10 Cara Ampuh Atasi Kebiasaan Mendengkur

10 Cara Ampuh Atasi Kebiasaan Mendengkur – Mempunyai kebiasaan mendengkur atau lebih dikenal dengan ngorok tidak hanay menjadi sesuatu memalukan tapi juga menjadi sesuatu yang mengganggu, terutama orang yang berada di sekitar anda. Tidak hanya itu saja, dalam jangka panjang mendengkur bisa mengakibatkan tekanan darah tinggi , gangguan jantung dan stroke.

10 Cara Ampuh Atasi Kebiasaan Mendengkur

Berikut Cara Ampuh Atasi Kebiasaan Mendengkur

1.      Dengarkan dan pelajari
Orang yang mendengkur umumnya tidak sadar bahwa dia memiliki kebiasaan ini. Orang pertama yang mengetahui hal ini ialah pasangan Anda. Sesungguhnya hal ini justru menguntungkan karena orang yang tidur sendiri umumnya tak akan mengetahuinya. Jika Anda sudah tidur selama delapan jam namun tetap merasa tidak segar, kemungkinan penyebabnya ialah mendengkur.

Saat sesuatu menghalangi napas Anda, otot tenggorokan terlalu rileks atau terjadi sesuatu yang menyempitkan saluran pernapasan. Jaringan di bagian atas saluran napas Anda bergetar menyebabkan suara-suara keras. Pergilah ke dokter untuk mengetahui penyebab pasti Anda mendengkur.

2.      Turunkan berat badan
Bila berat badan berlebih dan menyebabkan sempitnya saluran pernapasan, hal itu yang memicu Anda mendengkur. Penelitian mengenai kebiasaan mendengkur telah menemukan bahwa umumnya yang mengalami hal ini ialah pria dan orang dengan berat badan berlebih.

Menurut Clete Kushidam M.D direktur Stanford Sleep Medicine Centre, turunnya berat badan akan mengurangi volume dan frekuensi mendengkur Anda. Turunnya berat juga baik untuk kesehatan. Anda mungkin harus mengurangi setidaknya 10 persen dari berat tubuh untuk menemukan perbedaan dari kebiasaan mendengkur Anda, kata Nina Kolstanginova, M.D, dari Hamden Sleep Disorder Center of Connecticut.

Baca: Cara Menurunkan berat Badan

3.      Berhenti merokok
Selain berat badan berlebih, merokok juga biasa ditemukan di antara orang yang mendengkur. Nikotin dapat menyebabkan infeksi pada tenggorokan dan melemahkan jaringan pada saluran napas dan akhirnya memicu kebiasaan mendengkut, kata Dr. Kolstanginova. Untuk membantu menghilangkan kebiasaan mendengkur, sebaiknya hentikan kegemaran merokok Anda.

4.      Segera obati infeksi
Seperti halnya alergi, infeksi saluran pernapasan dapat menyebabkan inflamasi, mempersempit jalan udara, dan membuat iritasi pada jaringan pernapasan, semua ini dapat memicu Anda mengalami dengkuran. Untuk menguranginya, pergilah ke dokter dan obati infeksi setiap kali muncul.

5.      Tidur menyamping
Tidur tengkurap merupakan larangan bagi orang yang mendengkur. Pada posisi ini, lidah secara menutupi saluran tenggorokan dan mempersempit saluran pernapasan. Cobalah untuk mengubah kebiasaan tidur tengkurap ini dengan cara memakai celana yang berkantung di depan, kemudian masukkan bola tenis di dalamnya. Ini akan membuat Anda tidak nyaman saat tidak sengaja kembali ke posisi tengkurap tersebut.

6.      Jangan terlalu memaksa diri untuk bekerja terlalu keras
Jangan bekerja terlalu keras sehingga menyebabkan kelelahan  tubuh. Tubuh yang alami kelelahan sebabkan yang bersangkutan mendengkur.

7.      Bersihkan saluran napas
Biasakan setiap hari membersihkan saluran nafas terutama rongga hidung yang dilakukan sebelum tidur malam.

8.      Letakkan kepala lebih tinggi
Letakkan kepala lebih tinggi dengan diganjal dengan bantal atau tangan  sehingga memperlancar aliran pernafasan.

9.      Hindari makanan berlemak
Hindari makanan yang kaya akan lemak sebelum tidur.

10.  Kunyit dan madu
2 herbal ini dipercaya bisa mengatasi masalah dengkuran. Cara, 2 ruas Kunyit/Kunir dicuci bersih lalu digecek pipih. Lalu campurkan dengan 2 sendok makan Madu. Aduklah hingga campuran Kunir dan madu itu merata dan lengket. Minumlah seminggu berturut-turut dengan aturan minum 1 hari satu gelas. Pasti kebiasaan mengorok saat tidur anda akan hilang.