17 Tips Agar Tablet PC Awet dan Tahan Lama

17 Tips Agar Tablet PC Awet dan Tahan Lama – Saat ini tablet PC sudah mewabah di semua kalangan, dari anak sekolahan sampai pegawai kantoran. Banyaknya vendor yang menawarkan tablet murah, membuat penjualan tablet PC di Indonesia terus meningkat setiap tahun.

Buat anda yang sudah memiliki tablet, berikut ini akan diberikan tips bagaimana merawat tablet agar awet serta bisa dipergunakan dalam jangka waktu yang lama.

Berikut Tips Agar Tablet PC Awet dan Tahan Lama

1.      Gunakan alat pembersih khusus
Jangan membersihkan layar tablet anda dengan kain biasa atau bahkan anda sering membersihkannya dengan menggunakan kaos baju Anda, hilangkan kebiasaan buruk tersebut.

Cara membersihkan tablet yang benar adalah menggunakan alat penghembus udara khusus untuk menghilangkan kotoran seperti debu-debu, lakukan hal tersebut dengan hati–hati, Andapun bisa mengusapnya dengan tisu khusus untuk lensa atau LCD.

2.      Gunakan lapisan pelindung
Berikan lapisan pelindung khusus pada LCD tablet Anda untuk menghindari goresan pada layar LCD Anda. Berikan juga sarung pelindung (cover body) pada tablet dari bahan jenis karet ataupun kulit, agar ketika jatuh tidak mengalami kerusakan yang serius dan menghindari dari benturan keras lainnya.

3.      Hidari kelembapan dan suhu tinggi
Jauhkan dari kelembaban dan panas yang tinggi serta sinar matahari langsung, hal tersebut dapat merusak kualitas komponen LCD .

4.      Jangan lakukan pengisian baterai secara berlebihan
Jangan melakukan pengisian baterai sampai terlalu lama, Hindari proses pengisisan jika Baterai sudah penuh (full). Jangan juga Anda melakukan pengisian sampai menunggu baterai mati total. Jika dibiarkan dalam kondisi full saat mengisi baterai, baterai tablet anda akan cepat bocor dan tidak awet.

Hindari juga penggunaan tablet saat di charge. Sebaiknya hentikan dulu aktifitas di tablet anda sampai proses charge selesai.

5.      Unduh aplikasi di tempat terpercaya
Pastikan anda hanya mengunduh berbagai macam aplikasi di situs resminya. Untuk iPad anda bisa mengunjungi Apple Store dan untuk tablet Android dapat mengunjungi Google Play Store.

6.      Perhatikan koneksi saat proses download
Perhatikan koneksi internet anda saat melakukan proses pengunduhan, Jika koneksi kurang bagus, lebih baik dihentikan. Aplikasi program yang didownload saat koneksi labil kemungkinan akan membuat proses download tadi tidak sempurna atau ukuran file-nya tidak sesuai dengan ukuran file aslinya.

Jika hal tersebut terjadi dan saat proses instal aplikasi pada di tabletablet akan mengakibatkan program menjadi crash atau tidak dapat merespon perintah. Hal seperti ini bisa mengakibatkan kerusakan pada ruang penyimpanan pada tablet serta sistem operasi yang ada pada gadget Anda tersebut.

7.      Matikan aplikasi yang tidak digunakan
Pemakaian aplikasi yang berlebihan membuat umur baterai tablet anda semakin pendek. Jika tidak digunakan anda bisa kill bukan diclose saja. Sebab kadang kadang app masih jalan walaupun sudah di close. Anda bisa memilih task killer yang bagus di market.

Atau anda bisa uninstall sekalian apikasi di tablet anda yang benar benarjarang dipakai.

8.      Gunakan wallpaper biasa
Menggunakan wallpaper biasa akan lebih menghemat baterai daripada live wallpaper.

9.      Perhatikan posisi tablet saat ditaruh di tas
Dimensi tablet yang relative ringkas, seringkali membuat kita tidak memperhatikan posisi tablet saat dibawa menggunakan tas. Hindari tablet anda, terutama layarnya dari beban yang terlalu berat. Hindari juga benda-benda bermagnet.

10.  Kurangi penggunaan tablet di luar ruangan
Tablet adalah komputer yang sangat tipis. Ruangan di dalamnya sangat sempit. Oleh karena itu hindari penggunaan tablet diluar ruangan sehingga debu tidak masuk ke tablet anda.

11.  Pastikan suhu panas di dalam tablet bisa keluar optimal
Agar hawa panas keluar dengan lancar, lubang angin jangan sampai tertutup atau kemasukan debu. Ketika menyala, jangan letakkan tablet di atas alas yang terlalu lembut, seperti selimut, bantal, atau karpet. Itu juga dapat menghambat lalu lintas udara panas.

12.  Simpan tablet PC di suhu normal
Simpan tabelt di tempat yang suhunya normal. Jangan simpan di tempat yang terlalu dingin, misalnya 0 derajat celcius. Jangan juga simpan di tempat yang suhunya lebih dari 50 derajat celcius.

13.  Atur display tablet PC
Ini adalah salah satu langkah yang paling ampuh untuk menjaga keawetan baterai kita. Caranya cukup atur tingkat pencahayaan, sebisa mungkin atur di level yang rendah agar baterai lebih hemat.

14.  Matikan Update lokasi
Settings > General > Location services | anda bisa matikan fitur ini di sana bila ingin menghemat baterai.

15.  Matikan fungsi update otomatis
Setiap ada update dan anda terhubung dengan jaringan internet, maka jangan heran bila tiba-tiba baterai anda menjadi boros.

16.  Atur refresh otomatis
Atur refresh otomatis dari aplikasi jejaring social jangan terlalu cepat (antara 15 – 30 menit) atau pilih manual refresh.

17.  Matikan fungsi getar dan suara saat sentuh tombol atau layar