Sistem Pembayaran Pesangon Pensiun PNS Akan Diubah ?

Sistem Pembayaran Pesangon Pensiun PNS Akan Diubah ? – Hingga kini masalah sistem pembayaran pesangon pensiun PNS masih belum jelas, apakah akan diperbaharui atau tetap seperti sekarang, menggunakan Peraturan Kepegawaian yang sudah ada.

Seperti kita tahu, anggaran untuk pensiun PNS sangat memberatkan keuangan pemerintah, oleh karena itu Menkeu belum lama ini mengeluarkan peraturan tentang pesangon PNS (Baca: Besaran Pesangon PNS Terbaru). Namun itupun belum detail soal teknis pelaksanaannya

Kini Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) tengah mengkaji aturan baru terkait pemberian pensiun PNS, yaitu dengan mengunakan sistem fully funded. Maksudnya, PNS yang menanggung dana pensiunnya sejak dini. Kajian ini nantinya dipersiapkan untuk dapat dilaksanakan di 2014 mendatang.

"Misalnya ingin pensiun Rp 10-20 juta per bulan, jadi ditabung dari sekarang. Jadi tergantung dia mau hidup layaknya bagaimana," jelas Menteri PAN RB Azwar.

Sistem baru tersebut akan mengganti sistem pay as you go yang kini diterapkan dalam pembayaran pensiun. Sistem ini membuat pemberi kerja dalam hal ini pemerintah akan menghadapi beban biaya yang lebih besar jika jumlah pensiun semakin bertambah.