Jenis Investasi yang Cocok untuk Kaum Ibu

Jenis Investasi yang Cocok untuk Kaum Ibu – Di dalam sebuah keluarga, kaum wanita dalam hal ini ibu ibu memegang peranan penting dalam mengatur keuangan. Namun tidak sedikit kaum ibu yang tidak dapat mengelola keuangan keluarga dengan baik trutama dalam hal investasi, seperti yang dikatakan perencana keuangan dari ZAP Finance Prita Hapsari Ghozie.

"Dalam survei, 84% uang keluarga dipegang oleh kaum perempuan. Tetapi hanya 50% perempuan yang mengelola keuangannya dengan baik. Selain itu ada ungkapan, yang menentukan ekonomi Indonesia bukan semata-mata karena pemerintah tetapi perempuan dan kaum ibu," tutur Prita.

Jenis Investasi yang Cocok untuk Kaum Ibu

Prita juga mengatakan kalau setidaknya ada 4 faktor yang meyebabkan masalah keuangan di dalam sebuah keluarga, antara lain:

·       Hidup sudah merasa nyaman.
·       Terlalu bergantung pada pekerjaan.
·       Merasa punya banyak tabungan.
·       Tidak punya/terlambat dalam mengelola keuangan.

Untuk mengatasinya, Prita menambahkan setiap keluarga harus menerapkan ZAPFIN yang meliputi, zakat, asuransi, present consumption, future spending, dan investasi. Soal investasi, maka perlu disesuaikan dengan jangka waktunya.

Berikut Jenis Investasi yang Cocok untuk Kaum Ibu

-  Untuk jangka waktu 1-2 tahun cocok untuk berinvestasi pada tabungan dan deposito.

-  Untuk jangka waktu 2-5 tahun investasi yang cocok adalah sukuk ritel dengan bunga yang didapat 10% per tahun.

-  Untuk jangka waktu 5-8 tahun bisa menginvestasi pada logam mulia atau rekasa dana campuran moderat dengan suku bunga rata rata 15% per tahun.

-  Untuk jangka waktu lebih dari 8 tahun kita bisa bermain pada reksa dana campuran agresif dan saham.