11 Tips Agar Aki Motor Bisa Awet

11 Tips Agar Aki Motor Bisa Awet – Aki merupakan salah satu bagian penting dalam setiap jenis motor baik itu yang pakai gigi maupun yang matic. Aki merupakan sumber kelistrikan di motor. Diperlukan perawatan yang baik agar aki motor dapat awet dan tentunya tidak menyebabkan motor susah hidup.

11 Tips Agar Aki Motor Bisa Awet

Berikut 11 Tips Agar Aki Motor Bisa Awet

1. Hal pertama yang harus diperhatikan adalah permukaan cairan yang harus tetap berada antara garis permukaan atas dengan garis permukaan bawah atau cek setiap 2 bulan sekali. Jika mendapatkan cairan berada pada garis permukaan bawah tambahkan air aki hingga mencapai batas permukaan atas.

2. Hindari memodifikasi aliran listrik aki. Menyambung kabel ke aki dengan cara tidak benar menyebabkan daya listrik cepat habis. Terlebih bila sistim pengisian ke accu bermasalah.

3. Walaupun motor tersemat starter elektrik, sebisa mungkin Anda menggunakan kick starter (engkol) untuk menghidupkan mesin motor. Hal tersebut biasanya dilakukan pada pagi hari ketika hendak beraktivitas. Penggunaan kick starter di pagi hari ternyata cukup signifikan menghemat baterai aki.

4. Cara lain yang ampuh menghemat aki motor adalah perhatikan jarak antara penggunaan motor dan tidak menggunakan motor. Biasanya pengguna motor secara acak menggunakan motor.

5. Anda sebaiknya menggunakan starter engkol ketika motor tidak digunakan dalam waktu 8-12 jam. Sementara jika motor tidak digunakan dalam waktu singkat (5-7 jam), Anda bisa memanfaatkan eletrik starter.

6. Jika motor jarang dipakai, maka rajin menyalakan dan atau mengendarai motor minimal 5 menit setiap hari.

7. Lakukan servis rutin agar motor mudah dinyalakan sehingga proses menstater menggunakan motor stater lebih mudah, otomatis konsumsi aki juga lebih sedikit, sebab motor stater mengkonsumsi arus yang cukup besar.

8. Jika tegangan aki sempat dirasa menurun segera cas aki ke bengkel AHASS/bengkel khusus aki.

9. Sebaiknya tidak menggunakan aksesoris yang berlebihan contohnya klakson keong, atau lampu HID, karena konsumsinya besar.

10. Hindari goncangan fisik yang berlebihan saat berkendara, misal sering melewati jalan yang rusak dalam kecepatan cukup tinggi. Goncangan ini akan menyebabkan sel-sel di dalam aki cepat rusak.

11. Saat menstarter jika 1-2 kali tekan mesin tidak mau hidup, jangan biasakan ditekan terus menerus. Usahakan beri  jeda 5 detikan untuk memulainya kembali.