Inilah Acara dan Pengaturan Lalu Lintas Car Free Night Jakarta

Inilah Acara dan Pengaturan Lalu Lintas Car Free Night Jakarta – Tahun baru ini akan ada sesuatu yang beda di Jakarta. Jokowi selaku Gubernur DKI Jakarta berencana akan menggelar Car Free Night pada malam tahun baru nanti. Sesuai dengan nama programnya, nanti akan diberlakukan bebas kendaraan di malam tahun baru pada sejumlah jalan protokol Ibu Kota yang sudah ditentukan.

Sebagai penggantinya, akan diadakan aneka macam hiburan para seniman dan atraksi hiburan lainnya. Sejumlah panggung juga akan menghiasi jalan protokol yang diberlakukan car free night. Untuk acara puncak, akan ada pesta kembang api di Bundaran HI.

Berikut jadwal car free night 2012

Senin, 31 Desember 2012

Pukul. 16.00 WIB
Dilakukan pembatasan kendaraan secara selektif yang akan melintas Jl Sudirman-Thamrin. Pada jam-jam tersebut tengah dilakukan persiapan panggung hiburan di 16 titik.

Pukul 18.00 WIB
Penutupan ruas Jl Sudirman mulai dari Bundaran Senayan hingga Patung Jenderal Sudirman pada jalur cepat dan mulai dari Patung Sudirman (Jl. Sudirman) hingga Bundaran Air Mancur atau Patung Kuda di Jl MH Thamrin.

Pukul 19.00 WIB
Petutupan arus lalin dilakukan mulai dari Bundaran Senayan Jl Sudirman pada jalur cepat dan jalur lambat hingga Jl MH Thamrin tepatnya di Bundaran Air Mancur atau Patung Kuda.

Bagi masyarakat yang akan menghadiri kegiatan di hotel atau tempat hiburan sepanjang Sudirman-Thamrin masih diberikan akses masuk secara selektif. Di sepanjang jalur tersebut terdapat 12 hotel.

Selasa, 1 Januari 2013

Pukul 20.00 WIB- 02.00 WIB
Penutupan secara total ruas Jl Sudirman- Thamrin. Kendaraan sudah tidak dapat melintas di jalur ini karena adanya pelaksanaan Jakarta Festival Night/Jakarta Car Free Night.

Berikut lokasi panggung hiburan di Car Free Night Jakarta 2012

1. Lokasi panggung pertama yakni berada di kantor Gubernur DKI Jakarta (Balaikota) di Jl Medan Merdeka Selatan dengan panitia dari Biro Umum dan Satpol PP.
2. Panggung kedua berada di Pintu Barat Daya Monas atau di seberang gedung Indosat, dekat Bundaran Air Mancur. Penyelenggaraan pesta di panggung ini dilakukan Walikota Jakarta Pusat.
3. Berikutnya panggung terletak di depan Bank Mandiri, Jl MH Thamrin atau sekitar 150 meter dari Pintu Barat Daya Monas.
4. Kemudian di depan Gedung Jaya, Jl MH Thamrin dengan panitia pelaksana dari PT Pembangunan Jaya.
5. Panggung ke lima terdapat persis di depan gedung BII, Jl MH Thamrin dengan panitia pelaksana dari PT Jakarta Propertindo.
6. Di depan gedung EX, Jl MH Thamrin dengan penyelenggara dari PT MRT.
7. Lokasi panggung utama terletak di Bundaran Hotel Indonesia, tepatnya di Pospol Thamrin samping gedung Wisma Nusantara. Panitia penyelenggara dari Biro Umum dan Disparbud. Di panggung ini akan dihadiri oleh Gubernur DKI Joko Widodo, Kapolda Metro Jaya Irjen Putut Eko Bayuseno dan Pangdam Jaya.
8. Panggung dari Bank DKI yang berlokasi di 100 meter dari panggung utama, mengarah ke Jl Purworejo.
9. Panggung di depan gedung UOB, Jl MH Thamrin dengan panitia penyelenggara PD Pasar Jaya.
10. Di Dukuh Atas, Jl MH Thamrin berdekatan dengan Stasiun Sudirman dengan penyelenggara dari PT Jakarta Tourisindo.
11. Di depan gedung Toyota, Jl Sudirman atau 300 meter dari lokasi sebelumnya. Panitia penyelenggara dari Dinas Pelayanan Pajak.
12. Di depan gedung Chase Plaza, Jl Jenderal Sudirman dari Dinas Perindustrian dan Energi
13. Depan gedung Le Meridien, Jl Jenderal Sudirman dari Dinas Pertamanan.
14. Di depan gedung Manulife, Jl Jenderal Sudirman.
15. Di depan Pertigaan Bendungan Hilir, Jl Jenderal Sudirman dari Dinas Olahraga dan Pemuda
16. Di depan gedung kampus Atmajaya dari Walikota Jakarta Selatan.

Pengalihan Arus dan Jalur Alternatif Car Free Night
untuk kendaraan yang akan dan dari Jalan Jenderal Sudirman ke Monas atau sebaliknya akan dilakukan pengalihan arus. Berikut rekayasa pengalihan arus di kawasan Sudirman-Monas dari Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya.

Traffic Light (TL) Harmoni
Kendaraan dari Jalan Majapahit ditutup, diarahkan ke utara ke Jalan IR H Juanda atay Jl Suryopranoto.

TL Oteva
Arus kendaraan di sekitar Jl Medan Merdeka Barat dan Medan Merdeka Selatan ditutup, diarahkan menuju Jalan Majapait-Harmoni

Bunderan Air Mancur (depan gedung Indosat)
Penutupan Jalan MH Thamrin arah selatan dan penutupan Jalan Medan Merdeka Barat, sehingga kendaraan diarahkan menuju jalan Medan Merdeka Selatan dan ke jalan Budi Kemuliaan

TL Kebon Siri
Penutupan jalan MH Thamrin arah utara dan selatan, kendaraan dari kedua arah tersebut diarahkan menuju ke Jalan Kebon Siri arah timur (ke arah Tugu Tani) dan ke arah barat (ke arah Tanah Abang)

TL Sarinah
Penutupan di jalan MH Thamrin arah utara dan selatan, kendaraan diarahkan menuju ke Jalan Wahid Hasyim arah barat/ ke arah Tanah Abang dan ke arah timur/ ke arah TL Sabang

Bundaran Hotel Indonesia
Kendaraan diarahkan menuju ke jalan Imam bonjol - TL Cokro dan seterusnya. Selain itu, kendaraan diarahkan menuju ke jalan tanjung karang-jalan kendal dst

Dukuh atas
Penutupan Dukuh Atas arah utara, kendaraan diarahkan menuju TL dukuh bawah

Dharmala
Penutupan jalan Jenderal Sudirman arah utara, kendaraan diarahkan menuju ke Jl Mas Mansyur - TL Karet

Semanggi
Penutupan di Jl Jenderal Sudirman arah utara, kendaraan diarahkan menuju ke Gatot Subroto arah timur (ke arah cawang) atau ke selatan ke arah Blok M

Bunderan Senayan
Penutupan Jalan Jenderal Sudirman arah utara, kendaraan dialihkan ke arah Jalan Hang Tuah-Jalan Sisingamaraja.


Jalur alternatif dari arah selatan ke utara (Blok M ke Monas)

Sisi Barat:
Jalur alternatif dapat ditempuh dari sisi barat Jalan Jenderal Sudirman, dimulai dari Jl Sutan Iskandar Muda-Jl Pakubuwono-Jl Asia Afrika-Jl Tentara Pelajar-Jl Penjernihan-Jl Karet Pasar Baru Barat-Jl KH Mas Mansyur-Jl Abdul Muis-Jl Majapahit-dan seterusnya.

Sisi Timur:
Mulai dari Jl Panglima Polim-Jl Sisingamangaraja-Jl Trunojoyo-Jl Senopati-Jl Kapten Tendean-Jl HR Rasuna Siad-Jl HOS Cokroaminoto-Jl Menteng Raya-Jl Medan Merdeka Timur-dan seterusnya

Jalur alternatif dari utara ke selatan (arah Monas-Blok M)

Sisi Barat:
Jalan Medan Merdeka Utara-Jl Abdul Musi-Jl KH Mas Mansyur- Jl Karet Pasar Baru Barat-Jl Penjernihan-Jl Tentara Pelajar-Jl Teuku Nyak Arief-Jl Sutan Iskandar Muda-dan seterusnya.

Sisi Timur:
Jl Lapangan Banteng-Jl Medan Merdeka Timur-Jl Menteng Raya-Jl Sam Ratulangi-Jl HOS Cokroaminoto-Jl HR Rasuna Said-Jl Kapten Tendean-Jl Wolter Monginsidi-Jl Trunojoyo-dan seterusnya.

Berikut tempat parkir selama Car Free Night Jakarta 2012

Pemprov DKI menyiapkan 4 lokasi parkir utama terkait pemberlakuan car free night pada pesta pergantian tahun tanggal 31 Desember 2012 nanti. Keempat kantung parkir ini terletak di sepanjang jalur protokol Jenderal Sudirman hingga Monas.

Empat lokasi parkir utama yang telah disediakan itu antara lain, lapangan parkir IRTI Monas, lapangan parkir Polda Metro Jaya, Parkir Timur Senayan (Parkit) dan parkir-parkir off street di gedung-gedung dan mal-mal yang ada di sepanjang lokasi Jakarta Night Festival.

1. Untuk menuju ke lapangan parkir IRTI Monas: melalui Jalan Medan Merdeka Barat kemudian belok ke arah Jalan Medan Merdeka Selatan.
2. Lapangan Parkir Polda Metro Jaya: melalui Jalan Gatot Subroto atau Jalan Senopati kemudian masuk ke kawasan SCBD Senayan.
3. Parkir Timur Senayan: melalui Jalan Gatot Subroto atau Jalan Asia Afrika kemudian belok ke arah Jalan Gerbang Pemuda.
4. Untuk menuju ke kantung parkir di gedung-gedung atau mal-mal dapat dicapai dengan melalui jalan yang terdekat ke lokasi.

Mengingat banyaknya mal dan hotel-hotel di jalur tersebut, maka akses menuju ke hotel pun terbatas. Pengelola gedung atau mal yang ada di sepanjang lokasi acara Jakarta Night Festival yang juga mengadakan acara penyambutan malam tahun baru, agar mengimbau pengunjung untuk hadir sebelum pukul 20.00 WIB.