13 Cara Mudah Meningkatkan Percaya Diri

13 Cara Mudah Meningkatkan Percaya Diri – Percaya diri sangatlah penting dalam mencapai kesuksesan. Namun adakalanya tingkat PD kita drop karena suatu hal. Jika itu terjadi maka anda harus segera mencari solusinya agar anda kembali berjalan maju. Cara cara ini mungkin bisa membantu meningkatkan percaya diri anda.

13 Cara Mudah Meningkatkan Percaya Diri

Berikut 13 Cara Mudah Meningkatkan Percaya Diri

1.      Bicaralah kepada diri sendiri seperti berbicara dengan seseorang yang Anda kagumi
Anda perlu mengendalikan dialog di dalam diri Anda dan menekankan bahwa perkataan Anda itu memiliki kekuatan dan sungguh-sungguh berguna.

2.      Tulislah hal yang Anda syukuri di penghujung hari Anda
"Kebahagian Anda akan meningkat dalam waktu satu minggu," jelas Andy Edwards, owner Nine5Three. Ditambahkannya, hasil risetnya menunjukan bahwa bila Anda fokus pada hal-hal baik, maka cara pandang Anda juga akan lebih baik.

3.      Gerakan untuk PD lebih baik
Berdiri tegak dan rentangkan kedua tangan lurus sejajar bahu selama dua menit. Rasa percaya diri Anda akan lebih baik.Carol Kinsey Goman menjelaskan bahwa "posisi yang menunjukan kekuatan" ini akan meningkatkan zat testosteron Anda.

4.      Olahraga
Sama halnya penampilan, kebugaran fisik pun memiliki efek besar pada rasa percaya diri. Anda tidak harus bertubuh ideal, punya bodi seperti binaragawan, dan sebagainya. Yang penting, jaga kesehatan dan kebugaran tubuh, serta rajin olah raga. Memiliki disiplin untuk berolah raga tidak hanya membuat Anda merasa lebih baik, tapi juga menciptakan momentum positif pada diri Anda sepanjang hari.

5.      Pelajari satu keterampilan baru
Rick Sweitzer dari situs PolarExplorers.com mengatakan bahwa otak manusia akan mulai membentuk koneksi baru secara cepat apabila berada dalam suatu kondisi yang intense.

6.      Pujian orang lain
Ketika kita berpikir negatif tentang diri kita, kita sering merasa bahwa itu adalah pandangan orang lain tentang diri kita. Lalu kita merasa diremehkan, dihina, dan sebagainya.

Untuk memecahkan siklus negatif seperti ini, coba biasakan diri memuji orang lain. Hindari gosip atau membicarakan kejelekan orang lain di belakangnya. Lambat-laun, orang-orang akan menyukai Anda, dan ini bisa meningkatkan rasa percaya diri. Fokus pada hal-hal yang terbaik saja pada orang lain, akan membantu anda keluar dari lingkaran negatif tersebut.

7.      Lakukan sesuatu secara konsisten selama 30 hari
Vinay Parmar dari vinayparmar.co.uk menjelaskan bahwa diperlukan paling tidak 21 kali kegiatan repetitif agar otak Anda menjadi "terprogram" dan menjadikan tindakan itu sebagai suatu "nilai-nilai".

8.      Cari dan temukan lingkungan yang tepat
Cari dan temukan lingkungan yang dapat membantu self esteem / percaya diri anda berkembang dengan memperbanyak membaca buku-buku positif ataupun buku tentang motivasi dan bergaullah dengan orang-orang yang positif.

9.      Buat target dalm skala kecil
Tentukan arah dan tujuan hidup anda dengan membuat goal-goal kecil yang akan mengantarkan anda mencapai tujuan karena sebuah goal besar merupakan rangkaian dari goal-goal kecil yang anda capai.

10.  Selalu berpikiran positif
Dengan anda berpikiran positif dan berpikiran jauh kedepan bahwa anda akan sukses melewati hal tersebut dengan sukses, maka anda akan sukses melewatinya. Ini akan menstimulus pikiran sadar dan bawah sadar anda untuk ikut pula mendukung kegiatan anda.

11.  Kenali yang akan anda hadapi
Seorang penyanyi yang pertama kali akan manggung di sebuah panggung yang megah sebisa mungkin datang sebelum mulai acara, untuk sekedar check sound ataupun melihat-lihat kondisi sekitarnya.

12.  Jangan takut gagal
Dengan anda takut gagal maka kamu sudah gagal menjalankan poin-poin menjadi seorang dengan kepercayaan diri.

13.  Jangan terlalu bergantung pada orang lain
Mulailah dengan menjai diri sendiri dan tidak bergantung pada orang lain. Katakan kalo kamu bisa!!