Daftar Nutrisi Sesuai dengan Keadaan Hati

Daftar Nutrisi Sesuai dengan Keadaan Hati - Siapapun pasti mengalami situasi hati atau mood yang sering berubah, apalagi bagi seorang wanita. Salah satu solusi untuk mengatasi perubahan mood adalah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung nutrisi yang tepat. Apa saja itu ?

Daftar Nutrisi Sesuai dengan Keadaan Hati

Berikut Daftar Nutrisi Sesuai dengan Keadaan Hati

1.      Nutrisi saat sedang sedih
Ketika Anda sedang sedih, cobalah mengonsumsi makanan ringan yang rendah protein, rendah lemak tapi tinggi karbohidrat. Alasannya karena ketika makanan tinggi karbohidrat tidak terhambat oleh protein atau lemak, maka asam amino triptophan akan meningkat di otak dan berubah menjadi serotonin, yaitu neurotransmiter yang menstimulasi suasana hati dan membatasi keinginan makan (carving). Anda bisa mengonsumsi, popcorn, havermut polos dengan sedikit susu dan madu, serta bagel (sejenis donat) dengan irisan pisang.

2.      Nutrisi saat galau

3.      Nutrisi saat sedang depresi
Perasaan tertekan dan depresi bisa diredakan makanan yang kaya dengan omega-3, yang banyak ditemukan dalam lemak sehat yaitu lemak ikan, seperti salmon, herring dan tuna.

4.      Nutrisi saat sedang bosan
Saat bosan, secangkir kopi dapat merangsang sistem saraf untuk tetap waspada dan lebih mudah berkonsentrasi. Namun, jangan membiasakan diri bergantung dengan kafein. Batasi diri untuk tidak mengonsumsi kopi lebih dari 3 cangkir (5 ons) sehari.

5.      Nutrisi saat sedang sensitif atau mudah tersinggung
Ketika Anda sedang mudah tersinggung, seperti pada wanita yang sedang mengalami PMS (pre-menstruasi syndrome), cobalah makan dengan tidak lebih dari 5000 kalori dan mengandung lebih banyak mineral tembaga. Contoh diet kaya tembaga antara lain ayam, pisang dan alpukat.

6.      Nutrisi saat sedang kelelahan berat
Orang yang mudah merasa lelah sangat mungkin mengalami kekurangan zat besi atau anemia. Anemia adalah kekurangan gizi yang paling umum di dunia dan sangat umum di kalangan wanita usia subur. Orang yang mengalami kondisi kelelahan sebaiknya banyak makan makanan yang kaya zat besi, seperti kacang, biji-bijian dan sayur-sayuran. Selain itu, zat besi juga banyak terkandung dalam udang, ikan, atau ayam tanpa kulit.



Agar mood merasa lebih baik
Kalkun, telur, makanan berprotein, salad, kol, makanan penutup, produk susu, pisang atau nanas membantu tubuh kita untuk memproduksi hormone serotonin, yaitu hormon yang dapat menenangkan atau memberikan rasa tenang. Ragi bergizi, bibit gandum, ginjal, lentil mengandung Vitamin B6 yang membantu suasana hati menjadi lebih baik dan merelaksasi tubuh.

Membuat mood menjadi senang
Coklat selain enak juga dapat memicu produksi hormon serotonin. Daging, sayuran, keju, tempe, tahu dapat mengisi ulang cadangan hormon dopamine (hormon kesenangan) Anda.

Agar berenergi
Roti, gandum, dan buah kering kaya akan karbohidrat yang menyediakan bahan bakar untuk otak Anda.

Untuk meningkatkan mood dan semangat
Kafein dalam kopi dapat merangsang dan membangkitkan mood. Namun jika berlebihan justru akan membuat Anda marah-marah dan tidak bisa tidur. Theobromine pada kakao atau cokelat juga dapat meningkatkan aktivitas norepinefrin, yaitu hormon yang dapat memberikan energi secara tiba-tiba ketika stres.

Untuk meningkatkan optimisme Anda
Omega-3 efektif melawan kelelahan fisik maupun mental dan pesimisme. Lebih baik pilih omega-3 yang berasal dari makanan laut seperti ikan makarel, herring, salmon dan tuna. Omega-3 juga terkandung dalam minyak lobak, kacang, kedelai.

Untuk mengatasi stres
Untuk mengatasi stres, konsumsilah makanan yang benyak mengandung magnesium seperti air mineral, kakao, kedelai, almond, hazelnut, walnut, lentil, dan lain-lain.