5 Tips Efektif Agar Gaji Naik

5 Tips Efektif Agar Gaji Naik – Semua karyawan pasti ingin gajinya mengalami peningkatan. Namun faktor ekonomi global dan profil perusahaan itu sendiri, seringkali membuat impian tersebut sulit terwujud.

Satu satunya cara agar anda mendapatkan kenaikan gaji adalah anda harus membuat diri anda sebagai karyawan yang sangat penting di perusahaan anda, sehingga perusahaan anda enggan untuk melepas anda. Akhirnya, gaji besar menuggu anda.

Berikut 5 Tips Efektif Agar Gaji Naik

1.      Menetapkan Tujuan dalam Pekerjaan
Buatlah target untuk mendapatkan suatu pencapaian baru dalam pekerjaan Anda, lalu wujudkanlah dengan cara Anda. Rencanakanlah berapa lama target tersebut harus tercapai secara spesifik namun realistis, misalnya 30 hari atau 60 hari.

2.      Mengikuti Pelatihan
Jangan melewatkan kesempatan menambah ilmu saat perusahaan Anda menawarkan pelatihan untuk karyawan. Di samping itu, aktiflah bertanya pada atasan Anda tentang pelatihan apa yang baik untuk Anda ikuti karena hal ini tidak hanya menambah informasi bagi Anda, tapi juga membuat atasan Anda sadar bahwa Anda memiliki inisiatif untuk membuat karir Anda lebih baik lagi. Selain itu, mulailah mencari tahu kesempatan pelatihan yang menambah ilmu di departemen lain agar Anda semakin dikenal sebagai karyawan yang cerdas di perusahaan.

3.      Tunjukkan Prestasi
Saat Anda mencapai suatu prestasi karena ketrampilan dan pengetahuan Anda namun tidak ada yang menyadarinya, maka hal itu hanya akan sia-sia. Maka itu, berbagilah dan mintalah tanggapan kepada atasan Anda tentang rencana Anda dalam pekerjaan ke depannya agar atasan Anda mengetahui perkembangan yang terjadi pada diri Anda.

4.      Lebih Bertanggung Jawab
Cobalah lebih memegang tanggung jawab yang besar dengan membantu manajer Anda. Tanyakanlah dengan rendah hati pekerjaan apa yang dapat Anda bantu dan lakukanlah dengan sebaik mungkin. Hal ini membuat Anda semakin terlihat sebagai karyawan dengan cara kerja yang sangat profesional sehingga sangat sulit untuk mencari orang lain yang sebaik Anda.

5.      Mencari Tahu Besarnya Gaji Rata-Rata
Sebelum meminta kenaikan gaji, cari tahu terlebih dahulu berapa besar gaji rata-rata untuk pekerja yang posisinya sama dengan Anda agar dapat dijadikan acuan perbandingan. Saat meminta kenaikan gaji, katakanlah dengan sopan, penuh rasa hormat, namun tegas. Tidak perlu menunggu tinjauan performa kerja yang diadakan setiap tahun, melainkan buatlah janji pertemuan dengan atasan Anda untuk mendiskusikan tentang gaji dan prestasi yang telah Anda raih. Katakanlah permintaan tersebut dengan percaya diri dan singkat, sehingga membuat atasan Anda sulit menolak permintaan Anda.