Tips Mudik Aman Lebaran 2012

Tips Mudik Aman Lebaran 2012 – Anda mempunyai rencana untuk mudik lebaran tahun ini ? Jika iya, tips berikut ini mungkin bisa membantu anda dalam mudik lebaran tahun ini.

Tips mudik ini untuk anda yang ingin mudik baik dengan kendaraan sendiri maupun kendaraan umum. Bagi yang ingin mudik dengan sepeda motor, ada baiknya jika anda mengikuti program mudik gratis 2012, sehingga kecelakaan dapat diminimalkan. Untuk jelasnya bisa baca di Info Mudik Gratis 2012.

Tips Mudik Aman Lebaran 2012

Berikut Tips Mudik Aman Lebaran 2012

Persiapan Sebelum Berangkat Mudik

1.      Buat list 2 hari sebelum keberangkatan
Agar tidak ada perlengkapan yang terlupa atau terlewatkan, sebaiknya anda buat listnya 2 hari sebelum hari keberangkatan. Catat semua perlengkapan yang di butuhkan selama perjalanan mudik anda, namun jangan sampai berlebihan. Setelah selesai membuat list, anda bisa membereskan perlengkapannya pada keesokan harinya. Jangan lupa juga pastikan listrik dan peralatan elektronik lainnya sudah mati

2.      Pilih pakaian yang santai
Agar perjalanan mudik anda bisa terasa nyaman dan menyenangkan, pilihlah pakaian yang santai, yang bisa menyerap keringat dengan baik dan tentunya yang menutup aurat. Dengan begitu anda bisa relaks dan bisa menyimpan tenaga anda.

3.      Siapkan Obat
Bagi anda yang mempunyai penyakit tertentu sebaiknya siapkan terdahulu obat anda tersebut sebelum yang lainnya sehingga tidak tertinggal. Lalu bagi anda yang tidak mempunyai penyakit tertentu bisa menyiapkan beberapa obat seperti obat sakit kepala atau obat untuk mual. Anda juga bisa menambahkan beberapa vitamin khususnya vitamin C.

4.      Uang Pecahan
Ini bisa memudahkan anda dalam melakukan pembelian selama perjalanan khususnya bagi anda yang menggunakan jasa kereta api sebagai alat transportasi.

5.      Hiburan (radio, walkman atau majalah)
Bila anda berpergian sendirian sebaiknya anda membawa majalah, buku bacaan atau radio untuk menemani anda. Hindari percakapan dengan orang yang menurut anda mencurigakan. Hal ini untuk mengurangi potensi terjadinya kejahatan selama perjalanan mudik.

6.      Siapkan minuman dan cemilan
Gunakan tas kecil untuk menyimpan minuman dan cemilan seperlunya, hal ini untuk mencegah terjadinya kejahatan yang biasa menggunakan modus pembiusan melalui makanan dan minuman.

7.      Pulsa
Pastikan pulsa yang anda miliki cukup selama perjalanan, jangan sampai anda tidak bisa ke tujuan anda hanya gara gara kehabisan pulsa. Untuk memudahkan dalam pengisian pulsa, anda bisa menggunakan fasilitas ini,

Buat pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi

Setelah persiapan sudah di lakukan semuanya, berikut tips tambahan bagai para pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi.

1.      Check kondisi kendaraan anda secara menyeluruh
Bawa kendaraan anda ke tempat service resmi untuk di periksa secara menyeluruh, sehingga kendaraan anda benar benar siap untuk di pakai dalam perjalanan mudik.

2.      Check peralatan tambahan kendaraan
Peralatan tambahan yang harus anda check dan siapkan seperti dongkrak, kunci pas, obeng, tang, dll. Sehingga anda bisa dengan mudah memperbaiki kendaraan anda bila terjadi masalah sewaktu perjalanan.

3.      Check dan siapkan spare part
Spare part kendaraan yang harus anda siapkan seperti busi, lampu dan ban. Pastikan spare part tersebut ada di dalam kendaraan anda.

4.      Check Kondisi Tubuh
Jangan kendaraan saja yang anda check secara menyeluruh, kondisi tubuh anda juga perlu di check. Pastikan kondisi anda dalam keadaan fit sebelum melakukan perjalanan mudik, khususnya bagi pengemudi agar semuanya berjalan dengan baik dan lancar.

5.      Siapkan tempat khusus bagi anda yang memiliki bayi
Untuk anda yang mengikut sertakan bayi dalam perjalanan mudik, sebaiknya di siapkan sebuah tempat khusus yang nyaman dan aman untuk dirinya. Sehingga anda tidak perlu repot menggendongnya selama perjalanan.

6.      Kotak Kesehatan (P3K)
Check kembali isi kotak P3K yang anda miliki, bila terdapat obat yang sudah lama sebaiknya anda ganti dengan yang baru. Anda juga bisa menambahkan dengan obat obatan yang lain.

7.      Peta
Untuk memudahkan perjalanan, sebaiknya anda menggunakan peta sesuai dengan tujuan anda. Sebelum berangkat, anda tentukan terlebih dahulu jalan dan kota yang ingin anda lewati. Dengan begitu perjalanan anda terhindar dari kemacetan.


8.      Siapkan nomor telephon mobil derek dan service
Setiap merk kendaraan biasanya memiliki fasilitas mobile service. Jadi sewaktu kendaraan anda mengalami masalah, anda tinggal telpon fasilitas tersebut dan service pun bisa di lakukan pada saat itu juga. Anda juga harus menyiapkan nomor telpon mobil derek, sehingga apabila service in street tidak bisa di lakukan, maka anda bisa menggunakan jasa ini untuk membawa mobil anda ke tempat servicenya langsung.

Nah bagi anda yang mudik dengan kendaraan umum, mungkin beberapa hal bisa anda perhatikan.

- Waspada terhadap tindak kejahatan terutama melalui modus pembiusan atau hipnotis.
- Hindari pemberian dari seseorang yang anda tidak kenal.
- Hindari juga seseorang yang mengaku ngaku kenal dengan anda.
- Seperti yang pernah ane sebutkan sebelumnya, siapkan alat alat hiburan sehingga - pikiran anda tetap sibuk dan tidak melamun.
- Akan lebih bagus lagi jika membaca Al-Quran sepanjang perjalanan, siapa tahu anda dapat malam Lailatul Qadr.