Siap Siap 2013 Tarif Listrik Naik 15%

Siap Siap 2013 Tarif Listrik Naik 15% - Terus meningkatnya beban anggaran subsidi listrik membuat pemerintah harus bertindak, salah satunya dengan menaikkan Tarif Dasar Listrik atau TLD sebesar 15 persen tahun depan dengan cara bertahap.

Menurut Direktur Utama PLN Nur Pamudji, kenaikan tarif listrik tersebut terpaksa dilakukan pemerintah untuk mengurangi jumlah subsidi listrik yang bakal terus naik akibat naiknya kebutuhan listrik nasional.

"Biaya membangkitkan listrik Rp 1.240 per kwh, dijual ke masyarakat Rp 730 per kwh, jadi untuk setiap kwh ada subsidi Rp 510. Jadi kalau kebutuhan listrik naik, volume subsidi naik juga. Pemerintah berpikir, subsidi listrik dikurangi untuk digunakan bagi keperluan lain, seperti infrastruktur dan lainnya," kata Nur.

Saat ini 50% energi pembangkit listrik PLN berasal dari batubara, 17% dari minyak, 23% dari gas, 5% dari panas bumi, dan 7% dari tenaga air.

Kriteria pelanggan yang dikenakan kenaikan tarif listrik

Kenaikan TLD sebesar 15% berlaku untuk pelanggan di atas 900 VA. Sedangkan untuk pelanggan listrik 450VA dan 900 VA tidak mengalami kenaikan.

Sementara untuk golongan rumah tangga dengan daya 6600 VA ke atas rencananya tidak akan dapat subsidi lagi. Mereka akan membayar sesuai apa adanya.

“Begitu juga dengan mal, hotel, mereka membayar sesuai dengan biaya plus margin, tapi maksimum itu. Tidak ada yang membayar lebih dari BPP plus margin, biaya keekonomian,” kata Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Jarman.

Untuk sektor industri, Jarman menambahkan subsidinya akan diperkecil dibandingan dengan tahun 2012.