9 Tips Mengurangi Dampak Negatif Dari AC


9 Tips Mengurangi Dampak Negatif Dari AC – Air Conditioner atau AC tidak hanya memberikan kesejukan dan kenyamanan di dalam ruangan, tapi juga membawa beberapa dampak negatif buat kesehatan tubuh (Baca: Inilah Dampak Negatif AC Terhadap Kesehatan). Lalu bagaimana cara mengatasinya ?

Berikut 9 Tips Mengurangi Dampak Negatif Dari AC

1.      Bersihkan AC secara rutin
Kebersihan AC baik itu yang indoor maupun outdoor merupakan faktor utama yang menentukan kualitas udara. Bersihkan kedua bagian tersebut secara rutin. Untuk pembersihan ringan, anda bisa melakukannya 2 minggu atau sebulan sekali tergantung pemakaian. Sedangkan untuk pembersihan total atau service, anda bisa melakukannya 3 sampai 6 bulan sekali.

2.      Jaga kebersihan ruangan
Walaupun biasanya ruangan yang menggunakan AC selalu tertutup, bukan berarti debu tidak ada di ruangan tersebut. Selain AC, anda juga harus jaga kebersihan ruangan anda. Bersihkan minimal seminggu sekali, ketika anda punya waktu luang.

3.      Jangan arahkan AC langsung ke tubuh anda
Jangan biarkan udara AC langsung mengenai tubuh karena dapat berefek buruk pada kesehatan, terutama kesehatan kulit.

4.      Gunakan AC bebas CGC
Gunakan hanya AC yang bebas CFC atau freon, karena ratifikasi standar lingkungan dunia sudah mengharuskan penghapusan terhadap CFC yang dapat mengakibatkan lapisan ozon dalam waktu yang lama.

5.      Pergantian udara
Biarkan sesekali udara dan cahaya masuk ke dalam ruangan ber-AC Anda, untuk memberikan efek fresh pada udara dalam ruangan tersebut.

6.      Perbanyak tanaman di halaman rumah
Tanaman yang yang ada di halaman rumah kita sangat berguna untuk memfilter udara yang masuk ke ruangan kita.

7.      Berikan sedikit ruang ventilasi
Ruangan yang menggunakan AC memang dianjurkan utnuk menutup semua ventilasi agar kerja AC lebih optimal, namun tidak salahnya jika anda beri sedikit ruang ventilasi di ruangan anda, sehingga udara yang ada di ruangan tidak hanya berasal dari AC tapi juga udara dari luar.

8.      Jangan paksakan tubuh anda
Bagi pekerjaan kantor, jujurlah pada diri sendiri, jika kondisi kesehatan sedang tidak fit, sebaiknya minta izin untuk tidak masuk. Ruangan ber AC tidak hanya bisa memperparah penyakit anda, tapi juga bisa menularkan pada yang lain.

9.      Letakkan tanaman indoor
Letakkan tanaman indoor di ruangan ber AC anda. Hal ini sangat membantu mengurangi dampak polusi. Salah satu jenis tanaman indoor yang bisa anda gunakan adalah Sansiviera (Baca: Keisitmewaan dan Manfaat Tanaman Sansevieria).



Anda baru saja membaca postingan yang berkategori Kesehatan / Tips
Judul : 9 Tips Mengurangi Dampak Negatif Dari AC
Bookmark : http://www.berita-ane.com/2012/12/9-tips-mengurangi-dampak-negatif-dari-ac.html.