Tips Agar LCD Laptop Bisa Awet dan Tahan Lama


Tips Agar LCD Laptop Bisa Awet dan TahanLama – LCD merupakan bagian dari laptop yang cukup mahal. Jika terjadi kerusakan pada LCD laptop, maka anda perlu siapkan uang yang cukup besar untuk menggantinya. Rusaknya LCD laptop memang disebabkan oleh banyak faktor, baik itu dari pabrik pembuatnya maupun dari cara menggunakannya.

Biasanya LCD yang mengalami kerusakan tampilannya akan berubah menjadi bergaris, bergetar , warna kurang tajam atau missing color. Jika sudah begitu, tidak ada jalan lain selain penggantian.

Berikut Tips Agar LCD Laptop Bisa Awet dan Tahan Lama

- Bersihkan LCD laptop secara berkala dengan menggunakan cairan khusus pembersih LCD laptop dan kais yang halus.

- Gunakan LCD protector agar tidak murah tergores dan mudah dibersihkan

- Jangan menggunakan laptop lebih dari 3 jam berturut-turut, matikan sekitar 10 menit, kemudian anda bisa menghidupkan kembali laptop anda.

- Hindari paparan langsung dari sinar matahari.

- Untuk penggunaan dalam waktu lama gunakan coolingpad yang berkualitas yaitu coolingpad yang menggunakan adaptor sendiri, bukan yang mengambil dari USB laptop.

- Gunakan contras dan brightness sedang pada pengaturan LCD laptop.

- Atur LCD time off ketika laptop tidak digunakan di menu power option windows.

- Membuka dan menutup LCD laptop dengan benar yaitu  dengan memegangnya dari kedua sisi kanan kirinya, bukan dari atasnya, karena di bagian atas ada blok yg rentan rusak.

- Jika laptop anda fix di suatu tempat (tidak dibawa kemana mana) dan sering digunakan, sebaiknya tidak perlu ditutup jika sudah selesai digunakan. Cukup tutup laptop anda dengan sebuah kain.

- Ketika dibawa, sebaiknya hindari beban beban berat di atas laptop.

- Selalu bersihkan kipas dan ventilasi udara di laptop anda. Sehingga panas yang ada di laptop bisa keluar secara optimal.

- Perhatikan cara membawa notebook bila menggunakan tas. Antara lain:

a. Jika Anda memutuskan untuk membawa notebook dengan tas, pastikan bagian bawah notebook menempel dengan punggung atau anggota badan lainnya. pasalnya, bagian bawah notebook lebih kuat menahan tekanan dibandingkan bagian LCD-nya.
b. Upayakan untuk jangan terlalu banyak membawa barang terlalu banyak bersamaan dengan notebook. Beban yang terlalu berat akan menekan layar dan bisa mengakibatkan kerusakan.
c. Upayakan untuk memilih tas yang cukup besar untuk menampung notebook.
d. Jika memungkinkan, upayakan untuk menemukan tas notebook dengan bantalan yang mampu melindungi notebook Anda saat dibawa beraktivitas.
e. Simpan notebook ke dalam tas yang memiliki kompartemen khusus untuk menyimpan notebook. Jangan lupa untuk mengencangkan kompartemen tersebut rapat-rapat untuk mencegah notebook jatuh dari tas.
f. Simpan charger, mouse, mouse pad, atau aksesoris notebook lainnya terpisah dari kompartemen notebook. Jangan disatukan dengan notebook untuk mencegah terjadinya goresan pada permukaan notebook, atau bahkan bisa menyebabkan kerusakan LCD.



Anda baru saja membaca postingan yang berkategori Teknologi / Tips
Judul : Tips Agar LCD Laptop Bisa Awet dan Tahan Lama
Bookmark : http://www.berita-ane.com/2012/12/tips-agar-lcd-laptop-bisa-awet-dan.html.