Prediksi Indonesia vs Malaysia di Piala AFF 2012


Prediksi Indonesia vs Malaysia di Piala AFF2012 – Walaupun masih pertandingan group, match Indonesia vs Malaysia di Piala AFF 2012 tetap dinanti masyarakat Tanah Air. Pasalnya kedua negara merupakan rival abadi dalam ajang sepakbola Piala AFF.

Timnas Indonesia, seperti kita tahu kini mengantongi 4 angka sekaligus berada di urutan atas klasemen sementara di Group B. Hasil seri di pertandingan selanjutnya melawan Malaysia sebenarnya cukup membawa Indonesia ke babak semifinal.

Namun jika Indonesia ingin lebih ringan menjalani babak semifinal, maka mau tidak mau Indonesia harus mendapatkan nilai penuh di pertandingan besok agar menjadi juara goup. Karena kemungkinan besar Thailand akan menjadi juara group A setelah dua kali menang lawan Filipina dan Myanmar.

Menjadi jawara Grup B berarti jumpa salah satu dari Filipina, Vietnam, ataupun Myanmar. Ketiga tim itu memang masih berpeluang lolos ke semifinal meski hanya mengincar posisi kedua Grup A. Secara teoretis, meladeni ketiga tim itu lebih mudah ketimbang Thailand.

Jika timnas Indonesia Main imbang dan berposisi runner up berarti jumpa Thailand dan boleh jadi energi Andik Vermansyah dkk. terkuras habis di semifinal yang dijadwalkan berlangsung pada 9 dan 13 Desember, sehingga jika pun lolos ke final yang bakal dihelat pada 19 dan 22 Desember, badai cedera  telanjur melanda timnas.

Pola Permainan yang Akan dipakai Indonesia

Pelatih timnas Indonesia, Nil Maizar mengatakan, anak asuhnya dalam kondisi bagus untuk melakoni matchday terakhir Grup B Piala AFF 2012 kontra tuan rumah Malaysia.

"Setiap pemain dan pelatih pasti ingin menang. Tetapi, saya selalu bilang kepada pemain, soal hasil itu urusan Allah. Yang terpenting bagaimana mereka bisa kerja keras sampai wasit meniupkan peluit panjang," ujar Nil.

Nil mengungkapkan, saat ini semua pemain tengah dalam kondisi baik menjelang pertandingan tersebut. Hanya bek Wahyu Wijiastanto yang akan absen dalam laga nanti karena mendapat hukuman akumulasi kartu kuning.

Soal pola permainan yang akan dimaninkan Indonesia memang menjadi dilema, di satu sisi pertandingan “El Classico Melayu” merupakan pertandingan sarat akan gengsi untuk kedua negara, terutama Indonesia, di sisi lain Indonesia sebenarnya cukup mendapatkan hasil imbang besok.

Jika pelatih Nil Maizar mengesampingkan soal gengsi, maka kemungkinan besar Indonesia akan bermain sama seperti ketika melawan Singapura, yaitu tidak terlalu agresif dan lebih banyak menguasai bola.

Malaysia akan bermain agresif

Posisi Malaysia yang kini berada diposisi ketiga dengan mengantongi 3 angka membuat pertandingan besok menjadi krusial buat Malaysia. “Harimau Malaya” sebutan untuk timnas Malaysia dipastikan akan bermain agresif saat menghadapi Indonesia nanti, sama seperti ketika melawan Laos kemarin.

"Yang saya inginkan adalah permainan seperti ketika melawan Laos. Bermain dengan agresif. Saya percaya dengan kemampuan para pemain saya," sahut Rajagopal

"Saya tentu berharap untuk menang. Mungkin akan ada beberapa perubahan, tapi mungkin juga tidak akan banyak. Saya menginginkan rasa pentingnya bermain bagus seperti ketika melawan Laos. Pertandingan itu memberikan kepercayaan diri kepada pemain saya. Yang paling penting adalah pemain kami. Yang penting mereka bermain dengan baik," lanjutnya lagi

Head to Head Indonesia vs Malaysia di 10 Pertandingan terakhir

27/12/2002JakartaPiala Tiger 2002
Malaysia1 – 1 (0 – 0)Indonesia
26/09/2003Kuala LumpurUjicoba
Malaysia0 – 0Indonesia
12/03/2004Johor BahruUjicoba
Indonesia1 – 2 (1 – 1)Malaysia
28/12/2004JakartaPiala Tiger 2004
Malaysia1 – 4 (1 – 0)Indonesia
03/01/2005Kuala LumpurPiala Tiger 2004
Malaysia1 – 1 (0 – 1)Indonesia
23/08/2006Kuala LumpurUjicoba
Indonesia1 – 1 (1 – 1)Malaysia
06/06/2008SurabayaUjicoba
Indonesia5 – 1 (2 – 1)Malaysia
01/12/2010JakartaAFF Suzuki Cup 2010
Malaysia3 – 0Indonesia
26/12/2010Kuala LumpurAFF Suzuki Cup 2010
Indonesia2 – 1Malaysia
29/12/2010JakartaAFF Suzuki Cup 2010

Hitung-hitungan peluang Indonesia ke semifinal

Perlu diketahui juga, kriteria tim untuk lolos ke babak semifinal adalah sebagai berikut:
1. Memiliki poin lebih banyak selama bertanding di grup
2. Selisih gol yang lebih baik di grup
3. Produktivitas gol yang didapat selama bertanding di grup. Jika ada dua tim atau lebih sama dengan kriteria di atas, penentuan posisi mengacu pada hal sebagai berikut: Head to head, adu penalti untuk tim yang tetap sama dengan hasil di atas, Diundi oleh panitia pelaksana

Inilah hitung-hitungan peluang Indonesia ke semifinal:
- Indonesia lolos ke semifinal bila berhasil mengalahkan Malaysia
- Indonesia lolos ke semifinal bila bermain imbang dengan Malaysia
- Indonesia lolos ke semifinal bila kalah tak lebih dari 1-0 atas Malaysia, dan Singapura juga kalah dari Laos dengan selisih tak lebih dari dua gol.

Prediksi skor Indonesia vs Malaysia Piala AFF 2012

Jika timnas Indonesia tidak meladeni permainan agresif Malaysia, kemungkinan permainan akan berjalan sedikit lambat dan kemungkinan besar hasil Indonesia v Malaysia akan berakhir seri.