Makanan dan Minuman Terbaik Setelah Olahraga

Makanan dan Minuman Terbaik Setelah Olahraga – Berolahraga  merupakan salah satu cara untuk membuat tubuh kita selalu sehat dan bugar. Selain teknik dan jenisnya, anda juga perlu perhatikan makanan dan minman yang anda konsumsi setelah olahraga. Pilih makanan dan minuman yang tepat, sehingga energi yang terpakai saat olahraga bisa kembali optimal.

Berikut Makanan dan Minuman Terbaik Setelah Olahraga

Makanan Terbaik Setelah Olahraga

1.      Apel
Kandungan seratnya baik untuk sistem pencernaan. Sedangkan kandungan karbohidratnya dapat memberi rasa kenyang lebih lama. Apel mengandung 60 kkal yang dapat meningkatkan energi selama berolah raga. Baik dikonsumsi jika ingin olahraga selama satu jam atau lebih.

2.      Energy Bar
Jika terburu-buru untuk segera berolahraga dan ingin membawa bekal camilan, bawalah sebungkus energy bar. Camilan ini mengandung nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Namun tiap merek kadar kalorinya berbeda, umumnya mengandung sekitar 120 kalori.

3.      Telur dan Roti Panggang
Satu atau dua butir telur dan roti bakar, bisa dimakan sebelum atau sesudah berolahraga. Kandungan karbohidrat yang sempurna serta proteinnya menjadi bahan bakar selama latihan. Dalam dua butir telur dan satu lembar roti bakar mengandung 220 kalori.

4.      Omelet Sayuran
Hidangan yang satu ini dibuat dari telur yang dicampurkan dengan sayuran, seperti wortel dan bawang bombay. Nutrisinya dikemas dengan baik dan lengkap. Kandungan protein dan kalorinya dipercaya dapat membantu meningkatkan energi. Perporsinya omelet sayuran mengandung kalori sekitar 90 kkal.

5.      Putih Telur
Telur merupakan makanan klasik untuk kebugaran. Putih telur bisa dimakan setelah atau sebelum latihan untuk meningkatkan stamina. Jumlah konsumsinya tergantung dengan intensitas atau lamanya berolahraga. Anda akan mendapatkan kalori tambahan sekitar 40-100 kalori.

6.      Alpukat
Alpukat diketahui sebagai buah tinggi lemak. Meskipun begitu, jumlah kalori didalamnya dapat membantu menjaga stamina selama latihan. Satu buah alpukat ukuran sedang mengandung 250-350 kalori.

Minuman Terbaik Setelah Olahraga

1.      Susu Cokelat
Sebuah penelitian baru ditemukan, bahwa susu cokelat baik dikonsumsi setelah latihan. Karena susu cokelat bisa membantu masa pemulihan otot selama latihan. Minumlah segelas (250 ml) susu cokelat setelah latihan untuk mendapatkan 150 kalori.

2.      Air kelapa murni
Air kelapa murni (tanpa campuran gula, es dan air putih) bisa menjadi minuman isotonik alami yang bisa Anda konsumsi setelah berolahraga. Dikutip dari Health, air kelapa mengandung elektrolit yang sama dengan elektrolit tubuh. Sehingga bisa merehidrasi tubuh dan mengganti cairan setelah olahraga atau beraktivitas berat.

Selain berfungsi sebagai minuman isotonik, air kelapa juga mengandung kalsium, magnesium dan potassium yang meningkatkan sirkulasi darah. Bukan itu saja, bila Anda punya masalah pencernaan atau susah buang air besar, minum saja air kelapa muda. Di dalamnya terdapat anti kuman dan anti bakteri sehingga bisa melancarkan fungsi sistem pencernaan.

3.      Kopi
Seperti yang dikutip dari geniusbeauty, para ahli telah mengungkapkan bahwa kopi dapat membuat mekanisme tubuh menjadi lebih baik. Kafein membuat glukosa lebih cepat masuk ke dalam otot dan mengubahnya menjadi glikogen. Glikogen inilah sumber energi utama yang membuat otot bekerja. Oleh karena itu, kopi merupakan minuman regeneratif yang tepat setelah Anda berolahraga berat.

4.      Jus Tomat
Jika bersepeda atau lari selama satu jam atau lebih, Anda tidak hanya kehilangan cairan air. Tapi juga keringat yang terdiri dari elektrolit seperti sodium dan potassium. Anda bisa mengganti kehilangan cairan elektrolit dengan segelas jus tomat segar. Delapan ons jus tomat terkandung 6,5 kali dan 15 kali lebih banyak sodium serta potassium dibandingkan energy drink dalam kemasan.

5.      Jus Bit
Minum jus bit beberapa hari sebelum beraktivitas fisik bisa membuat sesi fitnes atau olahraga Anda selesai lebih cepat. Kandungan nitrat yang terdapat dalam jus berwarna merah keunguan ini bisa meningkatkan peredaran darah ke otot. Sehingga Anda bisa berolahraga lebih keras dan memperoleh hasil yang lebih maksimal dalam waktu singkat.