10 Tips Agar Baterai HP Awet Tahan Lama

10 Tips Agar Baterai HP Awet Tahan Lama – Selain fitur, kekuatan baterai juga menjadi pertimbangan dalam memilih sebuah handphone atau HP. Setiap vendor tentu mempunyai masing masing spesifikasi baterai yang digunakan, namun anda selaku pengguna juga harus memperhatikan cara menggunakan HP dan cara merawat baterainya, sehingga gadget anda bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama.
10 Tips Agar Baterai HP Awet Tahan Lama

Berikut ini akan dibagikan Tips Agar Baterai HP Awet Tahan Lama, semoga bermanfaat.

1.      Pengecasan pada HP baru
Anda perlu memperhatikan pengisian yang pertama ini. Kenapa harus begitu? karena semua sel dalam baterai tersebut masih baru. Biasanya untuk HP baru, baterai akan terisi secara optimal setelah 2 hingga 3 kali pengisian dan pengosongan.

Maksudnya, isi baterai baru tersebut sampai penuh dan gunakan sampai habis baru diisi kembali, sampai 2 atau 3 kali siklus, baru baterai tersebut akan mencapai titip optimalnya untuk menampung daya listrik.

Bukannya HP baru dicharge selama 8 jam ?.....Ya, memang hal tersebut sering kita dengar dari penjual HP, namun ada yang berpendapat kalau pengisian selama waktu tersebut dikhawatirkan malah akan membuat baterai anda bocor. Jadi sebaiknya isi HP anda sampai full saja.

2.      Waktu pengecasan
Charge baterai HP anda ketika kekuatan baterai tinggal 20 persen. Jangan tunggu sampai habis atau drop. Anda juga harus memperhatikan proses charge baterai, jangan sampai baterai HP anda terlalu lama di charge, hal ini akan mengakibatkan kebocoran pada baterai. Ketika tanda baterai HP penuh muncul, biasanya berupa suara, sebaiknya anda langsung copot charger anda..

3.      Menggunakan HP saat di cas
Hal ini sering dilakukan oleh para pengguna HP. Padahal secara teknis, kebiasaan ini mengakibatkan terjadi arus keluar masuk di baterai kita. Ini yang menyebabkan lamanya waktu pengisian dan akhirnya memperpendek usia baterai.

4.      Ngecas di mobil
Banyak dari kita yang suka pergi jauh, dan tidak sedikit yang ngecas HP di dalam mobilnya. Padahal pada kenyataannya, voltasi arus listrik pada mobil tidak stabil. Ini juga bisa merusak baterai HP kita jika kita lakukan secara berkala.

5.      Gunakan aplikasi seperlunya
Gunakan aplikasi yang ada di HP anda seperlunya, seperti shortcut, widget, wallpaper dan lainnya. Penggunaan aplikasi yang berlebihan dalam jangka waktu yang lama bisa mempercepta kerusakan pada baterai HP.

6.      Matikan aplikasi yang tidak digunakan
Matikan aplikasi yang sedang tidak digunakan. Contohnya; Bluetooth, Wi-Fi, screen saver, GPS dan apiikasi lainnya.

7.      Redupkan layar dan nonaktifkan getar
Redupkan layar Anda, LED yang berfungsi untuk menerangi layar akan menghabiskan banyak energi, dan kalau mungkin, jangan aktifkan getar, cukup ringtone saja.

8.      Selalu siapkan baterai cadangan
Untuk menghindari penggunakan HP saat di cas, anda bisa menyediakan baterai cadangan dan menggunakannya saat baterai anda sudah mau habis.

9.      Gunakan charger yang sesuai
Hati hati dalam menggunakan charger, gunakan selalu charger yang sesuai dengan spesifikasi HP anda.

10.  Taruh baterai HP di lemari pendingin
Ketika HP anda sudah tidak digunakan lagi, anda bisa melepas baterainya, bungkus dengan plastik yang rapat lalu masukkan ke kulkas. Taruh di bagian yang biasa saja, jangan di taruh di bagian freezer atau yang biasa buat es batu. Kemudian didiamkan sampai pagi hari.

Sebelum digunakan, biarkan baterai di suhu ruangan kira kira 1 jam. Setelah itu anda bisa memasangnya kembali ke HP anda dan lakukan charging.

11.  Jaga Suhu Ponsel Tetap Dingin
Jika ponsel terkena suhu panas, ada kemungkinan baterai melemah daya tahannya dan juga lebih cepat rusak. Karenanya, jangan biarkan ponsel terpapar suhu panas berlebihan atau terkena sinar matahari secara langsung. Baterai akan lebih awet jika ponsel digunakan dalam suhu kamar. Jika berada di luar ruangan, lebih baik jika ponsel ditaruh saja di dalam tas dan jangan terlalu banyak dikeluarkan.

12.  Gunakan Power Saving Mode
Sebagian ponsel Android punya power saving mode yang bisa diakses dalam setting. Sesuai namanya, power saving mode ditujukan untuk menghemat penggunaan baterai.

13.  Perhatikan Penggunaan Flash
Penggunaan flash di kamera memakan daya tahan baterai cukup besar. Karenanya, jangan terlalu keasyikan memakainya untuk memperpanjang daya baterai.