6 Cara Alami Mengusir Nyamuk

6 Cara Alami Mengusir Nyamuk – Siapa yang tidak merasa terganggu dengan nyamuk, hewan kecil penghisap darah ini tidak hanya menggangu tapi juga bisa menyebabkan penyakit. Obat nyamuk berbahan pestisida mungkin bisa membasmi nyamuk, namun cara tersebut dapat menempatkan pada resiko kesehatan lainnya.

6 Cara Alami Mengusir Nyamuk

Berikut 6 Cara Alami Mengusir Nyamuk

1.      Gunakan Bacillus thuringiensis v. israelensis (BT) pada genangan air
Pilihan lain untuk membatasi perkembangan nyamuk pada genangan air adalah dengan mencelupkan Bacillus thuringiensis v. israelensis (BT) yang mengapung di air dan perlahan-lahan melepaskan racun yang ampuh membunuh nyamuk dan telurnya. Selain itu, BT ini dianggap aman bagi manusia.

2.      Hindari berada di luar rumah selama jam senja dan fajar saat nyamuk paling aktif
Jika anda tidak punya keperluan yang penting, sebaiknya jangan keluar rumah selama jam senja dan fajar, sebab nyamuk sedang aktif pada waktu tersebut.

3.      Gunakan pakaian yang tepat
Jika Anda akan berada di luar ruangan untuk jangka waktu yang lama, pakailah pakaian yang menutupi seluruh kulit tubuh dan berwarna terang. Pakaian yang bertekstur anyaman rapat adalah pakaian yang terbaik untuk menghalau nyamuk.

4.      Hindari memakai parfum
Nyamuk tertarik pada wewangian seperti parfum, sehingga hindari pemakaian parfum atau produk beraroma saat berada di luar rumah.

5.      Makan bawang putih
Bawang putih melepaskan aroma khas melalui pori-pori kulit yang membuat nyamuk kebingungan untuk menemukan sasaran pada kulit tubuh Anda.

6.      Memakai minyak alami pencegah gigitan nyamuk
Berikut 4 jenis minyak alami yang efektif melindungi kulit dari gigitan nyamuk:

Minyak lemon Eucalyptus
Minyak ini dianggap sebagai salah satu pembasmi nyamuk alami yang paling efektif. Minyak lemon Eucalyptus terbukti aman dan memberikan perlindungan yang sama efektifnya dengan konsentrasi rendah dari pestisida pengusir nyamuk yang beracun beracun.

Minyak Citronella (serai)
Minyak dari serai ini biasanya ditemukan pada lapisan luar lilin dan produk kecantikan untuk kulit yang dapat menjadi alternatif yang alami untuk mencegah gigitan nyamuk. Tetapi ada kemungkinan bahwa serai dapat menyebabkan iritasi kulit pada anak-anak dan orang-orang dengan kulit sensitif, terutama jika diterapkan secara tidak benar.

Minyak kedelai
Menurut sebuah studi yang dipublikasikan dalam The New England Journal of Medicine menemukan bahwa minyak kedelai melindungi seseorang dari gigitan nyamuk lebih lama dari semua jenis perlindungan yang terbuat dari tanaman.

Minyak lavender
Wangi minyak lavender tidak disukai oleh nyamuk dan dapat ditemukan dalam berbagai produk perawatan kulit alami.