Perbedaaan Windows 8, Windows 8 Pro dan Windows RT

Perbedaaan Windows 8, Windows 8 Pro danWindows RT – Windows 8 kini menjadi topik hangat sekarang ini. Sebelumnya sudah dijelaskan perbedaan Windows 8 dan Windows 7, sekarang akan dijelaskan beberapa versi dari Windows 8 dan perbedaannya.

Seperti OS Windows generasi sebelumnya, Windows 8 juga memiliki versinya cuma tidak sebanyak sebelumnya. Windows 8 memiliki 3 versi yaitu Windows 8, Windows 8 Pro dan Windows RT. Apa perbedaan dari ketiga versi tersebut ? Lihat penjelasannya di bawah ini.

Windows 8 merupakan versi paling dasar yang menyasar kalangan pengguna biasa. Fitur-fiturnya termasuk tampilan Start Screen baru, aplikasi-aplikasi utama seperti Mail, Music, Calendar, Internet Explorer 10, Windows Store, dan desktop.

Windows 8 Pro: Versi ini memiliki semua fitur Windows 8 standar ditambah sejumlah fungsi lain yang berguna untuk power user seperti BitLocker, client hyper-v, domain join, enkripsi file sistem, dukungan group policy, dan remote desktop hosting.

Windows RT: Ini adalah versi Windows 8 yang digunakan di perangkat-perangkat tablet berbasis ARM. Tidak seperti dua versi lainnya, Windows RT tak bisa menjalankan aplikasi-aplikasi yang didesain untuk komputer desktop (x86/ 64). Ia hanya akan menjalankan aplikasi yang diperoleh dari Windows Store saja.

Jika melihat penjelasan diatas, terlihat kalau perbedaan yang paling mendasar adalah platform hardware yang didukung oleh tiap versi. Windows RT hanya dapat dijalankan di atas perangkat dengan prosesor berbasis ARM. Windows RT tidak dapat di-install di perangkat dengan prosesor x86 dan x64.

Sebaliknya, Windows 8 hanya dapat dijalankan di perangkat dengan prosesor x86/x64 dan tidak bisa di perangkat berbasis ARM.

Perbedaan lainnya, di Windows RT sudah disertakan aplikasi Microsoft Office Home and Student 2013 (Word, Excel, PowerPoint, dan OneNote).

Dengan adanya aplikasi ini, pengguna perangkat Windows RT tak perlu membeli lagi paket aplikasi perkantoran tersebut. Untuk Windows 8, penggunanya harus merogoh kocek cukup dalam untuk membeli aplikasi Office tersebut.

Perbedaaan Windows 8, Windows 8 Pro dan Windows RT

Perbedaaan Windows 8, Windows 8 Pro dan Windows RT