5 Jenis Herbal Untuk Berhenti Merokok

5 Jenis Herbal Untuk Berhenti Merokok – Merokok tidak hanya memberikan dampak buruk bagi si pengguna tapi juga orang lain termasuk istri atau anak, apakah anda tega ? Dari segi finansial, dengan merokok anda juga tidak sadar telah membakar uang yang anda cari dengan susah payah secara sia sia.

Sebenarnya ada beberapa cara untuk berhenti merokok, salah satunya dengan herbal. Jenis herbal apa saja yang bisa menghentikan kebiasaan merokok ?

5 Jenis Herbal Untuk Berhenti Merokok

Berikut 5 Jenis Herbal Untuk Berhenti Merokok

1.      Bunga Lobelia
Bunga Lobelia atau yang sering disebut dengan tembakau India telah dikenal sebagai obat herbal untuk mengatasi masalah pernapasan seperti asma, bronkitis, pneumonia, dan batuk.

Para peneliti menyatakan bahwa bunga lobelia merupakan tanaman pembersih paru-paru yang dapat mengurangi efek nikotin dalam tubuh.

Penggunaan obat herbal ini harus di bawah pengawasan dokter agar tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya. Dosis lobelia yang terlalu besar dapat menyebababkan mulut kering, kejang-kejang, mual dan bahkan koma.

2.      Jahe
Orang sering merasa mual ketika harus berhenti merokok karena nikotin menimbulkan reaksi penarikan. Jahe dapat mengurangi rasa mual akibat penarikan nikotin.

3.      Ekstrak bunga Rhodiola
Ekstrak rhodiola yang diminum di pagi hari dapat meningkatkan fungsi reseptor dopamin. Dopamin adalah hormon yang terkait dengan suasana hati. Jika terlalu sedikit hormon dopamin dalam tubuh, dapat menyebabkan kecemasan dan depresi.

Peningkatan fungsi reseptor dopamin dapat membuat hormon dopamin juga meningkat, sehingga orang akan merasa lebih bahagia dan energik setelah berhenti merokok, yang biasanya terjadi reaksi penarikan seperti merasa lemas.

4.      Gandum
Gandum adalah makanan yang sehat untuk jantung karena tinggi serat, asam lemak omega-3, kalium, dan folat. Makan sereal gandum dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan menjaga kesehatan arteri yang membantu menurunkan risiko penyakit jantung.

Gandum juga mengandung zat kimia yang disebut avenathramides yang dapat mengurangi stres, memperkuat sistem saraf, melawan radikal bebas dan mengatasi tekanan darah tinggi. Semua manfaat ini sangat penting bagi perokok yang berada pada risiko tinggi untuk penyakit jantung.

Dengan makan sereal gandum, perokok juga dapat terbantu karena ekstrak yang berasal dari gandum hijau dapat mengurangi gejala penarikan nikotin dan membantu mengurangi ketagihan rokok.

5.      Rokok Herbal
Rokok herbal bisa menggantikan rokok biasa dan membantu mengatasi kecanduan. Perokok terbiasa meraih sebatang rokok dalam situasi tertentu dan pada waktu tertentu di siang hari.

Kadang merokok memberikan kenyamanan tersendiri bagi perokok selain keinginan untuk menghisap nikotin semata.

Rokok herbal mengandung bahan kimia dan karsinogen yang lebih sedikit dibanding rokok biasa. Orang dapat menggantikan rokok tembakau dengan rokok herbal untuk memenuhi kebutuhan psikologisnya.

Untuk rokok herbal, anda bisa lihat lebih lengkap di Rokok Sin Herbal.

Itu 5 jenis herbal yang bisa membantu menghentikan kebiasaan merokok. Untuk cara yang lain, anda bisa baca di Tips cara Berhenti Merokok.