Gempa Sukabumi 4 Juni 2012

Gempa Sukabumi 4 Juni 2012 – Gempa bumi dengan kekuatan 6,1 SR terjadi semalam tepatnya pada pukul 18.18 WIB. Gempa yang diketahui berpusat di 7,99 Lintang Selatan (LS) dan 106,19 Bujur Timur (BT) pada kedalaman 24 kilometer tersebut sangat terasa di daerah Kabupaten Sukabumi. Gempa tersebut juga terasa hingga ke sejumlah wilayah antara lain Jakarta, Depok, Bogor, Bekasi, Cianjur, Bandung.

Gempa tersebut membuat warga di daerah Sukabumi panik, mereka berhamburan keluar dari bangunan. Salah satunya Triani seorang ibu muda berumur 33 tahun, ia lari terbirit-birit dari dalam pusat perbelanjaan di Kota Sukabumi sambil menggendong bayinya.


Tercatat dua rumah roboh dan dua anak terluka di Dusun Nanggela, Kecamatan Tegal Bulet, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Dua korban tersebut atas nama Imaliyah (6) dan Fitri (12). Keduanya sudah dibawa ke puskesmas setempat untuk mendapatkan perawatan.

Menurut Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, gempa bumi tersebut akibat pertemuan lempeng bumi atau dikenal dengan istilah gempa subduksi,