olahraga secara teratur dan jangan mencoba untuk melewatkan makan setiap saat sepanjang hari.

4.      Meditasi
Meditasi membantu dalam relaksasi tubuh dan pikiran sehingga membuat kita bebas stres yang merupakan elemen prasyarat yang diperlukan untuk tidur nyenyak.

5.      Makanan dan Minuman untuk tidur pulas
Ada beberapa jenis makanan yang bisa membantu kita mendapatkan tidur berkualitas. Apa saja ? bisa baca di Makanan dan Minuman untuk Mendapatkan Tidur Pulas

6.      Obat herbal
Jika anda terpaksa untuk mengkonsumsi obat untuk membantu tidur, sebaiknya pilih obat herbal seperti BIJI PALA.

Biji Pala merupakan salah sat herbal yang bermanfaat untuk memperbaiki gangguan tidur, memperpanjang waktu tidur, mencegah Parkinson dengan perbaikan waktu tidur.

Anda bisa mengkonsumsi baik berupa SERBUK maupun yang KAPSUL

7.      Keheningan
Banyak orang merasa terganggu dengan suara-suara berisik saat hendak tidur di malam hari. Oleh sebab itu, Anda harus belajar untuk menyesuaikan diri dengan suara itu. Sebuah solusi mudah yang dapat Anda lakukan adalah dengan memakai earphone dan mainkan musik yang menenangkan yang dapat membuat tidur Anda semakin nyenyak.

8.      Mandi air hangat
Mandi air hangat tepat sebelum Anda tidur adalah cara terbaik untuk bersantai dan mengurangi stres tubuh. Tubuh pun akan terasa lebih santai dan tenang.

9.      Buka jendela
Sulit untuk tidur di kamar yang pengap dengan jendela yang tertutup. Cara mudah untuk tertidur pulas adalah dengan membuka jendela dan membiarkan angin malam masuk dan menenangkan Anda.