Cara Hemat Listrik Dalam Penggunaan AC | Berita Ane Cara Hemat Listrik Dalam Penggunaan AC:Berita Ane

Update via Email

Cara Hemat Listrik Dalam Penggunaan AC

Cara Hemat Listrik Dalam Penggunaan AC – Air Conditioner atau lebih dikenal dengan AC beberapa tahun belakangan ini pengunaannya terus meningkat baik itu untuk di gedung, tempat usaha maupun di rumah. Sehingga mau tidak mau penggunaan listrik juga meningkat dan pengeluaran pun ikut bertambah.

Suhu udara lingkungan yang tinggi terutama di perkotaan seperti Jakarta memang menjadi faktor utama mengapa banyak orang menggunakan AC. Namun sering kali tidak dibarengi dengan perhitungan biaya yang cermat, sehingga tagihan listrik membengkak.

Berikut Tips Hemat Listrik Dalam Penggunaan AC

Pilih AC hemat energi
Saat membeli, pilihlah AC yang dilengkapi dengan converter, yang berfungsi sebagai pengatur beban listrik sehingga pada saat temperatur di ruangan sudah mencapai yang kita inginkan, AC akan mengurangi beban pendinginan secara otomatis, dan tidak memaksa mesin AC bekerja lebih berat.

Pilih AC dengan freon yang ramah lingkungan
Freon adalah bahan cair yang menghasilkan dingin dalam ACnya. Pilih AC dengan freon yang ramah lingkungan, seperti freon hidrokarbon.

Tentukan Kapasitas AC (PK)
Sering terjadi, konsumen membeli AC dengan kapasitas (PK) yang lebih besar dari kebutuhanya, sehingga tidak efisien dan boros energi. Alhasil, tagihanya naik terus. Maka, pilih kapasitas AC yang tepat, dengan acuan kapasitas berkisar antara 600 BTU/jam/m2.

Pakai timer agar AC beroperasi hanya pada saat dibutuhkan
AC tidak perlu dipakai sepanjang kita tidur. Sebaiknya hidupkan AC seperempat jam sebelum saat tidur, dan timernya di set selama 1-2 jam mati otomatis. Kalau ACnya sudah mati, ruangnya akan tetap dingin selama beberapa jam kemudian. Untuk siang hari, usahakan mematikan AC, jika akan meninggalkan ruangan dalam waktu relatif lama.

Atur suhu AC dengan thermostat
Untuk aktivitas sehari-hari, atur suhu AC yang paling optimal dari sisi kenyamanan dan pemakaian energi (tidak lebih dingin dari 25 °C), yaitu 3-5°C lebih rendah dari suhu di luar ruangan) . Ingat: setiap kenaikan temperatur 1°C dapat menurunkan konsumsi energi sebesar 3-5% (BPPT).

Bersihkan filter AC, coil kondensor dan sirip AC secara teratur, tiap 3 bulan
Dengan memelihara AC secara rutin, kamu mampu menghemat listrik sampai dengan 20%. Energi yang dikonsumsi peralatan pendingin akan lebih rendah 10% pada kondensor yang tidak terkena sinar matahari secara langsung. Terganggunya sirkulasi udara karena debu yang menumpuk, menyebabkan kondensor mengkonsumsi lebih banyak listrik.

Gunakan penutup pada bagian ruangan yang terkena sinar matahari langsung
Pancaran sinar matahari yang secara langsung masuk keruangan akan memberatkan kerja AC, sehingga penggunaan listrik pun menjadi boros. Gunakan tirai putih atau anyaman bambu untuk menghalau udara panas dari sinar matahari.

Usahakan pintu, jendela dan ventilasi udara selalu tertutup saat AC menyala
Agar proses pendinginan ruangan bisa cepat, anda sebaiknya tutup ventilasi udara dan pintu ketika AC menyala.

Gunakan lampu ruangan yang memiliki temperatur kerja rendah.
Usahakan alat yang ada diruangan ber AC tidak mengeluarkan panas yang berlebih sehingga kerja AC lebih optimal, salah satunya adalah lampu.

Ganti AC yang sudah tua
Untuk alat AC yang telah berumur lebih dari 10 tahun, pemakaian energi akan lebih besar 30-50% dibandingkan dengan peralatan pendingin dengan teknologi baru.

Gunakan AC Portable
Jika Anda ingin mendinginkan hanya satu ruangan, tak perlu tidak menggunakan AC sentral. Gunakan AC portabel. AC portabel modern memiliki rating energi efisiensi yang sangat tinggi sehingga akan mendinginkan ruangan Anda secara efektif dan hemat.

Taruh Kompresor AC di tempat yang tepat
Jika kompresor AC Anda diletakkan di udara terbuka, pastikan berada di tempat teduh. Jangan diletakkan di antara pepohonan atau semak-semak karena aliran udaranya akan terhambat.

Tips Hemat Listrik AC lainnya

- Gunakan lampu induksi yg tidak panas sehingga beban ac tidak terlalu berat
- Pasang solar chimney
- Naikin plafon, terus di bawah atap taruh material penahan panas
- Rubah jendela supaya lebih lebar, maksimalkan jalusi
- Warna cat tembok, kebiruan mendorong adanya feeling lebih cool daripada misalnya kuning gading
- Pasang ceiling fan
- Rumah dengan dinding dari kayu rasanya lebih sejuk
- Hindari menempatkan peralatan elektronik di bawah atau di dekat indoor unit...


Artikelnya bagus ? Jangan lupa SHARE ke yang lain ya... Thanks







Artikel Terkait

Sudah Baca Ini

Lijit Search

Diklik Like nya Dulu Ya...Terima Kasih

SAMBIL LIHAT LIHAT Tunggu..25 Seconds




Yang Baru Dibaca

 
Copyright © Berita Ane | Powered by Blogger