10 Cara Mengatasi Bau Kaki

10 Cara Mengatasi Bau Kaki – Tentu sangat memalukan jika anda melepas sepatu lalu muncul bau yang tidak sedap dari kaki anda. Tidak hanya anda saja yang akan terganggu, orang lain tentunya juga akan terganggu. Ada beberapa cara yang bisa mengatasi bau kaki. Apa saja ?....

10 Cara Mengatasi Bau Kaki

Berikut 10 Cara Mengatasi Bau Kaki

1.      Jaga kaki tetap kering
Cara terbaik untuk mencegah kaki Anda mengeluarkan bau yang tidak sedap adalah menjaganya agar tetap kering. Setelah mandi, keringkan kaki Anda dengan handuk, terutama pada sela-sela jari kaki. Anda juga dapat menaburkan bedak anti jamur pada kaki agar tetap kering dan mencegah bau kaki akibat pertumbuhan jamur.

2.      Gunakan Antiperspirant pada telapak kaki
Antiperspirant adalah sediaan kosmetika yang digunakan untuk maksud mempersempit pori sehingga mengurangi keluarnya keringat. Antiperspirant tidak hanya bisa digunakan untuk mengatasi bau pada ketiak, tetapi juga dapat diterapkan pada telapak kaki. Antiperspirant berfungsi untuk memblok saluran yang menuju ke kelenjar keringat. Hal ini membantu mencegah keringat mencapai kulit dan membantu mengurangi bau.

3.      Cuci kaki dengan air dan baking soda
Tambahkan sedikit baking soda untuk sabun dan air ketika Anda mencuci kaki. Baking soda tidak akan mengurangi keringat, tetapi dapat mengurangi jumlah bau yang dihasilkan. Selain menggunakannya untuk mencuci kaki Anda, baking soda dapat pula Anda gunakan untuk untuk mencuci sepatu dan kaus kaki. Baking soda itu akan membantu menyerap sebagian bau yang tidak menyenangkan.

4.      Konsumsi suplemen Zinc dan Magnesium
Kekurangan mineral dapat menyebabkan berbagai gejala, termasuk satu yang mungkin akan mengejutkan Anda. Kekurangan mineral tertentu, seperti seng dan magnesium, dapat menyebabkan peningkatan bau badan, menurut para ilmuwan di Columbia University. Anda dapat meningkatkan zinc dalam diet Anda dengan mengonsumsi makanan, seperti daging sapi, salmon, biji labu dan yogurt. Sumber magnesium pada makanan bisa ditemukan pada beras merah, kacang hitam dan kacang almond. Namun sebelum mengambil suplemen itu, sebaiknya Anda berbicara terlebih dahulu dengan dokter.

5.      Pakailah kaus kaki
Kaus kaki bukan hanya sekedar kebutuhan fashion saja, tetapi fungsinya untuk menyerap keringat pada kaki. Jika Anda tidak menggunakan kaus kaki ketika memakai sepatu, keringat akan terjebak di antara jari kaki dan menyebabkan pertumbuhan jamur penyebab bau kaki.

Jika Anda tidak dapat mengenakan kaus kaki, gunakanlah antiperspirant di bawah kaki dan di antara jari-jari kaki sebelum Anda pergi beraktivitas di luar rumah. Tujuannya adalah mencegah tumbuhnya jamur karena kondisi kaki yang lembab akibat keringat.

6.      Taburkan bedak pada sepatu Anda
Taburkan bedak tabur pada bagian dalam sepatu Anda sebelum dan setelah Anda memakainya. Sepatu yang disimpan dalam rak juga bersifat lembab, sehingga akan menyebabkan bau kaki jika Anda memakainya. Selain itu, rajinlah mencuci sepatu agar bakteri dan jamur tidak betah menghuni sepatu Anda yang bersih.

7.      Masukan kertas pengering ke dalam sepatu
Menempatkan kertas pengering di sepatu mungkin tampak aneh, tetapi hal ini dapat membantu menyerap bau kaki. Lembar pengering akan membantu menghilangkan bau busuk dan menjaga sepatu Anda tetap berbau segar.

8.      Mengganti sepatu sesering mungkin
Mengganti sepatu sebanyak mungkin dapat membantu mengurangi bau tak sedap pada kaki. Paling tidak, cobalah untuk menghindari mengenakan sepasang sepatu yang sama dua hari berturut-turut. Ketika sepatu Anda basah dari keringat, dibutuhkan beberapa jam untuk benar-benar kering.

9.      Cek Jamur
Cek kemungkinan adanya infeksi jamur di antara jari dan bagian bawah kaki. Bila terlihat ada warna kemerahan atau kulit kering, gunakan produk perawatan untuk kaki atau bisa juga berkonsultasi dengan dokter mau pun petugas keseha

10.  Konsultasi dengan dokter
Jika keringat di kaki Anda masih tetap tidak terandali dan bau kaki makin parah, Anda perlu berkonsultasi ke dokter. Biasanya dokter akan menyarankan Anda mengambil Drysol, yaitu resep anti-keringat dalam bentuk rol bola khusus yang diformulasikan untuk mengurangi jumlah keringat pada kaki Anda.