5 Langkah Mulai Usaha Sendiri

5 Langkah Mulai Usaha Sendiri – Memiliki bisnis atau usaha sendiri memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri, namun jika keinginan anda untuk mulai usaha sendiri sudah bulat, maka segeralah mewujudkannya.

5 Langkah Mulai Usaha Sendiri

Berikut 5 Langkah Mulai Usaha Sendiri

1.      Tentukan Jenis Usaha
Yang pertama kali harus ditentukan adalah jenis usaha yang akan dijalankan seperti apa. Setelah sudah mengetahuinya, maka Anda akan mendapatkan bayangan berapa kira-kira modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha tersebut.

2.      Modal
Modal yang cukup tinggi dapat membantu Anda merintis usaha, seperti menyewa gedung, beli berbagai macam peralatan yang dibutuhkan, atau bahkan untuk mengakuisisi perusahaan kecil. Apabila Anda menjalin hubungan yang baik dengan pihak bank, bisa menjadi sumber modal yang mudah untuk didapatkan.

3.      Pikirkan Tentang Keuntungan
Langkah selanjutnya sebaiknya Anda pikirkan secara matang apakah usaha yang akan digeluti nantinya bisa mendapatkan keuntungan yang banyak atau tidak. Lalu pikirkan juga bagaimana cara mengembalikan uang yang Anda pinjam kepada bank untuk modal bisnis Anda. Belum lagi berbagai macam tagihan lainnya seperti membayar sewa gedung, pajak dan lain sebagainya. Jadi jangan sampai Anda salah menentukan jenis usaha yang akan dijalankan.

4.      Lokasi yang Tepat
Lokasi sangat memegang peranan yang penting. Jadi jika berencana membeli atau menyewa tempat untuk bisnis yang akan digeluti, Anda harus memilih lokasi yang tepat dan sesuai. Misalnya, Anda berniat untuk membuka restoran di Jakarta, jadi sebaiknya carilah lokasi yang strategis dan memungkinkan orang untuk mengunjungi restoran Anda.

5.      Pikirkan Jangka Pendek dan Panjangnya
Agar bisnis dapat berjalan dengan sukses, Anda butuh rencana jangka pendek dan panjangnya. Tuliskan dengan jelas apa saja target pencapaian yang ingin dicapai dalam waktu dekat dan apa yang akan dilakukan selanjutnya untuk memperluas bisnis Anda.