7 Tips Mengatasi Konflik Rumah Tangga

7 Tips Mengatasi Konflik Rumah Tangga – Kehidupan di dalam sebuah pernikahan tidak selamanya indah, adakalanya terjadi masalah atau konflik di dalamnya. Jika hal itu terjadi, maka anda harus segera menyelesaikannya. Meyimpan masalah terlalu lama bisa membuat kehidupan pernikahan anda berada di ujung tanduk. Lalu bagaimana cara mengatasi konflik rumah tangga ?

7 Tips Mengatasi Konflik Rumah Tangga

Berikut 7 Tips Mengatasi Konflik Rumah Tangga

1.      Berusaha Menyelesaikan Masalah
Ketika kehidupan pernikahan selalu diwarnai pertengkaran, jangan sampai Anda dikendalikan oleh emosi. Hal tersebut hanya akan akan memperburuk keadaan.

"Ketika berada dalam masalah, dan merasa dalam tekanan, kemudian Anda marah pada orang-orang sekitar, yang Anda dapatkan akhirnya adalah perasaan kesepian dan terisolasi," ungkap Dr. Phill. Daripada Anda marah-marah, lebih baik bicarakan dengan pasangan dan berusaha menyelesaikannya bersama.

2.      Identifikasi stres dalam hubungan Anda
Pekerjaan sehari-hari, perekonomian yang tidak stabil, permasalahan rumah tangga seringkali membuat stres. Namun jangan sekali-kali Anda meluapkan kekesalan dengan memarahi pasangan. Jika Anda terus menyalahkannya atas kondisi yang sedang terjadi, maka Andalah yang membuat konflik pada kehidupan rumah tanga. Kenali hal-hal yang mengganggu pikiran, diskusikan dengan pasangan dan carilah solusi terbaik bersama.

3.      Mengatasi Ketakutan
Tak hanya wanita, pria pun memiliki ketakutan untuk melakukan yang terbaik bagi pasangan. Tuntutan untuk menjadi seorang pria sejati yang dapat melindungi keluarga, bisa menjadi beban bagi suami. Dr. Phill menganjurkan untuk membicarakan rasa takut itu bersama, sehingga Anda sebagai istri dapat menghargai pasangan dalam keadaan senang maupun susah.

4.      Memiliki Integritas Emosional
Komunikasi yang efektif dimulai dari kejujuran. "Katakan apa yang ingin Anda ungkapkan, dan jangan diungkapkan jika Anda tidak bermaksud demikian," jelas Dr. Phill. Terbukalah dengan segala masukan dari pasangan, walaupun itu harus mengorbankan ego Anda.

5.      Bersedia Meminta Bantuan
Segala sesuatu yang dikerjakan bersama akan terasa lebih mudah, begitu pula dalam urusan rumah tangga. Jadi jangan pernah malu untuk meminta bantuan kepada pasangan jika Anda merasa tidak mampu menyelesaikan masalah. Utamakan untuk mengandalkan pasangan Anda terlebih dahulu sebelum meminta tolong kepada orang lain agar pasangan merasa dihargai.

6.      Membuat Daftar
Buatlah daftar apa yang menjadi prioritas Anda berdua. Tidak hanya uang tapi juga bicarakan seperti rencana kedepan, tujuan hidup dari masing-masing pihak agar merasa saling dihormati dan didengar. "Seperti menggabungkan dua perusahaan yang berbeda, Anda harus membuat daftar untuk menyenangkan kedua belah pihak, dan terkadang Anda juga perlu untuk melakukan rapat bersama," kata Dr. Phill.

7.      Memiliki Rencana
Mimpi dapat memotivasi Anda melakukan apapun, tapi terlalu banyak bermimpi tanpa memikirkan hal realistis yang ada disekitar juga bukan hal yang baik. Dr Phill mengatakan, "Perbedaan antara mimpi dan rencana adalah garis waktu".

Tanyakan pada diri Anda sendiri, 'apakah mimpi itu bisa diwujudkan?' Lebih baik, buatlah rencana yang lebih realistis bagi Anda dan pasangan agar kedua belah pihak merasa terpacu namun tak terbebani.