Perbandingan Honda CB 150R Street Fire vs Yamaha New V-Ixion

Perbandingan Honda CB 150R Street Fire vsYamaha New V-Ixion – Di akhir tahun 2012 ini, Honda dan Yamaha selaku 2 pemain besar di industri motor Indonesia sama sama mengeluarkan produk terbarunya di segmen motor sport. Honda mengeluarkan CB 150R Street Fire, sedangkan Yamaha mengeluarkan New V-Ixion. Pertanyaannya, mana yang lebih unggul ?

Pertanyaan tersebut sebenarnya bisa dijawab dengan melihat spesifikasi dan harga dari kedua motor tersebut, anda bisa melihatnya melalui link dibawah ini


Tapi akan lebih asik, jika kita tarungkan Hinda CB 150R Street Fire dan Yamaha All New V-Ixion secara langsung. Tentunya berdasarkan komponen komponen yang signifikan di motor pada umumnya.

Berikut Perbandingan Honda CB 150R Street Fire vs Yamaha New V-Ixion

Perbandingan Honda CB 150R Street Fire vs Yamaha New V-Ixion

Perbandingan Honda CB 150R Street Fire vs Yamaha New V-Ixion

Desain
Dari segi desain Honda CB150R StreetFire ini mengusung desain "speedy shape" dan berkarakter tajam, berkesan ramping dan ringan sebagai cerminan dari motor sport berperforma tinggi yang membangkitkan aura kecepatan. Mulai dari lampu sampai spakbor belakang.

Velg sporty palang enam dengan ukuran 17 inci, spakbor depan model sporty dengan dua lubang di bagian tengah. Dudukan nomor polisi ada di bawah lampu depan, dimana head lamp sudah meninggalkan model bulat.

Sementara untuk Yamaha New V-Ixion, hadir dengan perubahan cukup radikan pada andalannya di kelas sport ini. Bagian belakangnya tampil baru dengan pelek dan ban lebih besar. Pada bagian samping terlihat lebih artistik dimana kekuatan bodinya memiliki sudut-sudut tajam seperti aerodinamic device, terlihat berotot dan solid di bagian depan namun tetap lancip dibagian belakang.

Lampu mengotak dengan dimensi cukup besar, dan dudukan nomor polisi ada di atas lampu depan. Ini yang dirasa cukup mengganggu tampang New V-Ixion.

Mesin
Honda CB150R StreetFire ini dibekali mesin 150 cc, 4 langkah, DOHC, 4 katup, 6 percepatan dengan basis Honda CBR150R yang merupakan flagship Honda di segmen motor sport dengan model full fairing.

Mesin berpendingin cairan (Liquid-Cooled) yang menerapkan sistem suplai bahan bakar PGM-FI ini mampu memuntahkan daya mencapai 12,5 kW (17,00 PS) pada putaran mesin 10.000 rpm. Torsinya mencapai 13,1 Nm (1,34 kgf.m) pada putaran mesin 8.000 rpm. Kecepatan maksimal yang bisa ditembus mencapau 122 km/jam, dengan akselerasi 0-200 meter yang ditembus dengan rata-rata 10 detik.

Sementara untuk Yamaha New V-Ixion ini juga tetap sama dibekali mesin berkapasitas 150 cc, 4 langkahm 4 valve SOHC, Fuel INjection, berpendingin cairan yang dapat menghembuskan tenaga 12,2 kW diputaran 8.500 rpm dan torsi puncak 14,5 pada 7.500 rpm. Mesin ini telah mengadopsi forged piston dan diasil silinder sebagai teknologi balap Yamaha.

Rangka dan Suspensi
Honda CB150R StreetFire ini menggunakan rangka inovatif tipe tubular alias teralis yang ringan namun memiliki kekuatan yang tinggi. Rangka ini dirancang khusus untuk menunjang mesin, memaksimalkan kinerja sistem suspensi Pro-Link dan mengurangi getaran mesin secara optimal. Efek positifnya mampu menghasilkan kestabilan, kelincahan dan kenyamanan selama berkendara, baik di dalam kota ataupun berkendara jarak jauh (touring).

Sementara untuk Yamaha New V-Ixion menggunakan rangka Pressed backbone atau Deltabox yang banyak digunakan pada motor balap. Selain kokoh juga menunjang saat bermanuver dan stabil

Urusan suspensi, New V-Ixion menggunakan model teleskopik di sektor depan. Buat bagian belakang, suspensi monoshock dengan model monocross.

Dimensi
Honda CB150R StreetFire ini memiliki dimensi panjang 2.008 mm, lebar 19mm dan tinggi 1.061 mm. Jarak sumbu roda 1.288 mm, jarak terendah ke tanah 148 mm, ketinggian tempat duduk 790 mm, berat kosong 129 kg, radius putaran minimum 1.980 mm.

Yamaha New V-Ixion memiliki dimensi panjang 2.010 mm, lebar 705 mm dan tinggi 1.30 mm. Jarak sumbu roda 1.300 mm, jarak terendah k tanah 165 mm, tinggi tempat duduk 790 mm, berat isi 129 kg.

Fitur unggulan
Untuk fitur unggulan Honda memang mengandalkan di sistem sasis motor. Tapi ada beberapa fitur lainnya yang bisa dikedepankan di CB150R ini. Sistem rem sudah mengadopsi model cakram di depan dan belakang.

Lalu pada panel indikator sudah menggunakan model digital untuk speedometer dan model jarum penunjuk buat pengukuran putaran mesin. Kunci sudah dilengkapi dengan pengaman magnet.

Fitur unggulan Yamaha New V-Ixion bisa dimulai dari bagian speedometer dimana pengendara akan disapa dengan tulisan Hi Bro saat memutar kunci kontak.

Kunci kontak sendiri terletak di bagian atas tangki, tidak lagi di bawah setang. Cukup inovatif desainnya, dan dibantu dengan model tutup tangki yang terlihat sporty. New V-Ixion hadir dengan dua model, yakni kick starter dan non kick starter.

Harga
Dari segi harga CB150R StreetFire dan New V-Ixion memang tidak jauh berbeda. Untuk Honda CB150R StreetFire dibanderol Rp22,35 juta on the road Jakarta dan sekitarnya.

Sedangkan untuk Yamaha New V-Ixion tersedia dalam 2 tipe. Model dengan kick starter dibanderol dengan harga sebesar Rp22,6 juta. Sementara New V-Ixion non kick starter dihargai Rp22,4 juta.