6 Tips Cara Mulai Bisnis Kuliner



6 Tips Cara Mulai Bisnis Kuliner – Membuka bisnis sendiri memang gampang gampang susah, yang anda perlukan hanyalah kejelian dalam melihat pasar dan potensi yang ada di sekitar anda, termasuk hobi. Jika anda atau kerabat anda mempunyai hobi memasak dan mempunyai kemampuan di bidang tersebut, tidak salahnya jika anda mulai bisnis kuliner.

Mengetahui cara membuat makanan dan dapat mengelola bisnis adalah 2 hal yang berbeda. Anda harus tahu bagaimana tahapan dalam membangun bisnis kuliner. Tips berikut ini mungkin bisa bermanfaat untuk anda yang ingin membuka bisnis kuliner.

Berikut 6 Tips Cara Mulai Bisnis Kuliner

1.      Modal
Buat daftar dari yang termahal sampai dengan yang termurah, coret yang tidak bisa dijangkau, sisakan 3 daftar modal terendah dan jadikan itu sebagai target jangka pendek anda.

2.      Jenis Makanan
Tidak perlu muluk-muluk, mulai saja dari jenis makanan yang anda kuasai, misalnya anda piawai membuat kue lumpur berbagai rasa seperti lumpur telor, lumpur daging, lumpur kelapa, lumpur kentang, atau lumpur pandan. Dalami kemampuan anda tersebut.

3.      Manajemen Waktu
Pengaturan waktu harus diperhitungkan sejak awal, seperti kapan saat belanja bahan baku, menimbang dan meracik bahan baku, menyimpannya sebelum diolah bahkan sampai pada saat mengolahnya dan mengantarnya tepat waktu sesuai dengan yang sudah dijanjikan. Ingat kepuasan hati pelanggan adalah nomor satu.

4.      Sample Makanan

Menyertakan sample makanan diluar menu yang telah dipesan merupakan promosi terselubung yang sangat bagus, beritahu pelanggan bahwa itu merupakan bonus pesanan, sehingga di kemudian hari pelanggan dengan mudah memesan karena sudah tahu rasanya.

5.      Tingkatkan terus kualitas
Perbaharui dan perbaiki kualitas dari masakan buatan anda. Untuk mengetahui kualitas rasa dari masakan, anda dapat membagi sampel kepada teman atau saudara tedekat untuk memperoleh reaksi mereka terhadap produk anda. Setelah itu anda perbaiki agar sesuai dengan keinginan mereka.

6.      Jalin kerjasama
Strategi penjualan lainnya adalah anda bisa juga melakukan kerjasama dengan beberapa usaha kantin. Anda dapat mensuplai masakan setiap harinya untuk dijualkan di kantin tersebut.