13 Tips Bisa Hemat Rp 1 Juta Tiap Bulan

13 Tips Bisa Hemat Rp 1 Juta Tiap Bulan – Mengatur keuangan tiap bulan merupakan perkara yang susah susah mudah. Butuh rencana keuangan atau belanja yang matang agar uang bulanan anda lenyap tidak berbekas. Tips berikut ini mungkin bisa membantu anda dalam menghemat uang bulanan anda.


Berikut 13 Tips Bisa Hemat Rp 1 Juta Tiap Bulan

1.      Jangan jajan kopi tiap hari
Buat kopi sendiri di rumah atau kantor maka Anda hanya perlu mengeluarkan Rp 100.000-350.000 per bulan. Bandingkan jika Anda setiap hari membeli satu atau dua gelas kopi di gerai seperti Starbuck. Jika segelasnya berkisar Rp 30.000-60.000 maka pengeluaran jajan kopi Anda setiap bulan bisa mencapai Rp 1 juta lebih.

2.      Bawa botol minum sendiri
Daripada setiap hari beli air mineral atau air oksigen di minimarket seharga Rp 3.000-10.000, bawa botol minum sendiri yang bisa diisi ulang di rumah dan kantor. Atau kalau mau sedikit repot sekaligus 'investasi', beli alat filter air yang bisa mengubah air ledeng jadi air minum. Ini juga bisa menghemat pengeluaran membeli galon air mineral. Cara ini bisa menghemat hingga Rp 800.000 per bulan.

3.      Beli yang sedang musim
Saat belanja bahan makanan atau buah, perhatikan waktunya. Cari yang sedang musimnya supaya dapat harga lebih murah.

4.      Jangan buang buang makanan
Ingatlah masa kadaluarsa setiap bahan makanan yang Anda beli. Ratusan ribu uang bisa terbuang percuma jika sayur, daging dan bahan makanan lain terlanjur rusak sebelum Anda sempat memasaknya. Menurut Natural Resources Defense Council, rata-rata warga Amerika membuang makanan senilai US$ 40 (Rp 380.000) atau setara 15 kg setiap bulannya.

5.      Beli ukuran besar
Hati-hati dengan produk-produk berkemasan praktis. Memang lebih mudah jika beli snack dalam kemasan kecil. Tidak memenuhi ruang di tas. Tapi kepraktisan ini mengenakan biaya lebih mahal, sekitar 40% dari harga bahan baku. Lebih baik beli kemasan reguler atau ukuran jumbo, lalu Anda bagi-bagi sendiri ke porsi lebih kecil menggunakan wadah yang bisa dipakai berulang kali.

6.      Jangan lihat merk
Coba beralih ke merek yang lebih murah atau lirik produk keluaran swalayannya. Menurut studi dari Private Label Manufacturers Association, selama enam minggu konsumen bisa menghemat 33% uang belanja reguler jika tidak memilih produk bermerek langganannya. Persentase ini setara dengan penghematan hingga Rp 300,000 per bulannya.

7.      Hindari makanan beku
Mungkin Anda kira dengan membeli makanan beku yang bisa dimasak berkali-kali dalam waktu lama akan lebih hemat. Tapi tetap saja, ternyata membuat masakan dari bahan baku segar lebih murah. Dan lebih sehat tentunya.

8.      Manfaatkan kupon diskon
Tak ada yang salah dengan kupon diskon karena memang Anda bisa menghemat lumayan banyak. Tidak perlu malu menggunakannya karena ternyata yang paling banyak menggunakan kupon diskon adalah golongan menengah atas.

9.      Kurangi saluran TV berbayar yang jarang ditonton
Banyak orang membayar mahal untuk TV kabel tiap bulan, padahal tidak semua salurannya ia tonton. Secara rata-rata, orang hanya menonton lima saluran favorit saja, jadi mengapa harus membayar lebih?

Atau Anda bisa menghentikan sama sekali layanan TV berbayar. Masih banyak rumah tangga yang hanya mengandalkan siaran televisi swasta, dan mereka sama sekali tidak keberatan dengan itu.

10.  Jangan sering ganti kendaraan
Menurut survey terakhir, masyarakat dengan tingkat menengah dan menengah ke atas setidaknya membeli mobil empat kali dalam masa hidupnya. Rawatlah kendaraan Anda dengan baik sehingga tidak perlu membeli mobil atau motor dalam empat atau lima tahun sekali. Jika memang terpaksa mengganti kendaraan, mobil atau motornya tidak melulu harus baru. Banyak juga kendaraan bekas dengan harga lebih murah yang kualitasnya masih sama seperti baru.

11.  Mengurangi penggunaan data di ponsel
Ada trik untuk bisa mengurangi penggunaan data, seperti menonaktifkan push email secara otomatis, menggunakan Wi-Fi daripada bukan 3G dan lain-lain.

12.  Kurangi makan di restoran/cafe
Jangan dianggap remeh, dengan makan masakan rumah Anda bisa menghemat cukup banyak tiap bulan. Jika rata-rata tiap makan di restoran atau cafe satu orang bisa menghabiskan Rp 100.000, bandingkan dengan masa di rumah yang menghabiskan kurang dari Rp 50.000 sekali makan.

13.  Menabung untuk masa pensiun
Bagaimana caranya untuk memulai hal ini? Pertama, cari jenis simpanan yang cocok bagi Anda. Setelah itu tentukan dana yang ingin Anda sisihkan setiap bulannya, lanjutkan dengan menambah jumlah simpanan sebanyak 2% saja tiap bulannya.