14 Jenis Makanan Untuk Menurunkan Kadar Gula Darah

14 Jenis Makanan Untuk Menurunkan Kadar Gula Darah – Buat para penderita diabetes, tidak hanya harus extra hati hati dalam mengkonsumsi makanan tapi juga harus menyiapkan obat obatan yang memang khusus untuk menurunkan kadar gula darah. Namun, ada beberapa jenis makanan yang bisa menurunkan kadar gula darah secara alami.

Berikut 14 Jenis Makanan Untuk Menurunkan Kadar Gula Darah

Havermut/oatmeal
Oatmeal memberikan semua nutrisi yang Anda butuhkan tanpa meningkatkan kadar gula darah Anda karena tinggi serat larut. Oatmeal juga bagus untuk membantu menurunkan berat badan.

Tomat
Penting untuk memasukkan tomat ke dalam daftar menu Anda karena mereka memberikan vitamin dan mineral penting, serta membantu untuk mempertahankan tingkat gula darah rendah dalam tubuh.

Bayam
Bayam adalah bahan makanan sehat dalam puncak daftar makanan. Ini adalah sumber yang kaya akan vitamin dan mineral seperti asam zat besi, magnesium, folat, dan askorbat. Selain itu, bayam juga mengandung serat dalam jumlah tinggi tetapi karbohidrat sangat rendah sehingga membantu Anda mencapai kadar gula darah yang rendah.

Bawang
Rempah ini baik dikonsumsi mentah atau dimasak. Bawang sangat membantu dalam menurunkan kadar gula darah karena mengandung senyawa yang membantu mengatur kadar gula darah dalam tubuh.

Brokoli
Penderita diabetes memang dikenal rentan terhadap penyakit lain, terutama penyakit jantung. Oleh karena itu, penting untuk menjaga jantung Anda tetap sehat. Brokoli dapat membantu Anda untuk menurunkan tekanan darah dalam tubuh.

Alpukat
Alpukat kaya akan serat yang memperlambat sistem pencernaan dan mencegah kadar gula dalam darah meningkat terlalu cepat. Buah ini juga mengandung lemak baik. Meski begitu, sebaiknya jangan terlalu sering mengonsumsinya karena alpukat juga mengandung kalori tinggi.

Buncis
Buncis dan kacang-kacangan mengandung sedikit lemak, kaya protein, dan dikemas dengan serat. Anda bisa memasak menggunakan variasi kacang-kacangan seperti buncis, lentil, kacang merah, dan lainnya.

Kayu manis
Kayu manis diketahui mampu meningkatkan kemampuan insulin untuk merespon glukosa. Ini akan membantu menurunkan tingkat gula darah dan menurunkan kolesterol jahat.

Ikan
Ikan yang kaya omega-3 seperti salmon, sarden, herring, makarel, dan lainnya sangat baik untuk kesehatan jantung dan seluruh tubuh. Semua jenis ikan rendah lemak dan rendah kolesterol.

Kacang
Kacang seperti almond, pecan, walnut, dan peanut kaya akan serat dan mengandung lemak sehat. PIlih kacang yang tidak mengandung banyak garam dan jangan konsumsi terlalu banyak karena kacang mengandung tinggi kalori. Mengonsumsi kacang tak hanya membuat Anda cepat kenyang tetapi juga mengontrol tingkat gula darah Anda.

Ubi jalar
Ubi jalar mengandung serat lebih banyak dibandingkan kentang. Karena itu ubi jalar mampu menurunkan lebih banyak kadar gula dalam darah.

Sayuran
Sayuran segar rendah lemak dan kalori, serta kaya akan serat dan cairan. Sayuran juga membantu Anda lebih mudah kenyang dan tidak menyebabkan tingkat gula dalam darah melonjak.

Pare
Dosis umum: 50 – 100 mililiter (3-6 sdm) jus per hari. Pare yang pahit ini dianggap mampu membantu sel menggunakan glukosa secara lebih efektif dan meredam penyerapan gula di dalam usus. Para peneliti di Filipina yang meneliti konsumsi pare kepada pria dan wanita dalam bentuk kapsul selama 3 bulan menemukan adanya penurunan gula darah, walaupun sedikit, tetapi konstan. Permasalahan yang muncul adalah masalah pencernaan, tapi tidak jelas apa.

Ginseng
Dosis umum: 1-3 gram per hari dalam bentuk kapsul atau tablet, 3-5 mililiter dalam bentuk tincture 3kali sehari. Dikenal karena kemampuannya yang mendorong sistem kekebalan tubuh, ginseng ini memiliki beberapa hasil positif mengenai diabetes. Para peneliti menemukan bahwa ginseng memperlambat penyerapan karbohidrat, meningkatkan kemampuan sel dalam menyerap glukosa, dan meningkatkan pelepasan insulin dari pankreas. Ditemukan juga di Toronto dalam suatu penelitian, bahwa ginseng mampu menurunkan kadar gula sampai 15-20 persen.